Prancis Terbuka 2017

Absen Prancis Terbuka, Federer Dikritik Legenda Tenis

Senin, 29 Mei 2017 05:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Roger Federer memutuskan untuk absen di ajang Prancis Terbuka 2017. Copyright: © Getty Images
Roger Federer memutuskan untuk absen di ajang Prancis Terbuka 2017.

Mulai Minggu (28/05/17) kemarin tengah berlangsung turnamen Grand Slam kedua di musim 2017, yakni Prancis Terbuka 2017. Para petenis terbaik dunia pun sudah bersaing untuk dapat memenangkan salah satu turnemen tenis tertua tersebut.

Sayangnya, dalam ajang Prancis Terbuka 2017 kali ini, kita tidak akan bisa melihat aksi petenis terbaik dunia asal Swiss, Roger Federer.

Ya, mantan petenis nomor satu dunia tersebut memutuskan untuk absen dari ajang Prancis Terbuka 2017, lantaran merasa dirinya perlu mengatur jadwal dengan baik bila ingin bisa terus menunjukkan permainan terbaiknya.

Siapa sangka, keputusan ayah empat anak tersebut ternyata mendapat komentar pedas dari seorang legenda tenis dunia asal Rumania, Ion Tiriac. Menurut pria yang kini berusia 78 tahun itu, ia sangat kecewa dengan keputusan Federer yang sudah lama absen dari turnamen tenis.

© Julian Finney/Getty Images
Ekspresi kekecewaan Juan Martin Del Potro. Copyright: Julian Finney/Getty ImagesKeputusan Federer untuk absen di Prancis Terbuka mendapat tentangan dari Ion Tiriac.

"Saya sebenarnya sangat mengharapkan keikutsertaan Federer di Monte Carlo, Madrid, dan Roma Terbuka. Selama karier profesionalnya, dia selalu melakukan pekerjaannya dengan baik, namun dia sudah berubah," ujar Tiriac seperti dikutip dari Tennis World USA.

"Saat ini dia sudah jarang bermain dan kita tidak bisa lagi mengharapkannya. Dia memang seorang berjiwa pemenang dan sangat bagus untuk dunia tenis. Hanya saja keputusannya untuk terus absen seperti itu, sangat buruk untuk keberlangsungan turnamen," tambah Tiriac menjelaskan.

Sedikit informasi, terlepas dari keputusannya yang sudah melewatkan sejumlah turnamen, performa Federer di musim 2017 ini cukup membanggakan. Tercatat dua turnamen telah berhasil ia menangkan, yakni Australia Terbuka 2017 dan Indian Wells 2017.