Selesai Rehat, Federer Ungkap Kapan Kembali Bertanding

Minggu, 4 Juni 2017 09:13 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Roger Federer. Copyright: © Sky Sports
Roger Federer.

Roger Federer mengonfirmasi akan kembali bertanding di ajang Stuttgart Terbuka pada Rabu (14/06/17) mendatang. Sang peraih 18 gelar Grand Slam ini mengambil rehat selama delapan minggu untuk memulihkan kondisinya sebelum mulai berlaga lagi.

Ia menyadari dengan usianya yang menginjak 35 tahun, Federer harus membuat jadwal yang konservatif demi memperpanjang tahun-tahun aktifnya di dunia tenis.

© Rob Foldy /Getty Images
Roger Federer mengangkat trofi juara Miami Terbuka 2017. Copyright: Rob Foldy /Getty ImagesRoger Federer mengangkat trofi juara Miami Terbuka 2017.

"Awal tahun ini sangat ajaib untuk saya, tetapi saya harus menyadari bahwa penjadwalan menjadi kunci usia panjang saya untuk terus maju," tutur Federer dalam wawancara menjelang turnamen Stuttgart.

Baca Juga

"Saya sudah bekerja sangat keras, baik di dalam maupun di luar lapangan selama bulan lalu. Namun untuk bermain di ATP World Tour dalam beberapa tahun ke depan, rasanya lebih baik melewatkan turnamen lapangan tanah liat musim ini dan bersiap untuk turnamen rumput dan hard musim ini," tambahnya.

© Rob Foldy/Getty Images
Roger Federer dan Rafael Nadal usai pertandingan final Miami Terbuka 2017. Copyright: Rob Foldy/Getty ImagesRoger Federer dan Rafael Nadal usai pertandingan final Miami Terbuka 2017.

Petenis asal Swiss ini mengambil jeda selama delapan minggu, terhitung setelah ia menjuarai Miami Terbuka tahun ini. Federer lantas sepenuhnya absen dari turnamen tanah liat, termasuk turnamen Grand Slam kedua musim ini, Prancis Terbuka yang tengah berlangsung.

Gara-gara hal ini, Federer dituding sengaja menghindari seteru abadinya, Rafael Nadal, yang juga comeback dengan luar biasa. Nadal meraih La Decima di Monte Carlo, Barcelona, dan kini mengejar gelar kesepuluhnya di Prancis Terbuka, memantapkan diri sebagai The King of Clay.

© Internet
Roger Federer mengangkat trofi juara Australia Terbuka setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final. Copyright: InternetRoger Federer mengangkat trofi juara Australia Terbuka setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final.

Federer absen setelah meraih tiga gelar di awal tahun ini, yakni Australia Terbuka, Indian Wells, dan Miami Terbuka. Ia akan kembali bertarung di turnamen lapangan rumput sebagai persiapan laga incaran utamanya tahun ini, yakni Wimbledon.

© USA Today
Roger Federer dan Dominic Thiem di semifinal Stuttgart Terbuka 2016. Copyright: USA TodayRoger Federer dan Dominic Thiem di semifinal Stuttgart Terbuka 2016.

Federer akan mencoba peruntungannya di Stuttgart dengan meraih gelar pertamanya di turnamen ini. Musim lalu, langkahnya dihentikan Dominic Thiem di babak semifinal. Federer takluk dalam tiga set di semifinal dan Thiem akhirnya keluar sebagai juara.