Tim Junior Bulutangkis Belanda Diperkuat Pemain Keturunan Indonesia

  • Belanda dan Indonesia memang mempunyai ikatan sejarah yang cukup panjang dan kuat.
  • Tidak sedikit pula atlet Belanda diketahui berdarah Indonesia.
  • Salah satu pebulutangkis muda Belanda, Alyssa Tirtosentono merupakan atlet keturunan Belanda-Indonesia, tepatnya berdarah Jawa.
Kamis, 12 Oktober 2017 12:34 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Djarumbadminton.com
Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia. Copyright: © Djarumbadminton.com
Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia.

Banyak atlet-atlet keturunan Indonesia yang diketahui memperkuat negara lain. Seperti halnya Stefano Lilipaly, pesepakbola yang diketahui berdarah Indonesia-Belanda.

Kini, salah satu pebulutangkis muda yang memperkuat Belanda juga dikatakan mempunyai darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya.

Adalah Alyssa Tirtosentono, perempuan berusia 17 tahun yang saat ini tengah membela skuat Belanda kala berlaga di BWF World Junior Championship 2017. Menurut pemberitaan dari Djarum Badminton (10/10/17), nama belakang Alyssa, yaitu Tirtosentono berasal dari kakek buyutnya, yang merupakan orang Indonesia.

"Ayah kakek saya berasal dari Indonesia, tetapi ayah saya merupakan orang Suriname (salah satu negara di Amerika Latin yang merupakan jajahan Belanda)," ungkap Alyssa.

Alyssa Tirtosentono berpasangan dengan Debora Jille. Copyright: Djarumbadminton.comAlyssa Tirtosentono berpasangan dengan Debora Jille.

Lebih lanjut lagi, Alyssa mengaku memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang merupakan orang Jawa. Sehingga, ia pun merupakan pemain Belanda keturunan Jawa.

"Kakek dan nenek saya orang Jawa, tetapi saya tidak bisa berbahasa Indonesia," jelasnya, dikutip dari Tempo (11/10/17).

Alyssa sendiri sebenarnya sudah sering berkunjung ke Indonesia untuk liburan, seperti melancong ke Jakarta dan juga Bali. Namun, ini menjadi kunjungan perdana bagi Alyssa untuk tampil dalam sebuah kejuaraan bulutangkis.

Atlet kelahiran 29 Mei 2000 itu juga mengaku sangat menyukai makanan khas Indonesia, seperti nasi goreng, sate, dan pisang goreng. Menurutnya, Indonesia mempunyai jenis makanan dengan rasa yang sesuai dan enak.

Alyssa Tirtosentono, pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia. Copyright: Djarumbadminton.comAlyssa Tirtosentono, pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia.

Sementara itu, Alyssa juga mengumbar bahwa dirinya sudah akrab dengan dunia olahraga bulutangkis sejak masih kecil, meskipun ia sempat menekuni renang.

"Saya mulai bermain bulutangkis sejak umur enam tahun. Kakek saya, ayah saya, saudari saya semua bermain bulutangkis," jelas perempuan yang mengidolakan Greysia Polii, sebagaimana diberitakan Detik Sport (10/10/17).

Alyssa Tirtosentono berpasangan dengan Debora Jille. Copyright: Djarumbadminton.comAlyssa Tirtosentono berpasangan dengan Debora Jille.

Di turnamen junior ini, Alyssa dipasangkan dengan Debora Jille pada nomor ganda putri. Pada laga perdana melawan Filipina, Belanda harus kandas 1-4, dan Alyssa/Debora menjadi satu-satunya pasangan yang mampu memberikan angka bagi Belanda.

Di laga kedua melawan Thailand, Alyssa berpasangan dengan Wessel van de Aar di nomor ganda campuran. Selain itu, Alyssa juga turun di nomor ganda putri bersama Debora. Sayangnya, Belanda kembali kalah dengan skor telak 1-4.

Sementara di laga ketiga, perempuan kelahiran Den Haag itu kembali mengisi nomor ganda putri, tetapi tidak turun ke lapangan karena tim Belanda sudah unggul 3-0 atas Ceko.

Selanjutnya, pada hari ini, tim junior Belanda akan melawan Ghana. Alyssa pun akan diduetkan dengan Madouc Linders di nomor ganda putri melawan pasangan Grace Atipaka/Eyram Migbodzi.