Menang Dramatis Atas Korea Selatan, Tim Putra Indonesia ke Final Badminton Asia Championship 2018

  • Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan secara dramatis dengan sko 3-2 di babak Badminton Asia Championship 2018.
  • Dengan hasil ini, Indonesia berhasil menembus partai final dan akan bertemu China
Minggu, 11 Februari 2018 00:00 WIB
Penulis: Arif Yahya | Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: © Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

Babak semifinal Badminton Asia Team Championship 2018 (BATC 2018) antara Indonesia melawan Korea Selatan berakhir secara dramatis, Tim Bulutangkis Putra Indonesia berhasil mengalahkan Negeri Gingseng dengan skor 3-2.

Di pertandingan kali ini Indonesia berhasil unggul lebih dulu 2-0 lewat tunggal putra Jonatan Christie yang berhasil mengalahkan tunggal putra terbaik Korea Selatan, Son Wan Ho, dalam dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-14 Lalu melalui ganda putra lewat pasangan Mohammad Ahsan/Angga Pratama juga berhasil menang dengan skor 21-8, 21-10 atas Chung Eui Seok/Seo Seung Jae.

Indonesia sebenarnya bisa saja mengakhiri pertandingan lebih cepat  namun di partai ketiga, Ihsan Maulana Mustofa harus mengakui keunggulan Jeon Hyeok-jin dengan skor 17-21 16-21.

© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: Humas PBSIFirman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

Di partai ke-4 Indonesia kembali memiliki asa untuk mengunci kemanangan 3-1, lewat ganda putra Rian Agung/Hendra Setiawan. Namun lagi-lagi keduanya harus menelan kekalahan atas pasangan muda Korea Selatan Choi Sol Gyu/Kim Duk Young dengan pertandingan tiga game 21-11 18-21 19-21. Dengan hasil tersebut kedua negara harus memainkan partai kelima untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke final.

Di partai pamungkas Indonesia menurunkan Firman Abdul Kholik sementara Korea Selatan diwakili oleh Lee Dong Keun. Di set pertama Firman berhasil unggul 22-20 namun sayang di set kedua firman harus kalah 11-21 yang membuatnya harus memainkan set ketiga.

© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: Humas PBSIFirman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

Di set penentuan ini pebulutangkis bertangan kidal itu berhasil menang secara dramatis 22-20 setelah sebelumnya tertinggal 14-20.

Dengan hasil ini Indonesia berhak lolos ke final BATC 2018, Di partai final Indonesia sudah ditunggu China yang juga sebelumnya berhasil mengalahkan tim tuan rumah Malaysia dengan skor 3-1.