x

Hasil Badminton Paralimpiade Tokyo: Leani/Khalimatus Sabet Medali Emas!

Sabtu, 4 September 2021 18:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko raih medali emas

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil pertandingan final badminton Paralimpiade Tokyo 2020 di nomor ganda putri SL3-SU5 antara Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah vs Cheng He Fang/Ma Hui Hui, Sabtu (04/09/21).

Bertanding di Yoyogi National Stadium, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah berhasil mempersembahkan medali emas Paralimpiade Tokyo untuk Indonesia usai menghadapi pasangan China, Cheng He Fang/Ma Hui Hui.

Baca Juga
Baca Juga

Leani/Khalimatus mengawali set pertama dengan ketat melawan pasangan China. Setelah tertinggal di poin pertama, mereka mencoba mengejar untuk membalik keadaan.

Kedudukan Leani/Khalimatus saat ini unggul 7-4. Namun China kembali mengejar untuk menyamakan kedudukan. Meski begitu, Leani/Khalimatus berhasil merebut interval pertama dengan kemenangan 11-9.

Leani/Khalimatus masih mampu menjaga jarak poin. Sempat nyaris menyalip Leani/Khalimatus, namun pasangan China mulai kehilangan konsentrasi yang memberi keuntungan bagi pasangan Indonesia.

Kedudukan saat ini 19-15, dengan pukulan Khalimatus menyangkut di net dan pukulan melebar Leani memberi keuntungan dua poin buat China.

Tiba pada matchpoint, Leani/Khalimatus menyudahi permainan lewat pukulan smash keras dari Leani yang tak mampu dikembalikan Cheng/Ma. Set pertama dimenangkan Leani/Khalimatus dengan 21-18.

Berlanjut di set kedua, Leani gagal mengembalikan kok karena menyangkut di net yang memberikan poin pertama untuk China. Leani/Khalimatus mengejar meski masih dalam posisi tertinggal 2-4.

Baca Juga
Baca Juga

Situasi tak berubah dengan pasangan China berhasil memperlebar jarak 4-7. Meski begitu Leani/Khalimatus akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 8-8 dengan singkat.

Sempat tertinggal lagi satu poin, Leani/Khalimatus kembali menyamakan skor sebelumnya akhirnya membalikkan keadaan. Internal kedua pun mereka capai dengan skor 11-9.


1. Medali Emas Bersejarah Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Pebulu tangkis putri Indonesia Leani Ratri Oktila (kiri) dan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko (kanan).

Smash keras Leani menuju jantung pertahanan China mempertegas keunggulan Indonesia atas China. Kedudukan kini 16-12, dengan China masih berusaha mengejarnya.

Leani/Khalimatus semakin tampil beringas. Sebuah pukulan dropshot melambung dari Khalimatus membuat mereka mencapai match point.

Di poin penentuan, pukulan pemain China melebar ke luar lapangan dan membuat Leani/Khalimatus akhirnya memenangkan set kedua dengan 21-12.

Dengan begitu, Leani/Khalimatus dipastikan memenangkan final ganda putri SL3-SU5 atas pasangan China, Cheng He Fang/Ma Hui Hui, lewat permainan straight langsung 21-18 dan 21-12.

Ini menjadi medali emas pertama yang dihasilkan tim para badminton Indonesia sekaligus yang pertama diraih Indonesia setelah 41 tahun berpartisipasi di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

BulutangkisParalimpiade Tokyo 2020Berita BulutangkisPara BadmintonLeani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah

Berita Terkini