x

Juara Swiss Open, Defence Berkelas Jonatan Christie Lawan Wakil India Bikin BWF Melongo

Senin, 28 Maret 2022 10:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, memiliki defence berkelas yang membuat BWF terkesan saat melawan pemain India, HS Prannoy, sebelum juara Swiss Open. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, memiliki defence berkelas yang membuat BWF terkesan saat melawan pemain India, HS Prannoy, sebelum memastikan juara Swiss Open 2022.

Jonatan Christie berhasil menjadi juara Swiss Open 2022 usai mengalahkan Pannoy HS di partai puncak yang berlagsung di St. Jabobshalle, Base, Minggu (27/03/22) sore WIB.

Baca Juga

Jonatan memastikan gelar juara usai memenangkan pertandingan straight game alias dua gim langsng dengan skor 21-12 dan 21-18 dalam tempo permainan 47 menit.

Ini merupakan gelar perdana Jonatan Christie setelah terakhir kali menjadi kampiun pada Australian Open 2019.

Pada laga final tersebut, pemain yang akrab disapa Jojo itu memperlihatkan kemampuan serangan dan dan bertahan yang sangat baik melawan Prannoy.

Baca Juga

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara khusus mengunggah cuplikan salah satu penampilan berkelas Jonatan di final Swiss Open. BWF menyoroti aksi penyelamatan Jojo yang berbuah poin.

Video ini memperlihatkan ketika Jojo melakukan servis pada set pertama dengan kedudukan imbang 7-7. Prannoy menyambar servis tersebut dengan serangan beruntun.

Jojo pun tak kalah cepat menyambut serangan demi serangan Prannoy. Dia meng-cover lapangan dengan baik ketika mengembalikan shuttlecock ke bidang lapangan Prannoy.

Baca Juga

Hingga kemudian, Prannoy melakukan smash keras pertama yang dikembalikan Jojo dengan cepat dari depan net. Prannoy kembali melakukan smash keras ketika Jojo masih mengambil posisi siap.

Entah karena faktor keberuntungan ayau refleks Jojo yang sangat baik, tanpa sadar raketnya sudah menyambar shuttlecock tersebut dengan pukulan menyamping.


1. Aksi Defence Jonatan Christie Bikin BWF Melongo

Jonatan Christie melaju mulus ke babak 16 besar Indonesia Open 2021

Shuttlecock kemudian mendarat begitu saja di samping Prannoy. Pemain India pun sempat terkesiap saking kagetnya dengan penyelamatan berkelas Jojo.

Jojo sendiri juga heran dirinya bisa melakukan penyelamatan cepat yang berujung poin untuk memastikan keunggulan 7-8 melawan Pranniy di laga tersebut.

Baca Juga

BWF menandai aksi Jonatan di pertandingan tersebut dengan kalimat, “Sebuah penyelamatan yang keren.”

Tak hanya BWF, aksi Jonatan ini juga menyihir para pecinta bulutangkis yang menyaksikan pertandingan tersebut. Mereka mengomentari unggahan BWF.

@maulidyaema95: “Jojo aja kaget apalagi yang nonton, congrats Jojo.”

@azzahrakn_09: “Jojo sendiri kayanya kaget juga.”

Baca Juga

@frengkis_: “kuncinya hari ini jojo bermain sangat sabar dalam melayani permainan pemain india ini. net, placing, serta smeshnya baik banget hari ini. goodjob jo, semoga semakin baik lagi.”

@rahmadini1707: “Jojo mainnya tenang, tetap semangat Jojo, selamat.”

@mariaawwkarin: “Defenisi tenang-tenang menghanyutkan belongs to Jojo.”

@loveplaylife: “Refleknya keren banget, Jojo sendiri aja sampe ga nyangka.”

Baca Juga

@risabdjinu: “Jojo aja ampe bingung kaget gitu.. ah kita yg nonton lebih kaget...”

Gelar juara di Swiss Open 2022 tersebut terasa begitu istimewa bagi Jonatan Christie jika mengingat perjuangannya yang tidak mudah. 


2. Jonatan Bersyukur Juara Swiss Open 2022

Jonatan Christie melaju mulus ke babak 16 besar Indonesia Open 2021

Jonatan Christie juga berharap gelar ini menjadi motivasi untuk meraih gelar-gelar berikutnya tahun ini.

“Hasil ini sangat berarti buat saya, bukan hanya gelar juaranya tapi juga ke prosesnya. Saya bisa main di sini dan All England kemarin saja sudah sebuah anugerah luar biasa setelah saya positif Covid-19 di Jerman," ujar Jojo dilansir dari PB Djarum. 

"Ini pasti campur tangan Tuhan. Apalagi saya sudah tidak juara, dua setengah tahun," sambungnya lagi. Jonatan Christie tidak mau jemawa dan berpuas diri dengan gelar juara yang diraihnya di Swiss Open 2022.


Baca selengkapnya: Sudahi Puasa Gelar Usai Juara Swiss Open 2022, Jonatan Christie: Ini Sangat Berarti

BWFJonatan ChristieBulutangkisBerita BulutangkisPrannoy Haseena Sunil KumarSwiss Open

Berita Terkini