x

Kian Menyusut, Indonesia Hanya Kirim Skuat Mini di Korea Masters 2022

Senin, 11 April 2022 04:13 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengirimkan skuat mini di ajang Korea Open 2022, termasuk ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

INDOSPORT.COM - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengirimkan skuat mini di ajang Korea Masters 2022, termasuk ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Bertajuk Korea Masters Badminton Championship 2022, ajang ini menjadi rangkaian BWF World Tour Super 300 yang akan berlangsung di Gwangju, Korea, pada 12-17 April 2022.

Baca Juga

Pertandingan seluruhnya akan digelar di Gwangju Yeonju Stadium dan menyediakan hadiah 180 ribu dolar AS atau sekitar Rp2,5 miliar.

PBSI awalnya mengirimkan 8 pebulutangkis di Korea Masters 2022. Namun 3 pebulutangkis ganda putri memutuskan mundur karena alasan beragam.

Termasuk mundurnya pasangan baru Siti Fadia/Apriyani Rahayu. Hal itu lantaran Apriyani Rahayu menderita cedera betis sejak partisipasinya di All England 2022 (16-20 Maret) lalu,

Baca Juga

“Hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dr. Grace (Joselini Corlesa, dokter PBSI) cedera betis kanan Apri tidak terlalu parah tapi memang diperlukan waktu istirahat setidaknya satu hingga dua minggu sebelum bisa kembali ke lapangan," tutur Eng Hian melansir PBSI.

"Oleh karena itu saya menarik keikutsertaan dia (Apriyani Rahayu) di Swiss dan Korea Open mendatang (termasuk Korea Masters 2022), " sambung Eng Hian.

Dua ganda putri Indonesia yang turut mengundurkan diri dari Korea Masters 2022 adalah Nita Violina Marwah/Putri Syaikah dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Ghani.

Baca Juga

Kendati demikian, turnamen Korea Masters 2022 tak pelak membuat peluang Indonesia untuk juara menjadi tertutup. Skuat mini yang dikirimkan pun memiliki potensi besar menyabet medali.

Termasuk 3 ganda putra yang semuanya berstatus unggulan, yaitu Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.


1. Skuat Indonesia di Korea Masters 2022

Skuat Indonesia di ajang Korea Masters 2022, pada 12-17 April.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri tentu saja ingin menyabet gelar keduanya di tahun ini, terlebih setelah kesuksesannya menjuarai All England 2022.

Begitupun dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang pasti akan menebus kegagalannya menembus semifinal Korea Open 2022.

Baca Juga

Namun,tak hanya cukup dari sektor ganda putra saja, PBSI juga kirim wakilnya untuk sektor ganda campuran untuk ajang Korea Masters 2022.

Tak lain adalah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari serta Adnan Maualana/Mychelle Crhystine Bandaso. Kedua pebulutangkis Indonesia itu, menduduki unggulan kedelapan dan sembilan di Korea Masters 2022.

Meski  pebulutangkis elit dunia tampil di sana, namun ganda campuran Indonesia juga punya kans untuk menang. Terlebih, Rinov/Phita baru menembus semifinal Korea Open 2022.

Baca Juga

Berikut skuat lengkap Indonesia yang didaftarkan PBSI di ajang Korea Masters 2022:

Ganda Putra:

Baca Juga

Ganda Campuran:


2. Indonesia Nihil Gelar di Korea Open 2022

Indonesia raih 2 gelar runner up di ajang Korea Open 2022, pada 5-10 April.

Jelang Korea Masters 2022 yang diwakili oleh Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dkk, para pebulutangkis Indonesia juga berpartisipasi di Korea Open 2022.

Turnamen tersebut berlangsung pada 5-10 April 2022 di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Korea Selatan. Total hadiah yang disediakan adalah 360 ribu dolar AS (sekitar Rp 5,1 miliar).

Dari wakil yang didaftarkan PBSI, Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya untuk berebut gelar juara di partai final Korea Open 2022, Minggu (10/04/22). Sayangnya, Indonesia harus puas dengan raihan 2 gelar runner up.

Hasil itu terjadi setelah Jonatan Christie secara mengejutkan ditumbangkan oleh pebulutangkis ranking 156 dunia asal China, Weng Hong Yang, di final.

Begitupun dengan Fajar Alfian/Rian Ardianto yang juga kandas di tangan ganda racikan baru tuan rumah, Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk.

Baca selengkapnya: Hasil Korea Open 2022: Fajar/Rian Gagal, Indonesia Tanpa Gelar

PBSIKorea MastersBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini