x

Hasil Korea Open 2022: Fajar/Rian Gagal, Indonesia Tanpa Gelar

Minggu, 10 April 2022 15:27 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto runner-up Korea Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut merupakan hasil pertandingan final sektor ganda putra bulutangkis Korea Open 2022 antara pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus menghadapi pasangan baru racikan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di laga final Korea Open 2022.

Baca Juga

Turun di depan publik Korea Selatan, duet Fajar/Rian menghadapi perlawanan ketat dari duet Kang/Seo yang tampil dengan pertahanan yang rapat.

Beberapa kali smash dan drop shot yang dilakukan oleh Fajar/Rian gagal menembus pasangan Korea yang tampil cukup sigap.

Pada awal gim pertama, Fajar/Rian harus tertinggal dua angka dalam kedudukan 6-8 atas pasangan Kang/Seo.

Baca Juga

Pertandingan kemudian berjalan semakin menarik dengan adu kemampuan melepaskan pukulan antara pasangan Fajar/Rian dan Kang/Seo.

Namun demikian, pada interval pertama, pasangan Korea Selatan, Kang/Seo mampu unggul dengan kedudukan 11-8 atas pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pada interval kedua gim pertama, Fajar/Rian mencoba mengawali laga dengan baik dalam kedudukan 10-12.

Baca Juga

Kendati demikian, Fajar Alfian yang berada di posisi depan kemudian melakukan kesalahan dalam menempatkan bola dan berakhir dengan satu angka tambahan bagi pasangan Korea Selatan dalam kedudukan 10-13.

Pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae kemudian menjauh selepas satu pukulan lurus tak mampu ditahan Rian Ardianto dan membuat kedudukan menjadi 16-11 dalam ajang bulutangkis Korea Open 2022.


1. Babak kedua

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal juara Korea Open 2022.

Namun demikian, pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tak menyerah dan mampu menyamakan kedudukan 16-16 usai pukulan Fajar Alfian tak kuasa dihadang pasangan Korea Selatan.

Angin seolah beralih ke pasangan Fajar/Rian usai memastikan gim poin di kedudukan 20-18.

Baca Juga

Kemenangan di gim pertama kemudian didapatkan oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai smash Fajar Alfian tak mampu dibendung pasangan Korea Selatan dalam kedudukan 21-19.

Babak kedua

Gim kedua dimulai dengan keunggulan pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae atas Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 4-1.

Pasangan Indonesia, Fajar/Rian pun berusaha mengejar pada keunggulan 4-7 usai drop shot yang dilepas Fajar Alfian tak mampu dikembalikan oleh Kang Min-hyuk.

Baca Juga

Namun demikian, pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Sung-jae justru semakin menjauh dan mampu menutup interval pertama gim kedua dengan keunggulan 11-4 dari pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pada kedudukan 6-12, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mulai mencoba mengejar dan menyerang pasangan Korea Selatan.

Usaha ini membuahkan hasil dengan dua point beruntun yang salah satunya didapat dari pukulan Rian Ardianto yang tak mampu dikembalikan dengan baik oleh Seo Seung-jae pada kedudukan 8-12.

Baca Juga

Jarak poin semakin tipis usai Fajar Alfian mampu mengembalikan bola dengan baik dan mengubah skor menjadi 11-14 masih untuk keunggulan pasangan Korea Selatan.

Pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Sung-jae kemudian semakin menjauh usai unggul 19-12 atas Fajar/Rian di gim kedua.

Kang Min Hyuk/Seo Seung-jae akhirnya mampu menutup gim kedua dengan kemenangan 21-15 atas pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.


2. Rubber Game

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di Korea Open 2022. Foto: PBSI.

Gim ketiga kembali berjalan ketat dengan kedua pasangan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae bermain imbang 4-4.

Namun demikian, pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae mampu menjauh dari Fajar/Rian dalam kedudukan 8-6.

Baca Juga

Namun demikian, usaha dari Rian Ardianto mampu membuat pasangan Indonesia kembali menyamakan kedudukan 9-9 masih di interval pertama gim ketiga.

Pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae kemudian mampu menutup rubber game dengan kedudukan 11-9 atas Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto.

Pada interval kedua, Fajar/Rian kembali berusaha melancarkan serangan-serangan ke pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Baca Juga

Namun demikian, pasangan Korea Selatan mampu tampil lebih taktis dengan unggul 14-10 atas Fajar/Rian.

Selepas keunggulan pasangan Korea Selatan tersebut, angin agaknya mulai beralih ke pasangan Fajar/Rian yang meraih dua poin beruntun.

Akan tetapi, satu kesalahan dilakukan oleh Fajar Alfian yang gagal mengantisipasi bola pada kedudukan 14-16 untuk pasangan Korea Selatan.

Baca Juga

Jelang selesainya interval kedua gim ketiga, Fajar Alfian justru melakukan kesalahan dengan gagal mengantisipasi bola pasangan Korea Selatan yang menyebabkan kedudukan berubah 15-18.

Kesalahan dari pasangan Fajar/Rian agaknya berlanjut dan menyebabkan kedudukan berubah menjadi 16-20 untuk pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae akhirnya mampu menutup pertandingan dengan 18-21 atas ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dengan Hasil ini, Indonesia dipastikan tanpa gelar dari Korea Open 2022 selepas tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tak mampu mengatasi pemain China, Weng Hong Yang.

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoFajar AlfianBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoKorea Open 2022

Berita Terkini