x

Amerika Serikat Resmi Gantikan Selandia Baru di Grup D Piala Thomas dan Uber 2022

Kamis, 5 Mei 2022 03:29 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Thomas dan Uber Cup.

INDOSPORT.COM - Amerika Serikat resmi menggantikan Selandia Baru di Grup D Piala Thomas dan Uber 2022. Kabar tersebut diwartakan oleh BWF pada, Rabu (04/05/22).

Selandia Baru mundur dari Piala Thomas dan Uber 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei mendatang. Posisi mereka kemudian digantikan Amerika Serikat (AS). Keputusan mundur diumumkan Asosiasi Bulu Tangkis Selandia Baru (BNZ) melalui akun Facebook resminya. 

Baca Juga

Dalam postingan tersebut, BNZ menjelaskan bahwa banyak atlet bulutangkis mereka yang terpapar Covid-19. Kasus positif terus bertambah usai Kejuaraan Oseania 2022. Alhasil jumlah pemain di regu putra mereka berkurang.

"Selama event Oceania Championships, dan beberapa hari setelah event tersebut, beberapa pebulu tangkis Selandia Baru positif Covid-19. Hal ini membuat jumlah pemain yang tersedia semakin berkurang," demikian pernyataan dari Selandia Baru.

Baca Juga

"Kemungkinan juga akan ada penambahan kasus setelah kedatangan di Thailand. Keputusan untuk menarik tim (dari Thomas Cup) telah dibuat. Menimbang pula beberapa faktor dan menempatkan kepentingan pemain sebagai prioritas," sambungnya lagi.

Dengan mundurnya Selandia Baru, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pun mencari negara pengganti yang bisa tampil di Piala Thomas. Namun, tak ada satu pun negara lain di Oseania yang bersedia mengisi slot tersebut.

"Hong Kong, China, dan Spanyol, ada di urutan berikutnya (untuk menggantikan Selandia Baru) berdasarkan peringkat dunia, tetapi mereka juga menolak," tulis BWF melalui laman resminya.

Baca Juga

Akan tetapi, ternyata Amerika Serikat mengonfirmasi partisipasi mereka dalam Piala Thomas 2022 untuk menggantikan posisi Selandia Baru di Grup D.

Dengan demikian AS harus bersaing dengan tiga tim lainnya yang merupakan penghuni grup itu yakni Jepang, Malaysia, dan Inggris.


1. Peta Persaingan Grup D Berubah

Thomas dan Uber Cup.

Banyak warganet menyebut jika Malaysia diuntungkan setelah Selandia Baru mundur dari Piala Thomas 2022. Pasalnya peta persaingan Grup D langsung berubah total. Kini tinggal tiga negara saja yang jadi penghuninya yakni Jepang, Malaysia dan Inggris.

Baca Juga

Jepang dan Malaysia menjadi dua negara terkuat di sektor bulutangkis putra. Kemampuan para atletnya sudah terbukti tangguh dan bisa membuat para lawannya kocar-kacir.

Akan tetapi, momentum kini lebih banyak ada di pihak Malaysia. Terlebih setelah melihat performa mereka di ajang Badminton Asia Championship.

Baca Juga

Dalam ajang yang dilangsungkan di Filipina tersebut, Lee Zii Jia berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Jonatan Christie di babak final.

Sedangkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei menjadi runner-up dan semi finalis di ganda putra.


2. Jepang Melempem, Malaysia Semakin Tajam

Thomas dan Uber Cup.

Sementara itu Jepang masih perlu meningkatkan performa, terutama di sektor tunggal putra. Kento Momota yang sempat jadi tunggal putra nomor satu dunia, belakangan ini tengah melempem performanya.

Momota harus segera bangkut dan menajamkan tajinya di ajang Piala Thomas 2022. Sementara itu amunisi tunggal putra Jepang lainnya antara lain Kanta Tsuneyama, Kenta Nishimoto, dan Kodai Naraoka.

Melihat kondisi tersebut, Malaysia punya peluang yang besar untuk lolos dari fase penyisihan grup. Menariknya, tahun lalu Negeri Jiran juga mendapat momentum yang sama.

Setelah Inggris mundur, persaingan di Grup D Piala Thomas 2020 menjadi milik tiga tim saja, yakni Jepang, Malaysia, dan Kanada.

Baca Juga
Amerika SerikatPiala ThomasPiala UberSelandia BaruBulutangkis

Berita Terkini