x

Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Thailand, Siap Ganggu Dominasi Asia Timur

Rabu, 4 Mei 2022 17:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari tim tuan rumah,

INDOSPORT.COM - Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari tim tuan rumah, 

Baru tujuh bulan usai berakhirnya Piala Thomas dan Uber 2020, ajang bulutangkis beregu putra dan putri dunia itu sudah kembali bergulir pada Mei 2022 ini. 

Baca Juga

Seperti diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 memang akan digelar pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Piala Thomas dan Uber 2022 sendiri akan diikuti oleh 16 tim putra dan 16 tim putri. Beberapa negara dengan kekuatan bulutangkis kuat mengirimkan tim putra dan putri sekaligus, salah satunya Thailand. 

Di Piala Thomas, Thailand tergabung di Grup A bersama Indonesia, Korea Selatan, dan Singapura. Sementara itu di Piala Uber, Tim Gajah Putih tergabung di Grup C bersama Denmark, Malaysia, dan Mesir.  

Berikut profil tim Piala Thomas dan Uber 2022 dari tim Thailand selengkapnya.

Rekam Jejak

Meski bukan termasuk ke dalam The Big 4 kekuatan bulutangkis dunia, tetapi kualitas dari tim Thailand tak perlu diragukan lagi. Khususnya di sektor putri di mana mereka menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Tim Uber Thailand merupakan salah satu yang paling diperhitungkan di dunia. Mereka sudah melejit sejak tahun 2012 di mana sanggup menjadi semifinalis. 

Baca Juga

Setelah itu, Thailand hampir selalu menjadi unggulan meskipun belum ada satu gelar pun yang mampir. Prestasi terbaik tim Piala Uber Thailand adalah runner-up tahun 2018. Ketika itu, Ratchanok Intanon dkk dikandaskan Jepang 3-0. 

Dibanding Indonesia sekalipun, Thailand adalah yang terbaik di Asia Tenggara dan pengganggu dominasi kekuatan Asia Timur seperti china, Jepang, dan Korea Selatan. 

Pada gelaran Piala Uber 2021 lalu mereka juga tembus ke babak semifinal. Sementara itu, penampilan berbeda ditunjukkan tim putra mereka. 

Meski memiliki sejumlah nama-nama legendaris seperti Boonsak Ponshana, tetapi kekuatan tim putra Thailand tidak begitu diperhitungkan. 

Mereka kerap tertinggal dari negara besar seperti China, Jepang, Indonesia, Denmark, dan bahkan Malaysia. Gelar Piala Thomas pun belum pernah Thailand raih. 

Baca Juga

Akan tetapi, dalam dua tahun terakhir, tim bulutangkis putra Thailand menunjukkan kebangkitan. Sejumlah nama pemain muda cukup memberikan tekanan bagi negara mapan seperti Indonesia. Terbukti pada gelaran 2021 lalu, mereka hampir saja mengalahkan Indonesia di babak grup sebelum akhirnya menyerah 3-2. 


1. Skuad dan Sektor Unggulan

Ratchanok Intanon pebulutangkis Thailand

Bicara skuad dan sektor unggulan, jelas tim Piala Uber Thailand menjadi yang terdepan. Mereka memiliki keunggulan terutama di sektor tunggal putri. 

Bagaimana tidak, nama-nama beken seperti Ratchanok Intanon dan Pornpawee Chochuwong juga diikut sertakan. Kehebatan Intanon tentu tidak diragukan lagi. Sementara Pornpawee tengah on fire tahun ini. 

Baca Juga

Di belakang mereka, masih ada Busanan Ongbamrungphan yang juga cukup bisa diperhitungkan. Hal itu dibuktikan lewat gelar German Open beberapa waktu lalu.

Tunggal putri ketiga milik Thailand pun lebih kuat dari tunggal putri andalan Indonesia secara peringkat.

Sementara di sektor ganda, mereka memiliki kekuatan yang relatif lumayan. Namun, hanya nama pasangan rawinda prajongjai/Jongkolphan Kititharakul yang bisa dibilang masuk jajaran elite. 

Baca Juga

Untuk sekadar lolos fase grup, Thailand dinilai sangat mampu. Mungkin, hanya Malaysia yang kemungkinan akan merepotkan. 

Namun, dengan skuad yang nanggung, tim putri Thailand bakal kerepotan jika harus berjumpa Jepang atau Korea Selatan. Meski begitu, mereka tetap punya peluang untuk melaju sapai ke partai final. 

Sementara itu, untuk tim Piala Thomas, Thailand mengandalkan kekuatan di sektor tunggal putra yang dipimpin oleh Kunlavut Vitidsarn. Sayangnya, hanya Kunlavut yang mampu menunjukkan performa konsisten. 

Selebihnya, Thailand tidak memiliki tunggal putra atau ganda putra di ranking 10 besar dunia. Akan tetapi, bukan tak mungkin mereka tampil mengejutkan. 

Baca Juga

Terbukti, pada tahun lalu, tim Indonesia saja hampir kalah dari tim Thomas Thailand. Kekuatan Thailand dinilai tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Lolos dari fase grup adalah target masuk akal yang bisa mereka capai. 


2. Daftar Skuad Thailand di Piala Thomas - Uber 2022

Pebulutangkis Ganda Putri Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Piala Thomas

Kunlavut Vitidsarn
Kantaphon Wangcharoen
Sotthikom Thammasin
Khosit Phetpradab
Panitchaphon Teeraratsakul
Adulrach Namkul
Pakkapon Teeraratsakul
Peeratchai Sukphun
Nanthakarn Yordphaisong
Cheloempon Charoenkitamorn
Wachirawit Sothon
Tanadon Punpanich

Piala Uber

Ratchanok Intanon
Pornpawee Chochuwong
Busanan Ongbamrungphan
Phittayaporn Chaiwan
Pitchamon Opatniputh
Supanida Katethong
Jongkolphan Kititharakul
Rawinda Prajongjai
Benyapa Aimsaard
Nuntakarn Aimsaard
Laksika Kanlaha
Phataimas Muenwong

Piala ThomasPiala UberThailandRatchanok IntanonBulutangkisBerita BulutangkisPornpawee Chochuwong

Berita Terkini