x

Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Malaysia, Si Kuda Hitam yang Percaya Diri

Kamis, 5 Mei 2022 11:25 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil lengkap tim Malaysia yang akan segera menunjukkan taji di Piala Thomas dan Uber 2022 dan skuat ini layak disebut sebagai si kuda hitam.

INDOSPORT.COM - Berikut profil lengkap tim Malaysia yang akan segera menunjukkan taji di Piala Thomas dan Uber 2022. Skuat ini layak disebut sebagai si kuda hitam.

Malaysia siap meramaikan perjuangan di Piala Thomas dan Piala Uber 2022 yang akan segera dilangsungkan di Thailand pada 8-15 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Nantinya akan ada 16 tim yang berpartisipasi di Piala Thomas dan 16 tim di Piala Uber 2022. Dalam hal ini, Malaysia mantap mengirimkan tim putra dan tim putri untuk maju bertanding.

Di Piala Thomas, Negeri Jiran tergabung di Grup D bersama Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Sementara itu, di Piala Uber Malaysia masuk Grup C bersama Mesir, Thailand, dan Denmark.

Baca Juga

Rekam Jejak

Malaysia terakhir kali juara Piala Thomas pada 1992 silam. Saat itu Negeri Jiran menang 3-2 atas Indonesia. Sedangkan di Piala Uber, Malaysia belum pernah sekali pun mencicipi gelar juara.

Walaupun sudah lama puasa gelar, kekuatan Malaysia tidak bisa diremehkan. Tim tersebut tercatat sebagai negara tersukses ketiga setelah Indonesia dan China dalam perebutan trofi Piala Thomas.

Baca Juga

Total sudah lima kali Malaysia merebut gelar juara tersebut. Tahun lalu Lee Zii Jia dkk kalah telak dari Indonesia pada babak perempat final.

Akan tetapi, tahun ini bisa beda cerita. Melihat performanya belakangan ini, Malaysia bisa dibilang jadi kuda hitam. Sementara itu, di Piala Uber 2020, Malaysia gagal lolos dari babak penyisihan grup.


1. Skuad dan Sektor Unggulan Tim Malaysia

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Malaysia punya banyak amunisi kuat di Piala Thomas 2022. Lee Zii Jia, Aaron Chia, Soh Wooi Yik, Nur Izzudin, dan Goh Sze Fei bakal jadi andalan Malaysia dalam mendulang poin.

Baca Juga

Terlebih keempat pemain itu baru saja menorehkan catatan apik di turnamen Badminton Asia Championship. Dalam ajang yang dilangsungkan di Filipina tersebut, Lee Zii Jia berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Jonatan Christie di babak final.

Sedangkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei menjadi runner-up dan semi finalis di ganda putra.

Baca Juga

Komposisi itulah yang membuat Malaysia berpotensi untuk jadi kuda hitam di Piala Thomas 2022. Sedangkan untuk tim Uber 2022, Malaysia memilih menurunkan skuat yang berisikan para pemain muda yang akan debut di ajang bergengsi tersebut.

Nama-nama seperti Chan Wen Tse, Anna Ching Yik Cheong, Eoon Qi Xuan, dll mengemban tanggung jawab yang berat untuk bisa mendulang poin.


2. Daftar Lengkap Skuad Malaysia di Piala Thomas dan Uber 2022

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Tim Putra (Piala Thomas)

Aidil Sholeh
Aaron Chia
Chia Wei Jie
Goh Sze Fei
Nur Izzuddin
Lee Zii Jia
Leong Jun Hao
Liew Daren
Ng Tze Yong
Ong Yew Sin
Soh Wooi Yik
Teo Ee Yi

Tim Putri (Piala Uber)

Chan Wen Tse
Anna Ching Yik Cheong
Eoon Qi Xuan
Goh Jin Wei
Kisona Selvaduray
Low Yeen Yuan
Myisha Mohd Khairul
Slow Valeree
Tan Pearly
Tan Zhing Yi
Teoh Mei Xing
Thinaah Muralitharan

Piala ThomasPiala UberMalaysiaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini