x

Hasil Piala Thomas 2022: Akhirnya Anthony Ginting is Back! Indonesia Unggul 1-0 China

Kamis, 12 Mei 2022 20:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putra indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas.

INDOSPORT.COM Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengamankan kemenangan dan membuat Indonesia unggul 1-0 dari China di perempat final Piala Thomas 2022.

Pada laga yang berlangsung Impact Arena, Bangkok, Kamis (12/05/22) malam WIB, terjadi pertarungan sengit dari Indonesia vs China di persaingan babak perempat final Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Meski tengah mengalami penurunan performa serta belum pernah menang sejak babak fase grup, namun Anthony Ginting masih dipercaya sebagai tunggal putra sekaligus pemain pertama yang akan tampil.

Namun nyatanya Anthony Ginting nyatanya mampu menemukan rasa kepercayaan dirinya saat berhadapan dengan lawan lamanya asal China, yakni Zhao Jun Peng selaku peringkat 38 dunia.

Pada gim pertama, nampak rekan setim Jonatan Christie itu tampil percaya diri, di mana ia terus mencetak poin demi poin.

Baca Juga

Placing ciamik pun ditunjukkan oleh wakil Indonesia peringkat 5 dunia, dengan keunggulan 0-5 di menit-menit awal.

Riuh teriakan dari sesama pemain Garuda pun membuat semangat Anthony Ginting makin terpacu, smes kencang di depan net ia perlihatkan dan kini keunggulan menjadi 7-1 atas Zhao Jun Peng.

Tancap gas, Anthony Ginting tak mau memberikan kesempatan untuk lawan lamanya, di mana ia berhasil mengamankan interval pertama lewat pukulan back hand menjadi 11-4 di Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Meski demikian, sejumlah kesalahan pun ditunjukan oleh wakil Indonesia, yang tentunya menyumbang poin menjadi 15-8 atas lawan yang terakhir kali ia hadapi di Indonesia Masters 2019.

Walau sempat mendapatkan perlawanan, namun akhirnya Anthony Ginting berhasil memenangkan gim pertama dengan skor 21-12 dari Zhao Jun Peng di Piala Thomas 2022.


1. Gim Kedua Anthony Ginting vs Zhao Jun Peng

Pebulutangkis tunggal putra indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas.

Berlanjut pada gim kedua, pertarungan sengit pun terjadi di mana Anthony Ginting dan Zhao Jun Peng sama-sama menyerang.

Meski demikian, Anthony Ginting mampu mengamankan keunggulan 6-3 di menit awal.

Baca Juga

Laga makin seru di mana duet sengit tersaji. Pasalnya, kejar-kejaran poin kembali disuguhkan oleh kedua kubu.

Anthony Ginting yang nampaknya kembali menemukan kepercayaan dirinya mengamankan interval kedua dengan skor ketat 11-9 dari Zhao Jun Peng.

Pasca interval, rally panjang dan mendebarkan pun terjadi. Namun api semangat dari rekan seperjuangannya di pinggir lapangan mampu semakin menggenjot ambisi wakil Indonesia.

Anthony Ginting mencoba menjauh, walau Zhao Jun Peng tak akan tinggal diam. Kini skor pun sama-sama 16-16 dan sangat ketat.

Saling tikung pun akhirnya terjadi dari 16-17 serta 18-17, dan kini menjadi 19-19 membuat pertandingan makin seru nan ketat.

Baca Juga

Sayangnya, saat match poin wakil Garuda melakukan serentetan kesalahan dan skor berbalik menjadi 20-21.

Tekanan makin menjadi, Anthony Ginting menyamakan kedudukan 25-25. Namun sayangnya Zhao Jun Peng malah memaksa wakil Indonesia main rubber gim usai skor akhir 25-27 di gim kedua Piala Thomas 2022


2. Gim Ketiga Anthony Ginting vs Zhao Jun Peng

Gim Ketiga Anthony Ginting vs Zhao Jun Peng

Sayangnya pada gim ketiga, Anthony Ginting dalam bahaya lantaran tertinggal 1-5 dari Zhao Jun Peng di Piala Thomas 2022.

Meski terlihat sudah mulai kelelahan, namun Anthony Ginting mampu menyamakan kedudukan 8-8 dan pertandingan semakin mendebarkan.

Akhirnya Anthony Ginting pun mengamankan interval ketiga usai menikung wakil China dengan skor 11-9. Sempat kedudukan sama 11-11, namun peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tak gentar.

Pemain tunggal putra andalan Indonesia itu terus menunjukkan dominasinya, menjadi 17-11. Berpeluh keringat juga tak membuat semangatnya kendor.

Makin menggila dan sempat adu gebuk, akhirnya Anthony Ginting berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 21-17 dari Zhao Jun Peng di gim ketiga.

Hasil ini juga membuat Anthony Ginting akhirnya pecah telur usai selalu kalah di fase grup melawan Singapura, Thailand dan Korea Selatan.

Kemenangan ini juga menjadi modal semangat bagi pemain Indonesia lainnya terutama Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya yang akan kembali unjuk gigi melawan wakil China Liu Yu Chen/Ou Xuan Xi di Piala Thomas 2022.

Piala ThomasIndonesiaChinaAnthony Sinisuka GintingAnthony GintingHasil Pertandingan

Berita Terkini