x

Tradisi Emas Putus di SEA Games 2021, Tugas Berat Sudah Menanti Tim Putra Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 11:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih tunggal putra Indonesia, Harry Hartono, beri tugas berat pada anak didiknya gagal sumbang poin di semifinal bulutangkis beregu putra SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM – Pelatih tunggal putra Indonesia, Harry Hartono, beri tugas berat pada anak didiknya gagal sumbang poin di semifinal bulutangkis beregu putra SEA Games 2021.

Sebagai informasi, bertanding di Bac Gymnasium, Selasa (17/5/22) siang WIB, tim bulutangkis beregu putra Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand usai tumbang 2-3 di semifinal SEA Games 2021.

Baca Juga

Tiga tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata dan Bobby Setiabudi gagal menyumbang angka di semifinal.

Sementara ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin secara sempurna mencetak poin.

Tim bulutangkis beregu putra Indonesia sebelumnya selalu merebut medali emas dalam enam edisi SEA Games secara berturut-turut.

Baca Juga

Namun dengan kekalahan atas Thailand itu, membuat tim bulutangkis beregu putra Indonesia harus puas dengan perunggu,dan tidak berhasil mempertahankan tradisi medali emas SEA Games 2021.

Para pemain Indonesia telah diberikan evaluasi menjelang perhelatan bulutangkis SEA Games 2021 kategori individu yang dimulai pada 19-22 Mei 2022.

Menurut pelatih tunggal putra Indonesia, Harry Hartono, beliau telah mengevaluasi bahwa kesiapan mental adalah kunci kemenangan dalam turnamen beregu.

Baca Juga

"Di beregu ini memang dibutuhkan pikiran dan mental yang benar-benar siap. Secara peringkat memang tunggal pertama dan kedua kita masih di bawah mereka," kata Harry Hartono.

Lebih lanjut, untuk menguji mental kembali, Harry Hartono akan memberikan target berat kepada anak didiknya menjelang pertandingan perorangan atau individu SEA Games 2021, besok.


1. Tugas Berat Menanti Tunggal Putra SEA Games 2021

Chico Aura Dwi Wardoyo dkk diberi tugas khusus oleh pelatih di kategori perorangan bulutangkis SEA Games 2021, mulai Kamis (19/5/22).

Berdasarkan rilis PBSI, Harry Hartono memberikan tugas ‘lebih’ berat kepada Chico Aura Dwi Wardoyo dkk pasca harus puas dengan medali perunggu kategori beregu putra SEA Games 2021.

Menurutnya, dia berharap bahwa tunggal putra Indonesia harus cepat bangkit dari kegagalan untuk kemudian ‘fight back’ demi medali emas individu SEA Games 2021.

Baca Juga

"Jarak dari beregu dan perorangan kan sangat singkat, tidak ada break dulu jadi yang terpenting sekarang bagaimana mengembalikan kepercayaan diri anak-anak," jelas Harry Hartono.

"Mereka harus fight back. Walau hasil di beregu kurang memuaskan tapi mereka juga punya tanggung jawab di nomor perorangan," pungkasnya.

Senada dengan Harry Hartono, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, menanggapi penampilan tim putra Indonesia yang harus puas dengan medali perunggu SEA Games 2021.

Baca Juga

"Untuk tunggal putra, saya melihat tekanannya terlalu berat jadi mainnya tidak bisa maksimal. Serba ragu-ragu mau main apa, terlihat sekali di Chico dan Christian," papar Rionny Mainaky.

Dalam akhir pernyataannya, jelang laga Individu cabor bulutangkis SEA Games 2021 besok, Rionny Mainkay juga berpesan agar para pebulutangkis Indonesia belajar mandiri untuk mengatasi tekanan.

Dengan demikian, Rionny Mainaky berharap bahwa di nomor perorangan bisa lebih maksimal dan meraih medali terbaik bagi Indonesia.

Baca Juga

"Ini masih ada nomor perorangan, saya ingin mereka mencoba lagi. Menerapkan apa yang saya, pelatih atau psikolog sampaikan. Harus lebih berani lagi, harus lebih semangat lagi. Saya mau lihat penampilan yang mati-matian," pungkas Rionny Mainaky.

Sementara tim putra Indonesia harus puas dengan medali perunggu, maka berbeda cerita dengan tim beregu putri Indonesia yang masih berjuang di final SEA Games 2021 melawan Thailand hari ini.


2. Tim Putri Indonesia Jumpa Thailand di Final

Tim bulutangkis beregu putri Indonesia akan menantang Thailand di final SEA Games 2021, Rabu (18/5/22).

Enggan ikut jejak tim putra, kini tim bulutangkis beregu putri Indonesia sukses ke final usai menang 4-1 atas Vietnam pada Selasa (17/5/22) pagi WIB.

Partai final bulutangkis beregu putri SEA Games 2021 akan berlangsung pada Rabu (18/5/22) mulai pukul 13.00 WIB, dan kategori beregu putra mulai pukul 18.00 WIB.

Berlangsung di Bac Giang Provincial Gymnasium, tim putri Indonesia akan menantang juara bertahan Thailand yang baru sukses menang telak 3-0 atas Singapura.

Secara statistik di atas kertas, tim putri Thailand yang hampir membawa kekuatan utamanya,  memang lebih unggul dibanding Indonesia.

Namun, perlu dicatat bahwa peluang menjadi sama kuat ketika di lapangan. Terlebih, Indonesia dipenggawai juara Olimpiade Tokyo 2020, yang diharapkan bisa menjadi motivator bagi rekan-rekannya.

Baca selengkapnya: Jadwal Final Bulutangkis Putri SEA Games 2021: Indonesia vs Thailand, Siapa Berjaya?

 

PBSIBulutangkisBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini