x

Momen Putri KW ‘Dicurangi’ Tuan Rumah di SEA Games 2021, Netizen Mencak-mencak

Kamis, 19 Mei 2022 14:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di laga SES Games 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, sempat mengalami momen dicurangi tuan rumah saat berlaha di nomor individu SEA Games 2021. Netizen pun sampai dibuat kesal.

Setelah gagal mempersembahkan medali emas di nomor beregu pada ajang SEA Games 2021, Putri Kusuma Wardani pun turun di nomor invididu tunggal putri.

Baca Juga

Putri Kusuma Wardani tampil gemilang di babak pertama alias 16  besar tungal putri  badminton SEA Games yang berlangsung hari ini, Kamis (19/05/22).

Bertanding di BAC Giang Gymnasium, pemain yang akrab disapa Putri KW tersebut dipertemukan dengan wakil tuan rumah Nguyen Thuy Linh.

Dual yang berlangsung dalam dua gim itu berlangsung seru sekaligus menegang sejak awal. Pasalnya, Nguyen Thuy Linh cukup merepotkan Putri.

Baca Juga

Putri KW sempat unggul 5-2, namun dipepet Nguyen menjadi 6-4.  Namun, Putri KW mampu bermain tenang  membuatnya unggul jauh di interval pertama dengan 11-4.

Setelah itu, Putri memperagakan permainan agresif.  Putri tak terbendung dan akhirnya menang mudah 21-9.

Di gim kedua, dominasi Putri berhasil diimbangi Nguyen Thuy. Putri sejatinya mampu unggul 7-2, tapi konsentrasi Putri sempat buyar dan kedudukan jadi imbang 8-8.

Baca Juga

Bahkan, kesalahan demi kesalahan dilakukan Putri KW sehingga membuat Nguyen Thuy mampu unggul di interval pertama 11-10. Saling berbalas poin terjadi mendekati akhir. 

Putri bermain apik dalam momen tersebut dan akhirnya menang 21-17. Kemenangan tersebut membawa Putri KW ke babak perempat final.   


1. Putri KW Dicurangi di SEA Games 2021

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di laga SES Games 2021. Foto: PBSI

Di balik kemenangan tersebut, rupanya ada satu momen di mana Putri KW merasa dicurangi oleh keputusan hakim garis. Hal ini terjadi di set kedua saat kedudukan sama kuat 15-15.

Sebuah video yang diunggah akun Bhulukhuduk TV di twitter memperlihatkan kecurangan tersebut. Kala itu Nguyen melakukan servis yang kemudian disusul dengan jual beli serangan.

Baca Juga

Putri KW berusaha sekuat mungkin mengembalikan kok ke arah Nguyen. Hingga kemudian Nguyen memukul kok terlalu  deras dan mendarat di luar garis lapangan.

Tetapi hakim garis menganggapnya kok masuk dan berubah poin untk Nguyen Thuy. Putri KW pun hanya bisa menengadahkan kedua tangannya karena protesnya tak digubris wasit.

Baca Juga

Sekedar informasi, teknologi hawkeye tidak dipergunakan di ajang SEA Games 2022 sehingga keputusan pun harus bergabung mutlak pada wasit dan hakim garis.

Kejadian ini membuat netizen ikut geram. Mereka juga tidak terima ketika hakim garis berkali-kali menilai kok keluar padahal seharusnya masuk, begitu pun sebaliknya.

Terlepas dari kecurangan yang dialami Putri KW, netize akhirnya tetap puas denga permainan apik yang ditampilkan Putri KW untuk membungkam sang tuan rumah.

Baca Juga

Hasil ini tak hanya menjadikan Putri KW sebagai wakil pertama Indonesia yang melaju ke perempat final SEA Games 2021. Dia juga sukses membalas dendam terhadap Nguyen Thuy Linh.

Sebelum pertandingan ini, Putri KW sudah satu kali berjumpa Thuy Linh di Bangladesh International Challenge 2018 di mana dirinya kalah 18-21, 19-21 di final.


2. Bulutangkis SEA Games 2021: Pemain Putri Kamboja Dibantai dengan Skor 0-21

Logo Sea Games Vietnam.

Selanjutnya, Putri KW bakal berjuang di babak perempat final SEA Games 2021. Dia akan menghadapi Sarah Joy Barredo dari Filipina. 

Sebelumnya, Sarah Joy Barredo berhasil memukul telak putri Kamboja, Sok Somalyta dengan skor super menyakitkan, yakni dengan skor 0-20, 3-21. 

Secara catatan di atas kertas, kedua tunggal putri tersebut belum memiliki ranking nasional dan baru pertama kali bertemu di bulutangkis kategori perorangan SEA Games 2021.

Melansir Tournament Software, hanya cukup bertanding selama 20 menit saja, pebulutangkis Kamboja, Sok Somalyta harus menyerah kalah dengan skor 0-21, 3-21 atas Sarah Joy Barredo.

Baca selengkapnya: Kena Mental, Pemain Putri Kamboja Dibantai dengan Skor 0-21

Liga IndonesiaBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisSEA Games 2021

Berita Terkini