x

Lolos ke Final SEA Games 2021, Pelatih Evaluasi Penampilan Gregoria Mariska

Selasa, 17 Mei 2022 16:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses menaklukkan Vietnam dan melaju ke final bulutangkis beregu putri SEA Games 2021, Gregoria Mariska Tunjung tak lepas dari evaluasi.

INDOSPORT.COM - Sukses menaklukkan Vietnam dan melaju ke final bulutangkis beregu putri SEA Games 2021, Gregoria Mariska Tunjung tak lepas dari evaluasi.

Bertanding di Bac Gymnasium, Selasa (17/5/22) pagi, tim Indonesia mestinya bisa menang mudah dari Vietnam, sebab level bulutangkis Indonesia sudah mendunia.

Baca Juga

Namun, tampil sebagai unggulan pertama dan bertindak sebagai kapten, Gregoria Mariska Tunjung justru kalah dari tunggal putri Vietnam, yakni Nguyen Thuy Linh.

Unggul di game pertama, Gregoria Mariska malah kena comeback di game kedua dan di babak rubber, skor 21-14, 17-21, 16-21.

Beruntung, wakil Indonesia lainnya berhasil menang dan memastikan skuat Merah Putih ke partai final bulutangkis beregu putri.

Baca Juga

Di babak final nanti, Indonesia akan bersua Thailand, yang juga diperkuat oleh pemain berkualitas dunia. Tim Merah-Putih harus siap.

Maka dari itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, turun tangan memberikan evaluasi, termasuk apresiasi untuk penampilan tim beregu putri.

"Secara garis besar penampilan anak-anak putri cukup bagus. Hanya ada beberapa yang harus dievaluasi," ungkap Rionny.

Baca Juga

"Khusus untuk Gregoria, tadi mungkin ada tegang karena tampil pertama kali," tambah sosok legendaris bulutangkis Indonesia itu.

"Besok di final kami bertemu Thailand. Dari skuad mereka memang harus diakui agak di atas, terutama di nomor tunggal, tapi kami akan tampil mati-matian," janji Rionny.


1. Debut Fantastis Apriyani/Siti Fadia

Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia melawan pasangan Vietnam, Pham Thi Khanh/Van Anh Than, di semifinal cabor bulutangkis SEA Games 2021.

Berbicara tentang evaluasi, pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian mengatakan belum banyak yang bisa dievaluasi dari penampilan Apri/Fadia dan Ribka/Febby.

Ya, Indonesia menurunkan dua ganda putri debutan di SEA Games 2021. Ganda yang paling mencuri perhatian adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

Di laga debutnya, dua pemain berambut pendek itu langsung tancap gas dan bisa menang dengan 'skor Afrika' saat bersua Pham Thi Khanh/Than Van Anh, 21-3, 21-9.

Kemudian, ada Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto yang juga menjalani debutnya di panggung SEA Games 2021.

Baca Juga

Febby/Ribka nampak masih coba-coba beradaptasi, dan perlu kerja keras untuk bisa mengalahkan ganda Vietnam, Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao, skor 21-13, 21-14.

Mengingat ini laga perdana bagi Apriyani/Siti Fadia dan Febby/Ribka, dan mereka bisa menang atas Vietnam, Eng Hian belum mau memberi evaluasi pada kedua pasangan.

Baca Juga

"Karena lawan levelnya masih di bawah, belum banyak yang dapat dievaluasi dari permainan Apri/Fadia dan Ribka/Febby," ujar Eng Hian, yang akrab disapa Didi.

"Saya lebih menyiapkan kondisi mereka untuk menatap pertandingan final lawan Thailand Rabu besok," pungkas Didi.


2. Hasil Semifinal Bulutangkis Indonesia vs Vietnam

Putri Kusuma Wardani merayakan kemenangan atas pemain Vietnam, Vu Thi Trang, di semifinal SEA Games 2021.

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Nguyen Thuy Linh 21-14, 17-21, 16-21
Ganda 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pham Thi Khanh/Than Van Anh 21-3, 21-9
Tunggal 2: Putri Kusuma Wardani/Vu Thi Trang (B) 21-19, 16-21, 21-15
Ganda 2: Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao 21-13, 21-14
Tunggal 3: Stephanie Widjaja vs Vu Thi Anh Thu (tidak dimainkan)

SEA GamesApriyani RahayuGregoria MariskaEng HianBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2021Rionny MainakyApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini