x

Kabar Baik, Pebulutangkis Yeremia Rambitan Tak Harus Naik Meja Operasi

Sabtu, 18 Juni 2022 18:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Dokter tim PBSI, Grace Joselini Corlesa, akhirnya menjabarkan perkembangan cedera yang menimpa ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan, Sabtu (18/6/22).

Diketahui, ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan, mengalami cedera horor ketika bertanding di babak 8 besar Indonesia Open 2022.

Baca Juga

Yeremia yang berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana menghadapi ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di Istora Senayan, Jumat (17/6/22) malam.

Dalam pertarungan tersebut, Yeremia mengalami cedera di gim ketiga saat poin krusial 20-18. Dia tetap memaksakan bertanding meski tampak sangat dan akhirnya kalah dengan skor 20-22.

Usai bertanding, Yeremia Rambitan langsung mendapatkan perawatan dari tim dokter. Kini, PBSI pun mengabarkan perkembangan cedera sang atlet.

Baca Juga

"Jadi yang sudah kita semua tahu, kejadian cedera Yeremia Rambitan itu kemarin dan langsung kami evakuasi. Kami lakukan tata laksana awal dan langsung kita kirim ke rumah sakit untuk MRI," kata dokter Grace.

"Tadi pagi, kami tim medis PBSI sudah berdiskusi. Dari cedera lutut yang dialami, kami sepakat dia harus menjalani terapi selama beberapa bulan ke depan," tambah dokter Grace.

Baca Juga

Berdasarkan hasil MRI, lanjut Grace, Yeremia Rambitan belum membutuhkan tindakan operasi untuk menyembuhkan cederanya. Dia akan terus dipantau.

"Ada beberapa tes dan pemeriksaan lebih lanjut yang harus kami lakukan, untuk bisa menentukan prognosisnya lebih lanjut," jelas dokter Grace.


1. Sekitar 3-6 Bulan

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Untuk proses penyembuhannya, dokter Grace memprediksi pebulutangkis Yeremia Rambitan membutuhkan waktu minimal tiga hingga enam bulan.

Baca Juga

"Untuk tadi yang sudah kami diskusikan, melihat dari hasil pemeriksaan, kemungkinan masa penyembuhannya sekitar tiga sampai enam bulan," jelas Grace.

Baca Juga

"Tapi, semua itu tergantung proses penyembuhan orang atau kemampuan penyembuhan atletnya sendiri. Cuma memang rangenya tiga sampai enam bulan," pungkas Grace Joselini Corlesa.


2. Detik-detik Yeremia Rambitan Cedera

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kemalangan menimpa pemain ganda putra bulutangkis Indonesia, Yeremia Rambitan, dalam pertandingan perempat final Indonesia Open 2022.

Seperti yang sudah diketahui, Tanah Air baru saja kehilangan salah satu wakil di bagian ganda putra untuk Indonesia Open 2022 karena kekalahan yang diterpa oleh Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan.

Duet PraYer harus berlapang dada mengakui kekalahannya atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam tiga set, 21-14, 12-21, dan 20-22.

Baca Juga

Saat itu, duet PraYer tersebut nyaris memenangi laga kontra duet ganda Malaysia dan sempat meraih kemenangan 20-18. Nahas, nasib buruk datang saat laga hampir berakhir.

Yeremia Karambitan ambruk hingga kemudian harus didatangi oleh tim medis. Sang lawan, Aaron Chia, turut cukup responsif untuk memangil tim medis.

Baca Selengkapnya

PBSIIndonesia OpenBulutangkisBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanIndonesia Open 2022

Berita Terkini