x

Wakili Negara Lain, Pebulutangkis asal Indonesia Langsung Kandas di Taipei Open 2022

Rabu, 20 Juli 2022 14:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis asal Indonesia yang mewakili Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo, diketahui langsung tersingkir dari babak pertama Taipei Open 2022.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Indonesia yang mewakili Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo, diketahui langsung tersingkir dari babak pertama Taipei Open 2022.

Sebagaimana diketahui, Indonesia hanya mengirimkan tiga pemain pelapis ke ajang Chinese Taipei Open 2020 Super 300, yang dilangsungkan pada 19-24 Juli 2022.

Baca Juga

Pemain yang sebelumnya tampil di Singapore Open 2022, seluruhnya ditarik mundur dari Taipei Open 2022 karena ada faktor kelelahan, dan ada pelatih yang sakit.

Dengan demikian, hanya ada tiga pemain yang berlaga di Chinese Taipei Open 2022, yakni Christian Adinata, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.

Akan tetapi pada babak kualifikasi yang berlangsung kemarin, Christian Adinata harus tersingkir usai dikalahkan wakil tuan rumah, Chen Ci Ting, dengan skor 21-14, 17-21, 15-21.

Baca Juga

Kini, Indonesia hanya tinggal mengandalkan dua wakilnya, yakni Komang dan Ikhsan Leonardo yang mana mereka akan beraksi di babak utama 32 besar hari ini, Rabu (20/07/22).

Namun rupanya ada pemain asal Indonesia lainnya yang ambil bagian di ajang Super 300 menawarkan total hadiah 500 ribu dolar AS tersebut, yakni Ade Resky Dwicahyo.

Meski berasal dari Indonesia, Ade Resky Dwicahyo tampil di Taipei Open 2022 dengan membawa bendera Azerbaijan.

Ya. Ade Resky Dwicahyo memang sudah menanggalkan status Warga Negara Indonesia. Dia dinaturalisasi menjadi warga negara Azerbaijan.

Baca Juga

Tidak diberi kesempatan bergabung dengan pelatnas tim bulutangkis Indonesia jadi alasannya. Sedangkan keinginannya tersebut mampu dia dapatkan jika membela Azerbaijan.

Bahkan, dengan membawa bendera Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo mendapatkan kesempatan menampilkan kebolehannya di Olimpiade Tokyo 2022 yang digelar tahun lalu.


1. Ade Resky Dwicahyo Kandas di Taipei Open 2022

Ade Resky Dwicahyo, pebulutangkis Indonesia yang membela Azerbaijan.

Sejatinya, Ade Resky Dwicahyo sendiri sempat membela Timnas Bulutangkis Indonesia di dua turnamen beregu yakni Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2016 lalu

Dua turnamen tersebut menjadi turnamen terakhir pebulutangkis Ade Resky Dwicahyo bersama Timnas Bulutangkis Indonesia, karena setelah itu ia memilih membela tim Azerbaijan.

Baca Juga

Nah, kali ini Ade Resky Dwicahyo tampil di Chinese Taipei Open 2022. Pemain berperingkat 82 dunia ini berhadapan dengan wakil India, Kiran George.

Sayangnya, laju Ade Resky Dwicahyo harus terhenti di babak 32 besar setelah dikalahkan lawannya yang berperingkat 70 dunia itu dalam sebuah laga sengit berdurasi 32 menit.

Ade sejatinya mampu memberikan perlawanan sengit terhadap Kiran di set pertama. Kejar-kejaran skor sempat terjadi namun keberuntungan tak berpihak pada Ade setelah dia kalah tipis dengan skor 21-23.

Baca Juga

Lanjut di set kedua, Ade Resky Dwicahyo masih mencoba untuk bangkit namun Kiran George lagi-lagi mampu mempertahankan keunggulan sebelum kalahkan Ade 17-21.

Terlepas dari kekalahan Ade Resky Dwicahyo ini, Indonesia tetap bisa menjaga asanya meraih gelar di Taipei Open setelah tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi menang di babak 32 besar.

Baca Juga

Komang Ayu lolos ke babak 16 besar setelah mampu mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Chen Su Yu dengan skor 21-11, 21-13 dalam tempo 26 menit.

Indonesia juga punya peluang menjaga asa saat Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay menghadapi wakil tuan rumah sekaligus unggulan kedua, Wang Tzu Wei.


2. Ade Resky Cetak Sejarah untuk Bulutangkis Azerbaijan

Ade Resky Dwicahyo, pebulutangkis Indonesia yang membela Azerbaijan.

Pengorbanan Ade Resky Dwicahyo menanggalkan status WNI rupanya tidak sia-sia. Dirinya kini berhasil menjadi pebulutangkis utama Azerbaijan di nomor tunggal putra. 

Tak hanya itu, Ade juga mencetak sejarah baru. Ia sukses menjadi pebulutangkis pertama Azerbaijan yang lolos ke Olimpiade. 

Olimpiade Tokyo 2020 ini adalah bukti nyatanya. Selain debut untuk negaranya, penampilannya di sini juga merupakan debut untuk dirinya sendiri. 

"Ini adalah Olimpiade pertama saya. Keluarga saya tentu sangat senang. Saya bermimpi bahwa saya bermain di Olimpiade dan sekarang saya di sini," ungkap Ade.

"Federasi saya sangat senang karena kami telah bekerja keras selama dua tahun. Dan sekarang kami berhasil menembus Olimpiade."

Di Olimpiade Tokyo 2020 ini, Ade Resky berhasil memenangi laga perdananya di Grup L melawan veteran Vietnam, Nguyen Tien Minh, dengan skor 21-14, 21-18. 

Baca selengkapnya: Ade Resky Cetak Sejarah untuk Bulutangkis Azerbaijan

IndonesiaAzerbaijanAde Resky DwicahyoBulutangkisBerita BulutangkisChinese Taipei Open 2020

Berita Terkini