x

Terungkap, Alasan Ini yang buat Pebulu Tangkis Ade Resky Pilih Bela Azerbaijan

Selasa, 7 Juni 2022 19:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis tunggal putra kelahiran Indonesia, Ade Resky Dwicahyo, memilih membela negara Azerbaijan di perhelatan Indonesia Masters 2022.

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra kelahiran Indonesia, Ade Resky Dwicahyo, memilih membela negara Azerbaijan di perhelatan Indonesia Masters 2022.

Ade Resky Dwicahyo memang akhirnya bermain di Istora Senayan dalam ajang Indonesia Masters 2022. Namun, Ade Resky bermain bukan untuk negara kelahirannya. Dia bermain untuk Azerbaijan.

Baca Juga

Ya, Ade Resky memang sudah menanggalkan status Warga Negara Indonesia. Dia dinaturalisasi menjadi warga negara Azerbaijan.

Meski membela Azerbaijan, Ade Resky mengaku takjub bisa bermain di Istora Senayan.

"Ini pertandingan pertama saya di Istora jadi excited banget. Dulu kan di klub sempat nonton-nonton dan sekarang bisa main di sini," ucap Ade Resky.

Baca Juga

Ade Resky pun menjabarkan alasannya mengapa kini menjadi warga negara Ajerbaizan. Baginya dia tidak mendapat kesempatan masuk Pelatnas tim Indonesia.

"Satu alasan karena mereka (Azerbaijan) kasih saya masuk tim nasional. Mereka tawarkan seperti ketika di Indonesia didapatkan kaya turnamen dibiayai. Alhamdulliah mereka support," jelas Ade Resky.

"Saya dulu sempat main di kejuaraan junior. Tapi untuk Pelatnas tak diambil yang diambil Chiko karena satu angkatan 98."

"Waktu itu mereka azerbaijan pelatihnya ke indonesia cari pemain berbakat. dia ambilnya saya satu," beber dia.

Baca Juga

Ade Resky pun menjelaskan keluarganya pun tidak menghalangi niatnya menjadi warga negara Azerbaijan.

"Keluarga enggak terlalu pengaruh sih sama keluarga. cuma ke sayanya saja mau enggak? Ditawari udah ada kontrak dan lain-lain," katanya.


1. Ingin Bela Indonesia

Ade Resky Dwicahyo, pebulutangkis Indonesia yang membela Azerbaijan.

Ade Resky Dwicahyo, pebulu tangkis yang kini perkuat Azerbaijan, mengungkapkan keinginan dirinya untuk kembali membela negara kelahirannya Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, pria kelahiran Kendari, 14 Mei 1998 ini telah memperkuat Azerbaijan sejak 2017 dan akan kontraknya berakhir pada Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga

Hampir tiga tahun merantau, dirinya mengaku kangen akan kampung halaman dan juga ada keinginan untuk membela panji Merah Putih.

Hal tersebut ia ungkapkan kala diwawancarai secara eksklusif oleh INDOSPORT.

"Rencana habis kontrak ini mau balik ke Indonesia. Ada keinginan untuk kembali bela Merah Putih, karena saya juga masih WNI kan. Paspor juga masih Indonesia," ujarnya saat diwawancarai secara langsung oleh awak INDOSPORT, Kamis (05/03/20).

Baca Juga

"Iya, ada omongan mau diperpanjang, tapi saya bilang mau pikir-pikir dulu. Mau balik ke Indonesia, kangen banget soalnya," sambungnya.

Kendati demikian, saat ditanyai adakah dari pihak PBSI yang menghubunginya untuk kembali gabung ke bulutangkis Indonesia, dirinya mengaku belum ada.

"Dari PBSI sendiri belum ada omongan juga sih," tutupnya.

Baca Juga

Saat ini, Ade Resky tengah mengikuti berbagai turnamen bulutangkis internasional. Terakhir, ia membela panji Azerbaijan di Jamaica International 2020. Sayang, ia harus terhenti di perempatfinal usai takluk dari wakil Jepang.


2. Profil Ade Resky Dwicahyo

Pebulutangkis Indonesia, Ade Resky Dwicahyo

Sempat membela Timnas Bulutangkis Indonesia, pebulu tangkis tunggal putra Ade Resky Dwicahyo kini tampil membela Timnas Bulutangkis Azerbaijan. Pebulutangkis Ade Resky Dwicahyo merupakan pemain kelahiran Kendari, 14 Mei 1998. 

Pebulu tangkis 21 tahun ini diketahui sempat membela Timnas Bulutangkis Indonesia di dua turnamen beregu yakni Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2016 lalu.

Namun di turnamen Kejuaraan Asia Junior 2016, Timnas Bulutangkis Indonesia yang diperkuat Ade Resky Dwicahyo kalah di perempatfinal dari tim Korea Selatan sehingga tak mendapatkan medali apapun.

Demikian pula di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2016, Timnas Bulutangkis Indonesia juga gagal meraih medali setelah terhenti di babak perempat final dan tak berhasil melaju ke babak semifinal.

Dua turnamen tersebut menjadi turnamen terakhir pebulu tangkis Ade Resky Dwicahyo bersama Timnas Bulutangkis Indonesia, karena setelah itu ia memilih membela tim Azerbaijan.

Baca Selengkapnya: Profil Ade Resky Dwicahyo, Eks Indonesia yang Kini Bermain untuk Azerbaijan

Ade Resky DwicahyoBulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2022

Berita Terkini