x

Japan Open, Masa-Masa Gemilang Kevin/Marcus Rajanya Ganda Putra 3 Kali Beruntun

Jumat, 22 Juli 2022 15:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pernah berjaya di tiga edisi Japan Open. Foto: Shi Tang/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali tiga edisi turnamen bulutangkis Japan Open yang jadi panggung Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sebagai rajanya ganda putra.

Seperti diketahui, gelaran Japan Open 2022 akan segera digelar dalam hitungan hari, yang belakangan juga santer diguncang isu peningkatan kasus Covid-19.

Baca Juga

Dilansir dari Kyodo News, kasus Covid-19 harian di Jepang kabarnya mencapai lebih dari 180 ribu pada Kamis (21/07/22) kemarin, dan disebut sebagai gelombang ketujuh di Negara Sakura tersebut.

Seperti telah diwartakan INDOSPORT.com sebelumnya, rekor jumlah kasus harian ini dilaporkan di Jepang di Prefektur Kanagawa, Aichi, Osaka, Hyogo, dan Okinawa.

Sementara itu, ibu kota Jepang yakni Tokyo memastikan ada 20.401 kasus baru.

Baca Juga

Kenaikan kasus Covid-19 di Jepang terjadi jelang liburan musim panas, karena diprediksi banyak orang melakuka perjalanan mulai akhir Juli hingga Agustus.

Situasi yang melibatkan Covid-19 memang membuat nyaris seluruh sektor kehidupan jatuh bangun dan harus memutar otak demi keselamatan bersama.

Sektor olahraga pun tidak luput dari ancaman Covid-19 yang telah melanda dunia sejak dua sampai tiga tahun terakhir.

Baca Juga

Kini, para penggemar bulutangkis tentu berharap turnamen Japan Open 2022 tidak akan terpengaruh, begitu pula BWF World Championship (BWC) 2022 yang digelar pada bulan yang sama, Agustus.

Terlebih, khusus Japan Open, pelaksanaannya sudah dua kali ditiadakan karena pandemi Covid-19 (2020-2021).


1. Sepak Terjang Kevin/Marcus di Japan Open

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pernah berjaya di tiga edisi Japan Open. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Berbicara tentang Japan Open, nampaknya tidak lengkap jika tidak membahas Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang pernah begitu berjaya di ajang ini selama tiga tahun terakhir.

Japan Open 2017

Digelar di  Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Japan Open 2017 adalah seri pertama yang sukses dimenangkan Kevin/Marcus dari tiga gelar yang mereka raih hingga 2019.

Baca Juga

Kevin/Marcus berjumpa pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, di putaran pertama, yang berakhir dengan kemenangan 21-17, 21-15.

Hasil itu pun membawa wakil Indonesia ke putaran selanjutnya untuk berhadapan dengan ganda putra Jepang.

Adalah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang jadi lawan Kevin/Marcus selanjutnya. Kali ini, perlawanan Minions sedikit lebih berat lantaran harus bermain tiga set.

Baca Juga

Namun untungnya hadangan menuju tangga juara lagi-lagi bisa mereka lalui hingga berjumpa Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di perempat final.

Dan wakil asal Denmark tersebut ternyata juga tidak mampu menjegal laju Kevin/Marcus yang melaju sampai semifinal.

Mudah saja, Mathias Boe/Carsten Mogensen pun berhasil ditekuk dua set saja, 21-15, 21-14.

Baca Juga

Tiket ke final JapanOpen 2017 akhirnya dalam genggaman.

Di partai puncak, Kevin/Marcus berjumpa ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, yang berhasil mereka taklukkan dengan skor 21-12, 21-15.


2. Japan Open 2018 dan 2019

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pernah berjaya di tiga edisi Japan Open. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Japan Open 2018

Berstatus unggulan pertama, Kevin/Marcus tampil sedikit terseok-seok di final Japan Open edisi kali ini, karena harus dua kali melawan pasangan China di semifinal dan final.

Sebelum berjumpa lawan berat di dua partai teratas tersebut, Kevin/Marcus harus melewati sejumlah hadangan, mulai dari pasangan Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov hingga perang saudara di putaran kedua.

Baca Juga

Adalah Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang menjadi musuh Kevin/Marcus di perang saudara Japan Open 2018, yang akhirnya berhasil ditumbangkan 21-13, 21-17.

Kemudian di perempat final, Kevin/Marcus menuntaskan pasangan Jelle Maas/Robin Tabeling dari Belanda. Lalu di semifinal berjumpa He Jiting/Tan Qiang.

Bermain tiga set dan sempat memimpin di awal, ganda putra kebanggaan Indonesia tersebut akhirnya memenangkan pertandingan atas He/Tan 21-16, 14-21, 21-13.

Baca Juga

Di final, mereka kembali berhadapan dengan China yang kali ini diwakili oleh Li Junhui/Liu Yuchen. Kevin/Marcus tampil sebagai pemenang, 21-11, 21-13.

Japan Open 2019

Mungkin final yang paling diingat oleh para penikmat bulutangkis Tanah Air karena pada edisi inilah Kevin/Marcus berjuma rekan senegara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pada waktu itu, Minions menang dua set atas The Daddies dengan skor 21-18, 23-21, di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo.

Baca Juga

Untuk bisa menghempas Ahsan/Hendra dari Japan Open 2019, Kevin/Marcus harus terlebih dahulu melewati hadangan Li Junhui/Liu Yuchen di semifinal.

Sebelumnya, mereka juga berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dan He Jiting/Tan Qiang.

Japan Open Super SeriesMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini