x

Pembuatannya Butuh Sayembara! Ini Makna Trofi Keren Piala Presiden Bulu Tangkis 2022

Selasa, 26 Juli 2022 05:09 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
PBSI tidak setengah-setengah dalam menggelar Piala Presiden Bulu Tangkis 2022 usai memilih trofi dengan cara melakukan sayembara. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COM - PP PBSI dipastikan akan menggelar Piala Presiden 2022 mulai 1-6 Agustus 2022 mendatang.

Semua persiapan digodok dengan matang termasuk penyediaan trofi juara yang pemilihannya dilakukan lewat sayembara.

Baca Juga

PBSI mengadakan lomba desain Piala Presiden untuk menentukan trofi terbaik. Nantinya hadiah tersebut akan diperebutkan tim-tim Pengprov.

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, menjelaskan ada 80 desain yang masuk dan mereka terima dalam proses sayembara.

Sampai akhirnya trofi karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab terpilih dan hasilnya akan dipergunakan langsung di Piala Presiden bulu tangkis pertama di Indonesia.

Baca Juga

Trofi tersebut memiliki lebar 25 cm dan tinggi 50 cm. Terdapat empat bagian, dengan bagian depat tertulis Piala Presiden Republik Indonesia.

Sedangkan bentuk dasar alas terinspirasi dari tugu pancasila, yang dipadukan dengan peta Indonesia yang terukir dengan rapi.

Baca Juga

Hal ini melambangkan negara Indonesia sebagai tempat yang memiliki banyak budaya dan suku alias penuh keberagaman.

Lambang burung garuda juga terpampang di Piala Presiden, menggambarkan kebajikan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan kedisiplinan Indonesia. Tidak ketinggalan ada juga terdapat pola candi dan shuttlecock yang kian menguatkan aroma lokal dan olahraga badminton.


1. Kaya Makna

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna. Foto: Humas PP PBSI

Tidak main-main, trofi tersebut dipilih karena punya banyak filosofi di dalamnya yang sesuai dengan visi dan misi PBSI selaku federasi bulu tangkis tanah air.

Diharapkan Piala Presiden akan membantu olahraga bulu tangkis menjadi alat pemersatu bangsa dan pada akhirnya akan membuahkan prestasi yang lebih besar.

Baca Juga

Piala Presiden sendiri adalah ajang kompetisi kelompok umur sehingga wajar jika PBSI sangat ingin menanamkan banyak nilai luhur dalam penyelenggaraannya agar karakter atlet tepok bulu dalam negeri semakin baik.

"Saya ingin sampaikan keseriusan kami menyelenggarakan Piala Presiden bahwa kejuaraan ini, pialanya kami sayembarakan desainnya dan diikuti 80 peserta dari Indonesia, dan yang menang dari sayembara ini adalah yang desain pialanya sudah jadi ini," kata Agung dalam jumpa persnya di Pelatnas PBSI pada Senin (25/07/2022) lalu.

Baca Juga

"Ini jadi simbol persatuan kita dan kami berharap olahraga ini bukan hanya olahraga yang membanggakan, tapi di sini seluruh perbedaan bisa menghilang. Orang bicara bulutangkis, orang bicara Indonesia, bangsa yang bersatu," ujarnya menambahkan.

Berdasarkan data pendaftaran yang sudah ditutup tanggal 19 Juli lalu, total peserta Piala Presiden mencapai 633 atlet yang berasal dari 30 provinsi Indonesia.

Baca Juga

Piala Presiden 2022 total menyelenggarakan 11 kategori, yakni tunggal putra-putri anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran (U-17).

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing-masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.


2. Chen Long Absen di Kejuaran Dunia

Chen Long.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang akan dihelat Agustus 2022 mendatang mengembuskan kabar bahwa pebulutangkis China, Chen Long ‘dipaksa’ mundur dan digantikan oleh Shi Yuqi.

Sebelumnya, Chen Long sudah menerima undangan ketika dia mendaftar untuk Kejuaran Dunia pertama di paruh pertama tahun ini.

Namun, dilansir dari Sohu, setelah beberapa saat, nama Chen Long tiba-tiba menghilang dan kemudian digantikan oleh nama Shi Yuqi. P

erubahan tersebut tentu menimbulkan tanda tanya dan kegemparan bagi beberapa media. Pertama-tama, Shi Yuqi sendiri memiliki kekuatan yang bagus dan telah banyak menarik perhatian bagi media asing.

Kedua, kekuatan Chen Long saat ini sejatinya masih menjadi yang teratas di ranah bulutangkis dunia. Chen Long juga mengatakan bahwa ia akan berpartisipasi di Asian Games sebelumnya. Namun, ia tiba-tiba memutuskan mundur dari Kejuaraan Dunia.

Baca selengkapnya: Kasih Jatah ke Shi Yuqi, Chen Long 'Dipaksa' Mundur dari Kejuaraan Dunia 2022?

PBSIBulutangkisPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini