x

Tak Kalah dengan Sepak Bola, PBSI Gelar Kejuaraan Piala Presiden 2022 untuk Pertama Kali

Senin, 25 Juli 2022 15:30 WIB
Penulis: Herry Ibrahim | Editor: Isman Fadil
Acara jumpa pers Kejuaraan Piala Presiden 2022 di Pelatnas PBSI Cipayung, Senin (25/07/22).

INDOSPORT.COM - Tidak kalah dengan olahraga sepak bola, kini turnamen Piala Presiden akan merambah ke cabang bulutangkis.

Untuk pertama kali dalam sejarah, PBSI akan menggelar kejuaraan bulutangkis bergengsi Tanah Air yang akan memperebutkan Piala Presiden RI tahun 2022.

Baca Juga

Kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 yang baru kali pertama digelar tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 1-6 Agustus mendatang di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur.

" Ini merupakan sejarah baru di Indonesia. Di mana digelar sebuah kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia."

"Upaya PP PBSI untuk memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud, " ungkap Ketua Umum PBSI, Agung dalam jumpa pers Piala Presiden 2022 di Pelatnas Cipayung.

Baca Juga

Dalam visi-misi kepengurusan PBSI masa bakti 2020-2024, pengurus memang berambisi untuk menggelar sebuah kejuaraan bertitle Piala Presiden.

Lewat perjuangan keras dan didukung banyak pihak, kejuaraan bulutangkis bergengsi ini akan bisa segera terselenggarakan.

"Bulutangkis dengan prestasi membanggakan, belum pernah sekalipun menggelar Piala Presiden. "

"Di kepengurusan saya, kita ingin menggelar Piala Presiden secara ruti. Dan Alhamdulillag kita diberikan kesempatan mulai tahun ini, " jelas Agung.

Baca Juga

Acara jumpa pers ini juga hadir direktur PT Adari Energy Indonesia, Julius Aslan, dari PWC Lok Budianto, dari Flypower Hariyanto Arbi dan perwakilan atker Anthony Gintint dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia.


1. Dukungan Presiden

Acara jumpa pers Kejuaraan Piala Presiden 2022 di Pelatnas PBSI Cipayung, Senin (25/07/22).

Dijelaskan oleh PBSI, proses untuk mengadakan kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 ini cukup kompleks.

Mereka menegaskan sangat terbantu oleh bantuan Maruar Sirait selaku Ketua Steering Committee.

Seperti diketahui nama Maruar Sirait sudah tidak asing lagi sebagai sosok yang sukses menggelar Piala Presiden untuk cabang olahraga Sepak Bola maupun Basket.

"Namun berkat dibantu Bapak Maruar Sirait sebagai Ketua Steering Comitte sehingga bisa berjalan lancar, " ujar Agung.

Menurut ketua panitia pelaksana, Armand Dharmadji, berdasarkan pendaftaran yang sudah ditutup tanggal 19 Juli lalu, total peserta mencapai 633 atlet yang berasal dari 30 provinsi Indonesia.

Piala Presiden 2022 total mempertandingkan 11 nomor, yakni tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing-masing.

Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Tak lupa, pihak PBSI mengucapkan rasa terimakasih setinggi-tingganya kepada Presiden RI Joko Widodo dan kepada sponsor utama segingga kejuaraan ini dapat berlangsung.

"Terimakasih dan apresisasi setinggi-tingginya  kami haturkan kepada bapak Presiden Jokowi. Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia Tbk sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022," sebut Agung.


2. Bibit Masa Depan

Acara jumpa pers Kejuaraan Piala Presiden 2022 di Pelatnas PBSI Cipayung, Senin (25/07/22).

Selain itu PBSI menjelaskan, ajang Piala Presiden 2022 ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit masa depan bulutangkis Indonesia.

Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supermasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia.

Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bulan Agustus mendatang.

Demi suksesnya kejuaraan ini juga, panitia telah menggelar sayembara desain Piala Presiden yang diikuti sebanyak 130 karya.

Akhirnya terpilih karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab. Pembuatan Piala pun dilakukan oleh karya anak bangsa di Bandung.
 

PBSIBulutangkisBerita BulutangkisPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini