x

Prediksi Peringkat Ganda Putri Usai Unfreeze Ranking BWF: Apriyani/Fadia dan Ana/Tiwi Melesat!

Senin, 25 Juli 2022 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah prediksi ranking bulutangkis ganda putri usai BWF mencabut aturan pembekuan (freeze) ranking pada 2 Agustus 2022 mendatang. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Berikut adalah prediksi ranking bulutangkis ganda putri usai BWF mencabut aturan pembekuan (freeze) ranking pada 2 Agustus 2022 mendatang.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi akan mencairkan ranking bulutangkis dunia (unfreeze) pada awal bulan Agustus, setelah pembekuan beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Artinya, jika unfreeze tersebut terlaksana, maka empat minggu poin ranking BWF sejak minggu ke 12 tahun 2019 akan dihapuskan.

Apabila BWF benar-benar melakukan pencairan poin ranking BWF (unfreeze), maka akan terlihat geliat di sektor ganda putri Indonesia, besutan pelatih Eng Hian.

Melansir dari Badminton Eropa, jika pencairan poin ranking BWF terjadi, maka pasangan anyar, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan masuk papan atas.

Baca Juga

Demikian pula dengan ganda putri andalan Indonesia lainnya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga akan melesat.

Prediksi peringkat ini dihitung berdasarkan penampilan para atlet bulutangkis sejak Olimpiade Tokyo 2020 sampai turnamen terakhir, yakni Chinese Taipei Open 2022.

Di sisi lain, ketika memutuskan pensiun dari bulutangkis pada bulan Juni lalu, maka poin Greysia Polii akan dihapus dan ranking yang sudah ia raih di Top 5 juga akan disingkirkan.

Baca Juga

Namun jangan khawatir, karena perjalanan Apriyani Rahayu masih berlanjut. Ia bahkan menjadi ancaman serius di sektor tunggal putri, dan kini melesat ke posisi 25 besar.


1. Apriyani/Fadia Kuda Hitam, Hati-hati Ana/Tiwi

Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma. Foto: PBSI

Peringkat pertama sektor ganda putri dunia akan dihuni oleh Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang), disusul Chen Qin Cheng/Jia Yi Fan (Korea Selatan) di peringkat kedua.

Korea Selatan masih mendominasi di papan atas, karena ada Kim So Yeong/Kong Hee Yong di peringkat keempat, dan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong di peringkat keenam.

Baca Juga

Hal yang cukup mengejutkan, duo ganda putri Thailand, Jongkolphan Kithitarakul/Rawinda Prajongjai termasuk dalam Top 5.

Sementara wakil Indonesia, pemain yang baru dipasangkan, yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti melesat ke posisi 23 BWF ranking selepas unfreeze.

Hasil ini mereka dapat setelah konsisten bermain di lima turnamen terakhir, Apriyani/Siti Fadia berhasil melaju ke final sebanyak tiga kali, dan dua di antaranya berhasil juara.

Baca Juga

Apriyani/Siti Fadia berhasil menjuarai ajang Malaysia Open 2022 dan Singapore Open 2022, juga runner-up di Indonesia Masters 2022, dalam waktu tak lebih dari dua bulan.

Geliat peningkatan persaingan ganda putri juga terasa dari pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, sehingga mereka layak menembus posisi 25 besar.

Baca Juga

Pasangan yang akrab disapa Ana/Tiwi itu baru-baru ini berhasil menembus babak perempat final Singapore Open 2022.

Namun, Ana/Tiwi masih harus berjuang karena setiap kali posisi mereka bisa saja diambil alih oleh pasangan lainnya, sebab persaingan di ganda putri begitu ketat.


2. Jadawl Turnamen Bulutangkis Terdekat

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juara Singapore Open 2022, Minggu (17/07/22). Foto: PBSI

Setelah ini, Indonesia akan berjuang di BWF World Championship 2022. Kejuaraan Dunia Bulutangkis ini akan dilangsungkan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 21-28 Agustus 2022.

Jepang juga akan menjadi tuan rumah turnamen Japan Open 2022 di Osaka, pada 30 Agustus hingga 4 September 2022 nanti.

Berikut adalah jadwal turnamen bulutangkis terdekat.

22-28 Agustus 2022
BWF World Championship 2022

30 Agustus - 4 September 2022
Japan Open 2022 - Osaka

18-23 Oktober 2022
Denmark Open 2022

25-30 Oktober 2022
French Open 2022

Apriyani RahayuBulutangkisBerita BulutangkisAmalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji KusumaApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiSiti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini