x

Pertama Kali Ikut Commonwealth Games, 'Bocah' Penakluk Anthony Ginting Antusias Bukan Main

Rabu, 27 Juli 2022 15:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
‘Bocah’ ajaib penakluk Anthony Ginting asal India, Lakshya Sen, sangat antusias untuk pertama kalinya berpartisipasi di pesta olahraga Commonwealth Games 2022.

INDOSPORT.COM – ‘Bocah’ ajaib penakluk Anthony Ginting asal India,  Lakshya Sen, sangat antusias untuk pertama kalinya berpartisipasi di pesta olahraga Commonwealth Games 2022.

Sekedar informasi, Commonwealth Games adalah pesta olahraga yang diperuntukkan negara-negara anggota persemakmuran Inggris.

Baca Juga

Secara keseluruhan, ajang Comonwealth Games 2022 akan diadakan di Birmingham, Inggris, pada 28 Juli-8 Agustus 2022.

Beberapa negara adidaya bulutangkis pun mengirimkan wakilnya untuk bertanding di event ini. Seperti halnya Malaysia, Singapura, India dan bahkan Inggris.

Sebagai negara bertabur bintang di sektot bulutangkis, India menjadi salah satu  yang paling berkesempatan untuk memborong medali.

Baca Juga

Terlebih, akhir-akhir ini India mengalami kemajuan pesat, termasuk  kemenangan tim putra mereka untuk mencetak sejarah meraih trofi Piala Thomas untuk pertama kalinya.

Nama-nama seperti Lakshya Sen hingga Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menajdi musuh besar bagi para rival dalam merebut medali emas Commonwealth Games 2022.

Dilansir dari laman Aninews, tunggal putra ranking 10 dunia rival Anthony Ginting itu  memiliki antusias cukup tinggi untuk menyambut Commonwealth Games pertama yang diikutinya.

Baca Juga

“Saya merasa senang menjadi bagian dari Commonwealth Games 2022. Saya telah melihat di masa lalu bagaimana Commonwealth Games, dan betapa pentingnya itu bagi India,” ucap Lakhsya Sen.

“Saya sangat menantikan untuk memainkan  Commonwealth Games pertama saya. Sesi latihan di sini berjalan baik. Jadi saya sangat percaya diri,” sambungnya.


1. Rekam Jejak Lakhsya Sen Jelang Commonwealth Games

Lakshya Sen sejatinya punya modal apik untuk menghadapi Commonwealth Game. Apalagi grafik penampilannya sepanjang 2021-2022 cukup menanjak.

Lakshya Sen sejatinya punya modal apik untuk menghadapi Commonwealth Game. Apalagi grafik penampilannya sepanjang 2021-2022  cukup menanjak.

Dimulai saat dia menjadi runner up Dutch Open 2021, juara India Open 2022, runner up German Open 2022, hingga runner up All England 2022.

Baca Juga

Kemudian Lakshya Sen juga menjadi salah satu penentu kemenangan India untuk menyabet gelar juara di ajang Piala Thomas 2022.

Saat itu, Lakhsya Sen yang masih berusia 20 tahun, sukses menjadi tulang punggung negaranya sebagai ‘kuda hitam’ yang melesat hingga partai final.

Puncaknya, Lakhsya Sen sukses menaklukkan Anthony Sinsiuka Ginting, 8-21, 21-17, 21-16, di partai pertama atas Indonesia di final Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Kemenangan itu tak hanya memperlebar head to headnya menjadi 2-0 atas Anthony Ginting, tetapi juga memacu semangat Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Srikanth Kidambi di partai penentu.

Sayangnya, comeback Lakshya Sen pasca Piala Thomas 2022 pun terbilang kurang mulus. Dia bahkan harus tersingkir di perempat fial Indonesia Masters 2022 dan kandas di babak pertama Indonesia Open 2022.

Lantas Lakshya memutuskan rehat dalam tur ASEAN setelahnya, dimulai dari Malaysia Open 2022, Malaysia Masters 2022, hingga Singapore Open 2022.

Baca Juga

Untuk itulah, ajang Commonwealth Games 2022 ini menjadi comeback yang tepat bagi Lakshya Sen untuk kembali mencetak sejarah bagi India.

Apalagi dia berpeluang besar untuk ‘saling bunuh’ dengan atlet sesama India selama perhelatan Commonwealth Games 2022.

“Kami pertama-tama fokus pada acara sekarang dan nanti pada individu. Kami mungkin akan berhadapan di semifinal atau final,” pungkas Lakhsya Sen.


2. Indonesia Tidak Ikut Commonwealth Games 2022

Berbeda dengan Malaysia atau India, negara Indonesia dipastikan absen dari Commonwealth Games karena bukan bagian dari Persemakmuran Inggris.

Berbeda dengan Malaysia atau India, negara Indonesia dipastikan absen dari Commonwealth Games karena bukan bagian dari Persemakmuran Inggris.

Meski tanpa wakil Indonesia, namun Badminton Lovers tetap bisa menikmati acara bulutangkis di Commonwealth Games 2022. Pasalnya, sejumlah pemain top dunia dipastikan ambil bagian.

Malaysia, misalnya, diperkuat sejumlah pemain top seperti ganda putra no. 6 dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang sejauh ini masih nirgelar sejak memenangkan medali perunggu Olimpiade Tokyo.

Kemudian ada Lakhsya Sen, sang penakluk Anthony Ginting yang bakal unjuk gigi di Commonewalth Games pertamanya sepanjang berkarier.

Baca selengkapnya: Commonwealth Games Digelar usai Taipei Open tapi Indonesia Tak Ikut, Ini Alasannya

 

Commonwealth GamesAnthony Sinisuka GintingAnthony GintingBulutangkisBerita BulutangkisLakshya Sen

Berita Terkini