x

Piala Presiden Bulutangkis 2022 Resmi Bergulir, 30 Provinsi Kirimkan Atlet Terbaik

Senin, 1 Agustus 2022 16:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Turnamen bulutangkis bertajuk Piala Presiden 2022 akhirnya resmi bergulir, usai dibuka pada hari Senin (1/8/22) siang di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, mewakili Presiden Republik Indonesia membuka turnamen yang baru pertama kali digelar sepanjang sejarah bulutangkis Indonesia itu.

Baca Juga

Acara pembukaan diawali dengan Paskibra membawa tiga bendera ke arena, bendera Merah-Putih, KONI dan PBSI, dilanjutkan dengan penampilan tarian khas Betawi.

Kemudian, acara pembukaan dimeriahkan dengan parade defile perwakilan atlet dari 30 provinsi dengan balutan pakaian adat.

Menpora Zainudin Amali mengaku terharu, karena bulutangkis terus mencari jalan agar meraih prestasi berkelanjutan. Ia kemudian menuturkan target jangka panjang Indonesia.

Baca Juga

"Syukur alhamdulillah pada hari ini kita dapat menggelar kejuaraan nasional Piala Presiden 2022," ungkap Zainudin Amali.

"Saya mengapresiasi digelarnya turnamen ini, dan juga saya sampaikan salam hangat dari pak Presiden kepada PBSI dan para peserta atas terselenggaranya kegiatan ini."

"Mudah-mudahan dari kegiatan ini dapat terjaring talenta-talenta dari berbagai provinsi yang untuk mengisi tim nasional bulutangkis Indonesia, putra maupun putri."

Baca Juga

"Target kita, pada saat peringatan seratus tahun Indonesia merdeka, 2045 Insya Allah, atau pada penyelenggaraan Olimpiade 2044, Indonesia di peringkat lima dunia."

"Dan bulutangkis akan menjadi andalan utama untuk mewujudkan mimpi itu," ungkap Menpora Zainudin Amali lagi.


1. Dedikasi Bulutangkis untuk Indonesia

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Sementara itu, Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasi pada Presiden Joko Widodo atas izin yang diberikan untuk menggelar Piala Presiden.

Sepanjang sejarah bulutangkis Indonesia, Piala Presiden baru pertama kali digelar di tahun 2022, dan merangkul ratusan peserta yang datang dari 30 provinsi di Tanah Air.

Baca Juga

"Bulutangkis telah menjadi bagian penting dalam hidup kita, telah menjadi budaya kita. Olahraga yang prestasinya membanggakan.

"Tetapi dalam 71 tahun sejarah bulutangkis Indonesia belum pernah menyelenggarakan satu kejuaraan yang menjadi pengakuan eksistensi secara nasional," kata Agung.

"Tujuan kami menggelar kejuaraan ini tidak hanya menjaring talenta-talenta terbaik dan melakukan pembinaan usia dini, tetapi juga sekaligus menyambut HUT RI ke-77."

Baca Juga

"Dan kita harapkan bulutangkis menjadi salah satu olahraga yang dapat menjadi alat pemersatu bangsa," tambah Agung.

Sekadar informasi, Piala Presiden 2022 berlangsung pada tanggal 1-6 Agustus di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur.

Piala Presiden 2022 diikuti oleh 606 atlet dari 30 provinsi, yang terbagi dalam tiga kelompok usia dan ada sebelas sektor.

Baca Juga

Kelompok yang dipertandingkan mulai dari anak-anak U-13 (tunggal putra dan tunggal putri) dan pemula U-15 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri).

Tak lupa, Piala Presiden 2022 juga dibuka untuk kelompok remaja U-17 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran).


2. Daftar Peserta Piala Presiden 2022:

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Berikut adalah daftar jumlah peserta Piala Presiden 2022 berdasar kontingen provinsi.

Bali: 14 atlet
Banten: 29 atlet
Bengkulu: 5 atlet
D.I. Yogyakarta: 26 atlet
DKI Jakarta: 71 atlet
Gorontalo: 10 atlet
Jambi: 24 atlet
Jawa Barat: 66 atlet
Jawa Tengah: 66 atlet
Jawa Timur: 61 atlet
Kalimantan Barat: 14 atlet
Kalimantan Selatan: 16 atlet
Kalimantan Tengah: 5 atlet
Kalimantan Timur: 29 atlet
Kalimantan Utara: 2 atlet
Bangka Belitung: 9 atlet
Kepulauan Riau: 12 atlet
Lampung: 8 atlet
Aceh: 4 atlet
Nusa Tenggara Barat: 12 atlet
Papua: 11 atlet
Riau: 23 atlet
Sulawesi Barat: 11 atlet
Sulawesi Selatan: 13 atlet
Sulawesi Tengah: 10 atlet
Sulawesi Tenggara: 13 atlet
Sulawesi Utara: 11 atlet
Sumatera Barat: 12 atlet
Sumatera Selatan: 12 atlet
Sumatera Utara: 18 atlet

MenporaBulutangkisZainuddin AmaliZainudin AmaliBerita BulutangkisAgung Firman SampurnaPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini