x

Ditemani Si Tampan Bao Chunlai, Begini Kabar Paduka Li Yongbo

Selasa, 2 Agustus 2022 18:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jarang tersorot usai mundur dari jabatan sebagai Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), begini kabar Paduka Li Yongbo yang muncul dengan Bao Chunlai.

INDOSPORT.COM – Jarang tersorot usai mundur dari jabatan sebagai Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), begini kabar Paduka Li Yongbo yang muncul dengan Bao Chunlai.

Sekadar informasi, Li Yongbo adalah sosok sentral dalam dominasi China hingga periode 2017. Tangan dinginnya mampu mencetak pemain-pemain dengan skill menakjubkan di panggung dunia.

Baca Juga

Total, Li Yongbo membawa China memenangkan 18 medali olimpiade emas, 10 Piala Sudirman, 9 Piala Uber, dan 5 Piala Thomas. Lebih dari 90 gelar telah dia cetak.

Sayangnya, pada 2017,  pelatih yang terkenal galak ini, terpaksa mengakhiri 24 tahun kariernya setelah membawa China meraup dua emas dan satu perunggu Olimpiade Rio 2016.

Dilansir dari Tengxun Sport, Li Yongbo secara terang-terangan mengaku bahwa alasannya mundur dari jabatan karena sudah merasa lelah dengan situasi yang ada.

Baca Juga

Selain itu, Li Yongbo juga ingin memberikan kesempatan kepada para generasi muda untuk memimpin Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Usai mundur dari jabatannya, Li Yongbo diketahui telah ditarik ke dalam Komite Olimpiade China untuk melatih bakat-bakat muda dan sebagai konsultan persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Setelah lama tak ada kabarnya, lalu Li Yongbo sempat diberitakan menjadi pengusaha durian jenis Musang King di perkebunannya di Kelantan, Malaysia.

Baca Juga

Namun Paduka Li Yongbo rupanya tak bisa jauh-jauh dari bulutangkis karena dia juga resmi membuka klub yang diberi nama Liaoning Li Yongbo International Badminton Club.

Pembukaan klub bulutangkis ini juga dimeriahkan sejumlah legenda China seperti Lin Dan, Bao Chunlai, dan Zhang Ning pada 12 Desember 2020 lalu.

Kini beberapa waktu setelah  klub itu berdiri, Li Yongbo diketahui membuat sebuah turnamen bulutangkis amatir yang turut dihadiri legenda  Bao Chunlai hingga Du Jing.


1. Tampil Bersama Bao Chunlai

Li Yongbo mengadakan sebuah turnamen amatir bertajuk “Kejuaraan Bulutangkis Amatir Global Li Yongbo.

Dilansir dari media China Sohu, Li Yongbo mengadakan sebuah turnamen amatir bertajuk “Kejuaraan Bulutangkis Amatir Global Li Yongbo".

Kejuaraan itu diadakan untuk menyediakan wadah bagi para pebulu tangkis China di antara geliat pengendalian pandemi Covid-19 yang masih jadi perhatian utama di negara tersebut.

Baca Juga

Turnamen ini mencakup lima sektor yang terdiri dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda pturi, dan ganda campuran.

Semua peserta turnamen itu dibagi menjadi 10 grup sesuai umur, di bawah sponsor Li Ning Sports Park di nannging, China.

Acara bulutangkis eksebisi itu diselenggarakan oleh Federasi Olahraga nanning, Beijing Longju Sports Coo, dan Aossiasi Bulutangkis Nanning.

Baca Juga

Kejuaraan bulutangkis yang diadakan beberapa saat itu pun seolah sudah cukup mengobati rindu penggemar kepada sosok Li Yongbo.

Apalagi dia muncul bersama mantan pebulu tangkis tampan Bao Chunlai yang diketahui akhir-akhir ini lebih aktif menjadi seorang aktor China.

Tak main-main, beragam film telah dibintanginya seperti Soul Transfer Station (2012), Full Strike (2015), The Match (2016), Boonie Bears 4 (2017) dan Confidant (2019).

Baca Juga

Namun apapun kegiatan Li Yongbo hingga Bao Chunlai saat ini, tentunya tetap sama untuk membawa China tetap sebagai role model bulutangkis dunia.

Karena  bagaimanapun, mereka adalah nama-nama legenda bulutangkis yang mampu membawa sumbangsih positif di negeri Tirai Bambu itu.


2. Legenda Cai Yun Ketiban Sial

Cai Yun diketahui sedang ketiban sial lantaran terpapar cedera Achilles di laga eksebisi bulutangkis.

Selain Li Yongbo hingga Bao Chunlai, nama lain yang disebut sebagai legenda bulutangkis China adalah Cai Yun. Meski sudah pensiun pada 2016 lalu, Cai Yun memang dikenal cukup kritis dalam mengikuti perkembangan bulutangkis.

Beberapa waktu lalu, Cai Yun secara terang-terangan sempat mengutarakan betapa dia mengagumi regenerasi dan dominasi ganda putra Indonesia.

Dalam pernyataan lain, Cai Yun justru mengkritik pedas bagaimana macetnya gelar ganda putra China sejak berpisahnya peraih perak Olimpiade Tokyo 2020, Li Junhui/Liu Yu Chen.

Kini, beberapa waktu setelah pernyataannya viral di berbagai media China, Cai Yun justru diketahui sedang ketiban sial lantaran terpapar cedera Achilles di laga eksebisi bulutangkis.

Baca selengkapnya:Pernah Umbar Resep Rusak Dominasi Ganda Putra Indonesia, Cai Yun Kini Malah Ketiban Sial

 

ChinaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Li YongboBao Chunlai

Berita Terkini