x

Lakshya Sen Diam-Diam Menghanyutkan, Telan Banyak 'Korban' Termasuk Anthony Ginting

Selasa, 9 Agustus 2022 16:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lakshya Sen sudah kalahkan banyak pemain hebat tahun ini. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sepak terjang Lakshya Sen sebagai tunggal putra bulutangkis India nampak diam-diam menghanyutkan, bahkan Anthony Ginting pernah jadi korbannya.

Nama Lakshya Sen belakangan ini memang menjadi buah bibir di kalangan penikmat bulutangkis usai tampil cemerlang di Commonwealth Games 2022.

Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, medali emas berhasil dibawanya pulang setelah menekuk wakil Malaysia, Ng Tze Yong, lewat pertandingan sengit tiga gim.

Padahal, Ng Tze Yong adalah lawan yang tidak dapat dipandang remeh karena berhasil menggebuk para unggulan di Commonwealth Games 2022.

Sebut saja Loh Kean Yew dan Srikanth Kidambi. Namun sayang, tren positifnya itu ternyata tidak mempan saat melawan Lakshya Sen.

Baca Juga

India memang jadi peraih medali yang berjaya di Commonwealth Games 2022 dengan raihan medali mereka.

Sebagai negara bertabur bintang di sektor bulutangkis, India tampil sebagai juara umum dengan total 6 medali yang terdiri dari 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Selain itu, India juga panen medali emas untuk kategori individu, masing-masing melalui PV Sindhu, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dan Lakshya Sen.

Baca Juga

Tentu ini jadi modal berharga bagi Lakshya Sen sebelum mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 pada 22-28 Agustus mendatang.

Bukan hanya itu, keberhasilannya itu sekaligus menjadi sinyal positif bagi bulutangkis India, terutama sektor tunggal putra mereka.


1. Para 'Korban' Lakshya Sen

Lakshya Sen sudah kalahkan banyak pemain hebat tahun ini. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images.

Saat ini, nama Lakshya Sen memang sedang ramai dibicarakan setelah Commonwealth Games 2022 berakhir.

Namun sebelum itu, ia sudah mencetak banyak hal hebat yang bakal dikenang sepanjang sejarah tahun 2022.

Baca Juga

Taklukkan Juara Dunia

Yang paling mentereng tentu saja gelar juara di turnamen Indian Open 2022 yang digelar pada bulan Januari lalu.  Saat itu, ia menumpas perlawanan wakil Singapura, Loh Kean Yew, di final 24-22, 21-17.

India Open 2022 pada dasarnya panggung yang sangat sempurna bagi Lakshya Sen. Selain berhasil meraih kemenangan pertama di ajang ini, ia juga mendepak Loh Kean Yew yang berstatus juara dunia.

Taklukkan Juara Olimpiade

Setelah juara dunia jadi korban, pemain hebat selanjutnya yang juga dihempas Lakshya Sen adalah juara Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen.

Baca Juga

Peristiwa bersejarah itu terjadi di semifinal German Open 2022 lewat tiga gim sengit 21-13, 12-21, dan 22-20.

Bahkan bisa dibilang, pertandingan melawan Viktor Axelsen ini adalah penampilan terbaiknya pada 2022.

Bukan hanya sebatas kemenangan, Lakshya Sen menunjukkan determinasi yang luar biasa dan setelah tertinggal di gim pertama.

Baca Juga

Ia berhasil bangkit dan pada akhirnya membalikkan kedudukan atas Viktor Axelsen, pemain yang bisa dibilang paling mematikan dan mengerikan di sektor tunggal putra saat ini.

Namun sayangnya, langkah Lakshya Sen di German Open 2022 kemudian terhenti di partai puncak setelah ditekuk tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn.


2. Anthony Ginting Juga Jadi 'Korban'

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Foto: PBSI.

Selain Loh Kewan Yew dan Viktor Axelsen, Anthony Sinisuka Ginting juga tidak ketinggalan merasakan kedahsyatan Lakshya Sen yang diam-diam menghanyutkan ini.

Sebelum menumpas Viktor Axelsen di semifinal German Open 2022, Lakshya Sen harus melewati perlawanan tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, di 16 besar.

Baca Juga

Kemenangan pun berhasil diraih dengan dua gim cepat 21-7, 21-9, dengan durasi pertandingan hanya 34 menit.

Pertemuan keduanya selain di German Open tahun ini juga terjadi di perebutan Piala Thomas antara India dan Indonesia di final.

Lakshya Sen berhasil menekuk Anthony Ginting, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, di final Piala Thomas 8-21, 21-17, 21-16.

Baca Juga

Kemenangannya tersebut turut menyumbang kontribusi besar bagi kesuksesan India memenangkan Piala Thomas untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Taklukkan Juara All England

Tahun ini, Lakshya Sen juga tampil mencolok di All England karena berhasil menaklukkan juara edisi tahun lalu, Lee Zii Jia.

Perjuangannya saat melawan wakil Malaysia ini di semifinal ini pun layak mendapat acungan jempol. Kedudukannya memang sempat disamakan saat gim kedua, namun berhasil menang pada akhirnya.

Baca Juga

Hanya saja di final, ia harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen dan gelar juara All England 2022 yang sudah di depan mata terpaksa melayang begitu saja.

Rezeki di Birmingham

Setelah melalui perjalanan-perjalanan bersejarah tersebut di atas, jerih payah Lakshya Sen akhirnya terbayar lunas dengan medali emas di Commonwealth Games 2022.

Anthony Sinisuka GintingAnthony GintingBulutangkisBerita BulutangkisLakshya Sen

Berita Terkini