x

Kandas di Japan Open, Apriyani/Fadia Ungkap Penyebab Kena Tikung Ganda Putri No. 1 Dunia

Jumat, 2 September 2022 14:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, ungkap penyebab kalah dari pasangan no. 1 dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di Japan Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, mengungkapkan penyebab mereka kalah dari pasangan no. 1 dunia Chen Qingchen/Jia Yi Fan hingga tersingkir dari Japan Open 2022.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menjadi salah satu dari 5 wakil Indonesia, berusaha keras untuk merebut tiket ke babak semifinal Japan Open 2022.

Baca Juga

Berlangsung di Court 1 Maruzen Intec Arena Osaka, Jumat (02/09/22), Apriyani/Fadia menantang Juara Dunia 3 edisi sekaligus unggulan pertama asal China, Chen Qingchen/Jia Yi Fan.

Dalam adu gengsi berdurasi satu jam 22 menit tersebut, Apriyani/Fadia vs Chen Qingchen/Jia Yi Fan saling ngotot sejak set pertama.

Apriyani/Fadia mampu memenangkan set pertama yang berlangsung sangat ketat dengan skor akhir 26-24.

Baca Juga

Namun, Chen Qingchen/Jia Yi Fan tak mau menyerah begitu saja dengan bangkit untuk memastikan kemenangan di set kedua 16-21sekaligus memaksakan rubber game.

Pada set penentuan, Apriyani/Siti Fadia yang nampaknya sudah mulai kehilangan fokus dan energi terpaksa menyerah dengan skor 14-21.

Hasil ini memastikan Apriyani/Siti Fadia gagal melanjutkan langkah mereka ke babak semifinal Japan Open setelah kalah dari Chen Qingchen/Jia Yi Fan dengan skor 26-24, 16-21 dan 14-21.

Baca Juga

Usai pertandingan, Apriyani/Fadia mengaku tidak menyesali kekalahan yang mereka alami dari Chen Qingchen/Jia Yi Fan. Malah, ini jadi pelajaran berharga buat mereka.

“Tidak ada yang perlu disesali dengan hasil ini. Kita tetap bersyukur alhamdulillah. Kita akan belajar dari pertandingan hari ini,” ucap Apriyani dalam keterangan resmi PBSI. 


1. Apriyani/Fadia Kalah Strategi dari Pasangan China

Pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara ganda putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Babak perempat final Japan Open 2022 sendiri jadi pertemuan ketiga antara Apriyani/Fadia dengan Chen/Jia. Namun Apriyani mengakui bahwa pasangan China kali ini jauh lebih siap daripada mereka.

“Ini pertemuan ketiga kita dengan mereka, jadi sudah sama-sama tahu pola permainannya seperti apa,” sambung Fadia.

Baca Juga

“Tapi memang hari ini mereka lebih siap terutama dari arah pengembalian bolanya. Itu menyulitkan kita. Sementara kita kurang konsisten,” tambahnya.

Pada dua pertemuan sebelumnya, Apri/Fadia dan Chen/Jia berbagi kemenangan. Chen/Jia menang di final Daihatsu Indonesia Masters 2022 sementara Apri/Fadia membalasnya di babak perempatfinal Malaysia Open 2022.

“Secara strategi hari ini memang mereka lebih siap dibanding pertemuan sebelumnya di Malaysia Open saat kita menang. Kita menerima kekalahan ini dan selamat buat Chen/Jia,” tambah Apri.

Baca Juga

Kekalahan dari Chen/Jia menjadi bahan evaluasi untuk Apriyani/Fadia, khususnya dalam aspek konsistensi saat sampai di level atas sektor ganda putri.

“Saya dan Fadia sudah tahu level kita ada dimana. Sekarang saatnya untuk menaikkan konsistensi, tenaga tangan dan kaki juga ditingkatkan. Dan yang terpenting bagaimana di kondisi lapangan dan bola lambat seperti ini harus siap main capek dan lama,” jelas Apri.

“Kita juga akan terus belajar, terus berkembang, karena lawan juga pasti dan terus mempelajari pola permainan kita," katanya lagi.

Melansir dari akun Badminton Talk di Twitter, Japan Open 2022 menjadi turnamen kedelapan yang diikuti Apriyani Rahayu/Siti Fadaia Silva Ramadhanti di musim 2022 sejak mereka dipasangkan.

Baca Juga

Dari delapan turnamen tersebut, Apriyani/Sifi Fadia sudah mampu setidaknya tujuh babak perempat final, dengan memenangkan tiga gelar juara.

Bukan hanya itu, pencapaian Apriyani/Fadia di perempat final Japan Open 2022 ini memungkinkan mereka merangsek ke peringkat 30 dunia pada ranking BWF yang diperbarui pekan depan.


2. Rahasia Apriyani/Fadia Lolos 16 Besar Japan Open

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di kejuaraan bulutangkis Japan Open 2022. Foto: PBSI

Menyusul Apri/Fadia, rekan sekompatriotnya Febriana Dwi Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi juga gagal melaju ke babak semifinal japan Open 2022 usai dikalahkan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong dari Korea Selatan.

Sementara itu, Baru latihan 15 menit, pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses melaju ke babak 16 besar Japan Open 2022.

Jadi urutan pertama dari wakil Indonesia yang tampil di Japan Open 2022, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tidak kehilangan sentuhan dan menang mudah.

Apriyani/Siti Fadia berhasil menuntaskan perlawanan Catherine Choi/Josephine Wu asal Kanada, dengan skor kembar 21-15, 21-15 di babak 32 besar, Selasa (30/08/22).

Dalam laga yang berlangsung di Maruzen Intec Arena, Osaka, Jepang, Apriyani/Siti Fadia langsung mencoba bermain dengan pola yang mereka persiapkan saat latihan.

"Tadi masih awal, masih adaptasi dengan kondisi lapangan maupun pola permainan," ungkap Siti Fadia dalam rilis resmi PP PBSI.

Baca selengkapnya: Baru Latihan 15 Menit dan Lolos 16 Besar Japan Open 2022, Ternyata Ini Rahasia Apriyani/Fadia

ChinaBulutangkisBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia YifanApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiJapan Open 2022

Berita Terkini