x

Alami Cedera Mirip Yeremia Rambitan, Ganda Putri Malaysia Terancam Pensiun Dini?

Minggu, 4 September 2022 20:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Ganda Putri Malaysia, Pearly Tan, mengalami cedera ligamen anterior cruciate (ACL) seperti yang tengah dialami Yeremia Rambitan. Separah apa kondisinya? Instagram@pearthin_fans

INDOSPORT.COM – Ganda Putri Malaysia, Pearly Tan, mengalami cedera ligamen anterior cruciate (ACL) seperti yang tengah dialami Yeremia Rambitan. Kondisinya tersebut bisa mengancam karier bulutangkisnya.

Kendati demikian, kepala eksekutif National Sports Institute (NSI) Ahmad Faedzal Md Ramli, menegaskan masih terlalu dini untuk menyimpulkan cedera ACL Pearly Tan ini mengancam kariernya.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Pearly Tan, mengalami cedera lutut mengerikan,  saat tampil bersama Thinaah Muralitharan, untuk mencapai misi ke perempat final Japan Open 2022.

Bertanding pada Kamis (01/09/22) di Maruzen Intec Arena, Pearly Tan mengalami cedera lutut, hingga harus menyerah retired atas wakil Korea Selatan, Baek Ha-na/Lee Yu-lim pada kedudukan 21-13, 19-21, 11-16*.

Pearly Yan mulai merasakan cedera itu pada gim ketiga ketika Pearly Tan/Thinaah Muralitharan masih mampu unggul jauh 9-3 atas Baek Ha-na/Lee Yu-lim.

Baca Juga

Meski memaksakan diri tetap bermain, Pearly Tan sampai tertatih tiap kali mengambil bola. Alhasil, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan memutuskan retired.

Ahmad Faedzal Md Ramli mengatakan bahwa Pearly Tan rencananya akan menjalani scan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk menentukan separah apa cedera yang dia alami.

“Dari informasi yang kami terima, dia mengalami cedera lutut meskipun mungkin terkait dengan bagian lain (tubuhnya),” ujar Ahmad Faedzal Md Ramli dilansir dari NST.

Baca Juga

“Saat ini kami tidak dapat menentukan apakah itu cedera ligamen (ACL) atau hamstring,” lanjutnya.

“Dia akan kembali ke Malaysia dalam beberapa hari ke depan, dan kami akan melakukan pemindaian MRI.”


1. Yeremia Juga Cedera ACL, Absen Sekitar 6 Bulan

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Jika Pearly Tan didiagnosis cedera ACL maka Pearly Tan terpaksa mengakhiri kampanyenya di musim 2022 lebih cepat.

Pasalnya, Pearly Tan harus menjalani serangkaian pengobatan hingga tahap pemulihan selama enam hingga sembilan bulan.

Baca Juga

“Kalau ACL, bisa enam sampai sembilan bulan untuk sembuh. Tapi kita jangan langsung menyimpulkan,” tandas Faedzal.

Dengan performa Pearly Tan/Thinaah Muralitharan tengah menanjak belakangan ini, cedera Pearly Tan ini tentu jadi pukulan berat bagi pasangan ganda putri nomor 11 dunia tersebut.

Pasalnya, ini membuat mereka harus melewatkan sejumlah turnamen bergengsi, termasuk saat memulai Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang akan dimulai tahun depan.

Baca Juga

Cedera ACL ini sebelumnya juga dialami ganda putra potensial Indonesia, Yeremia Yacob Erich Yoche Rambitan, beberapa waktu lalu.

Yeremia mengalami cedera saat bertanding dengan rekannya Pramudya Kusumawardana melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di babak perempat final Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Yeremia cedera usai terjatuh  dengan posisi kaki yang tidak stabil saat akan mengambil bola di depan net, sehingga ia tak mampu lagi bertahan dan berdiri pun sulit.

Pasca pertandingan, Herry IP selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI mengonfirmasi hasil MRI, di mana Yeremia Rambita mengalami cedera ACL.

Baca Juga

Menurut keterangan tim dokter PBSI beberapa waktu lalu, Yeremia tidak harus menjalani operasi namun dia butuh waktu untuk pemulihan hingga 3-6 bulan.

Lamanya waktu pemulihan ini membuat Yeremia harus melewatkan turnamen, seperti Malaysia Open, Malaysia Masters, Singapore Open, Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan Japan Open 2022.


2. Pramudya Menunggu Yeremia Pulih dari Cedera

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Situasi yang dialami Yeremia membuat Pramudya Kusumawardana juga ikut menganggur. Selain itu, ada juga rumor Pramudya bakal dipasangkan dengan pemain lain.

Alih-alih menjawab rumor tersebut, Pramudya malah mengunggah foto dan pesan yang terkesan sedang menghibur diri sendiri untuk jangan menyerah sekecil apa pun harapan itu.

“Tidak ada yang lebih kuat dari sebuah harapan kecil bahwa kita jangan menyerah! jagalah semangat ini tetap hidup, seperti foto-foto ini karena ada banyak energi di dalamnya,” tulis Pramudya.

Unggahan Pramudya ini pun langsung dibalas Yeremia di kolom komentar. Dia meminta Pramudya untuk menunggunya pulih dan kembali ke lapangan bersama-sama.

“Semangat sayangku, tunggu aku ya,” tulis Yeremia.

Kata-kata manis Yeremia pun kembali dibalas Pramudya bahwa dirinya akan sabar menunggu Yeremia pulih seperti sedia kala.

“Hahaha...! Ok sayangku, ku akan menunggumu hingga rambutku memutih,”ujar Pramudya.


Baca selengkapnya: Yeremia Butuh 3-6 Bulan untuk Comeback, Pramudya: Kutunggu Sampai Rambut Memutih

MalaysiaBulutangkisBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanPearly TanPearly Tan/Thinaah MuralitharanJapan Open 2022

Berita Terkini