x

Resep Ampuh Ganda Malaysia Libas Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia: Jangan Dibayangkan!

Minggu, 4 September 2022 19:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

INDOSPORT.COM - Ada resep ampuh yang dilakukan Aaron Chia/Soh Wooi Yik sebelum mengandaskan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final Kejuaraan Dunia 2022.

Sebagaimana diketahui, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia baru saja menyabet gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Mereka menjegal Ahsan/Hendra di final.

Baca Juga

Ada perjalanan sulit yang mereka tempuh sampai akhirnya bisa menyabet gelar juara dunia. Sebab, performa Aaron/Soh memang tidak konsisten dan kerap tersingkir cepat.

Kalaupun bisa bersaing, Aaron/Soh hanya mentok di semifinal, kemudian tersingkir. Hal ini membuat mental keduanya ikut menurun.

Soh Wooi Yik mengaku sudah di ambang kata menyerah, tetapi ia mencoba sedikit lagi untuk membuktikan kemampuannya.

Baca Juga

"Tahun ini saya bisa bertahan, karena tahun setelah Olympic, ada rasa sedikit tertekan, karena saat itu saya belum pernah merasa seperti itu (prestasi tinggi)," ungkap Soh.

"Setelah olimpiade baru menargetkan lebih tinggi untuk diri sendiri, tapi ternyata saya tidak dapat meng-handle itu," curhatnya pada pebulutangkis senior Tan Boon Heong.

Baca Juga

"Saya berusaha latihan dan menampilkan yang saya bisa, hasil itu memang ada, tapi selalu mentok di semifinal. Itu bukan yang terbaik, tapi konsisten di sana, oke lah."

"Tahun ini saya sudah ada target baru untuk diri sendiri, ingin melakukan yang terbaik untuk dapat yang terbaik. Saya berusaha untuk menyelesaikan masalah ini," jelasnya.


1. Aaron Chia: Kalau Dibayangkan, Nanti Stres

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Ketika disinggung mengenai perjalanan mereka hingga sampai ke final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengaku tak membayangkannya.

Menurutnya, lolos ke final Kejuaraan Dunia saja sudah seperti mimpi, apalagi berhasil mengalahkan sang juara bertahan, Ahsan/Hendra, yang menjadi panutan mereka.

Baca Juga

"Saya tidak menyangka bisa mendapatkan medali emas. Bukannya tidak ada target, tapi kami tidak berpikir sampai ke sana," kata Soh Wooi Yik pada Tan Boon Heong.

Sementara menurut Aaron Chia, mereka tidak mau membayangkan menjadi juara dunia, karena bisa berpengaruh negatif pada penampilan mereka di lapangan.

"Kalau World Championship sih tidak berani untuk berpikir (jadi juara)," ujar Aaron Chia.

Baca Juga

"Setiap orang kan beda-beda, ada yang membayangkan (juara) dulu baru semangat main, ada juga orang yang membayangkan lalu jadi stres," jelas atlet 25 tahun tersebut.

Dengan demikian, salah satu kunci yang membawa Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi juara dunia adalah mengusung target, tetapi tak membayangkan apa yang belum terjadi.

Baca Juga

"Kami ada target, tapi jangan berpikir terlalu banyak," tukas Aaron Chia saat berbincang dengan eks pebulutangkis Tan Boon Heong.

Setelah memenangkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pun memutuskan mundur dari Japan Open 2022, karena stamina fisik mereka terkuras.


2. Jadwal Turnamen Bulutangkis (World Tour)

Peraih medali perunggu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan runner upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Denmark Open 2022 - Odense, Denmark
18-23 Oktober 2022

French Open 2022 - Paris, Prancis
25-30 Oktober 2022

Hylo Open 2022 - Saarbrucken, Jerman
1-6 November 2022

Australian Open 2022
15-20 November 2022


Jadwal Non - World Tour (Super 100)

Vietnam Open 2022 - Ho Chi Minh, Vietnam
27 September - 2 Oktober 2022

Canada Open 2022 - Calgary, Kanada
27 September - 2 Oktober 2022

Mohammad AhsanHendra SetiawanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanTan Boon HeongBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini