x

Wow! Indonesia Andalkan Pemain Naturalisasi di Ajang Bulutangkis Vietnam Open 2022

Rabu, 7 September 2022 15:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

INDOSPORT.COM - Bukan dari sepak bola, Indonesia kini juga mengandalkan pemain naturalisasi, Fuyu Iwasaki, dalam turnamen bulutangkis Vietnam Open 2022 Super 100.

Naturalisasi adalah proses perpindahan kewarganegaraan. Seseorang yang awalnya berasal dari negara asing, mengucap ikrar untuk menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga

Langkah ini umumnya dilakukan oleh cabang olahraga sepak bola dan basket, untuk mengangkat kualitas Tim Nasional dengan pemain berpengalaman di Eropa.

Namun rupanya, sebagai negara panutan bulutangkis dunia, Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi, yakni Fuyu Iwasaki.

Diketahui, Fuyu Iwasaki menjalani program naturalisasi sejak tahun 2019 lalu, tetapi ia lama tak terdengar di kancah bulutangkis.

Baca Juga

Baru-baru ini, Fuyu Iwasaki kembali ke lapangan. Ia akan mewakili Indonesia pada turnamen bulutangkis Vietnam Open 2022, yang akan digelar mulai 27 September nanti.

Dilansir dari Badminton Japan, Fuyu Iwasaki adalah mantan pemain muda dari klub Gifu Tricky Panders, klub yang menaungi ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca Juga

Pada awal kepindahannya ke Indonesia, Iwasaki bermain di sektor ganda putri. Kala itu ia berpasangan dengan pebulutangkis asli Indonesia, yakni Dhea Bunga Anjani.

Namun jika melihat draft pemain Indonesia di Vietnam Open 2022, Fuyu Iwasaki akan bermain di sektor tunggal putri. Menarik untuk menantikan kiprah sang pemain.


1. Pemain Indonesia Paling Dinanti di Vietnam Open 2022

Melati Daeva Oktavianti, pemain bulutangkis asal Indonesia.

Pasangan ganda putri Indonesia, Fuyu Iwasaki/Dhea Bunga Anjani awalnya masuk dalam daftar pemain Indonesia di Vietnam Open 2022, mulai 27 September nanti.

Namun belakangan, nama Fuyu Iwasaki dan Dhea Bunga Anjani justru tercatat sebagai wakil tunggal putri. Entah ada kesalahan atau memang mereka berpindah sektor.

Baca Juga

Hal itu tidak masalah, sebab Iwasaki kerap bermain rangkap sejak masih di Jepang, sampai kini ia bermain di PB Jaya Raya.

Iwasaki diketahui lahir pada 21 Desember 1998. Dara berusia 23 tahun itu kabarnya memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

Selain Fuyu Iwasaki dan Dhea Bunga Anjani, Indonesia mengirimkan tiga pebulutangkis tunggal putri lainnya ke turnamen Vietnam Open 2022 Super 100 di Ho Chi Minh City.

Baca Juga

Mereka adalah Ruselli Hartawan, Yulia Yosephine, dan Putri Kusuma Wardani yang baru saja tampil debut di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang dihelat di Jepang.

Sementara pebulutangkis tunggal putri terbaik Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung memutuskan mundur dari gelaran Vietnam Open 2022, sepulangnya dari Jepang.

Baca Juga

Selain comeback Fuyu Iwasaki, menarik juga untuk menantikan penampilan Melati Daeva Oktavianti bersama partner baru, yakni Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Kemudian, Ribka Sugiarto tak lagi menjadi partner Siti Fadia maupun Febby Valencia. Pada ajang Vietnam Open 2022 nanti, ia bakal debut dengan Lanny Tria Mayasari.


2. Daftar Pemain Indonesia di Vietnam Open 2022

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Tunggal Putra:

Tommy Sugiarto

Tunggal Putri:

Putri Kusuma Wardani
Ruseli Hartawan
Yulia Yosephiine Susanto
Fuyu Iwasaki
Dhea Bunga Anjani
 
Ganda Putra:

Moh. Reza Pahlevi Ishafani/Sabar Karyaman Gutama
Hardianto/Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira
Panjer Aji Siloka Dadiara/Bryan Sydney Elohim
Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri:

Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
Nita Violina Marwah/Tryola Nadia

Ganda Campuran:

Moh. Reza Pahlevi Ishafani/Melati Daeva Oktavianti
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
Serena Kani/Tan Min Kang (Malaysia)

NaturalisasiBulutangkisVietnam Open 2019Berita Bulutangkis

Berita Terkini