x

Apa Kabar Pia Zebadiah? Pebulutangkis Serba Bisa yang Comeback karena Amanat Markis Kido

Jumat, 9 September 2022 13:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Markis Kido dan Pia Zebadiah

INDOSPORT.COM -  Apa kabar Pia Zebadiah Bernadet? Pebulutangkis serba bisa asal Indonesia yang akhirnya kembali ke arena, karena amanat dari Markis Kido.

Diketahui, Pia Zebadiah Bernadet adalah adik dari dua eks pebulutangkis nasional Indonesia, Markis Kido dan Bona Septano. Ketiganya memiliki prestasi membanggakan.

Baca Juga

Pia Zebadiah pernah mencapai ranking 6 ganda putri terbaik dunia, saat ber-partner dengan Rizki Amelia Pradipta di tahun 2013.

Pia juga pernah menduduki peringkat 8 di sektor ganda campuran terbaik dunia, saat berpasangan dengan Markis Kido (alm).

Pencapaian itu tentu ia dapat karena bisa memenangkan banyak kejuaraan, termasuk Vietnam Open 2012, Chinese Taipei Open 2012, Thailand Open 2013, dan banyak lagi.

Baca Juga

Setelah menikah, Pia Zebadiah vakum dari turnamen. Ajang terakhir yang ia ikuti ialah Premier Badminton League (PBL) di India, pada Februari 2020, sebelum pandemi.

Pia Zebadiah memilih untuk meneruskan bisnis kue, sembari mengasuh anaknya. Namun, baru-baru ini ia kembali ke arena. Bukan sebagai pemain, tapi sebagai pelatih.

"Sekarang ini, mulai bulan Maret saya melatih di Gideon Badminton Academy. Saya sudah jadi pelatih, untuk comeback kayaknya jangan berharap," ungkap Pia.

Baca Juga

"Untuk jadi pelatih, awalnya saya sih nggak ada angan-angan. Kalau melatih kan harus ninggalin keluarga, kan ngapain, mending di rumah aja," curhatnya di program Close Up.

"Kedua, saya melihat almarhum (Markis Kido) melatih, dia cerita-cerita, rempong banget. Dia ngelatih sepuluh, saya satu anak aja kepala rasanya mau pecah."


1. Sebelum Wafat, Ini Permintaan Markis Kido pada Pia

Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet

Walau sempat menolak untuk jadi pelatih bulutangkis, namun Pia Zebadiah Bernadet tak menampik bahwa ia masih ingin terjun ke lapangan dan menanti momentum saja.

Namun, duka datang di pertengahan bulan Juni 2021. Sang kakak, Markis Kido wafat di lapangan bulutangkis. Padahal beberapa hari sebelumnya, mereka masih bersua.

Baca Juga

"Seminggu sebelum almarhum meninggal, dia menginap di rumah Mama saya, rumah saya berdampingan. Saya baru ngelahirin seminggu," ucap Pia pada host Yuni Kartika.

"Tiba-tiba dia nanya, elu mau ngapain habis ini. Saya kaget dong, ya ngurusin anak aja. Terus dia bilang, elu nggak mau ngelatih?"

"Kenapa kamu nggak mau coba karir ini, kamu senang kok di lapangan. Saya tahu kenapa kamu nggak mau melatih, kamu nggak percaya diri kan," kenang Pia.

Baca Juga

"Saya cuma mikir, kenapa saya dibujuk buat ngelatih. Aneh. Uda bilang, kalau saya mau, nanti dia carikan, karena dunia saya tidak bisa lepas dari bulutangkis," kenangnya.

"Begitu almarhum nggak ada, saya baru kepikiran, apa saya harus coba dulu? Sudah setengah hidup saya di bulutangkis, kenapa harus saya tinggal?" curhat Pia Zebadiah.

Sejak saat itu, Pia Zebadiah membulatkan tekad untuk memulai karir sebagai pelatih bulutangkis. Bak gayung bersambut, atlet ganda putra, Marcus Gideon juga perlu seorang pelatih untuk akademi miliknya.

Baca Juga

"Nggak lama, ada pihak Gideon Academy yang menawari istri almarhum. Dia bilang, apa kamu nggak mau coba? Saya kaget, apa ini jalan saya ya?" curhat Pia lagi.

"Saya chat Gideon, gue mau ngelatih dong, ketawa dia. Hah serius? Dari situ langsung cepat aja gitu. Dia bilang kamu kapan bisa melatih, langsung aja," tukas Pia Zebadiah.


2. Deretan Prestasi Pia Zebadiah

Ganda campuran Indonesia berlabel kakak dan adik Markis Kido/Pia Zebadiah.

Medali Emas

New Zealand Open 2009 (ganda campuran)
Vietnam Open 2012 (ganda campuran)
Vietnam Open 2012 (ganda putri)
Chinese Taipei Open 2012 (ganda putri)
Malaysia Grand Prix Gold 2013 (ganda putri)
Thailand Open 2013 (ganda campuran)

Medali Perak

India Open 2011 (ganda campuran)

Medali Perunggu

BWF World Junior Championships 2006 (ganda putri)
Asian Junior Championships 2006 (ganda campuran)

Markis KidoPia Zebadiah Bernadet/Rizki AmeliaPelatihPia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia PradiptaIn Depth SportsBulutangkisPia Zebadiah BernadetApa KabarBerita Bulutangkis

Berita Terkini