x

Gara-gara Fisioterapis, Senior Lee Zii Jia Mundur dari Vietnam Open 2022

Jumat, 30 September 2022 07:31 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Soong Joo Ven selaku tunggal putra Malaysia sekaligus senior Lee Zii Jia terpaksa mundur dari Vietnam Open 2022.

INDOSPORT.COMSoong Joo Ven selaku tunggal putra Malaysia sekaligus senior Lee Zii Jia terpaksa mundur dari Vietnam Open 2022.

Saat ini sedang berlangsung ajang bertajuk YONEX SUNRISE Vietnam Open 2022, yang digelar mulai Selasa (27/9/22) hingga Minggu (2/10/22) di Hochiminh.

Baca Juga

Ratusan peserta dari berbagai negara turut berpartisipasi di ajang BWF Super 100 ini. Salah satunya ialah Soong Joo Ven yang menjadi unggulan ketujuh asal Malaysia.

Soong Joo Ven sendiri mendapatkan keuntungan pada drawing Vietnam Open 2022, di mana ia mendapatkan undian bye yang otomatis lolos ke babak kedua.

Namun sayangnya mimpi Soong Joo Ven untuk meraih gelar juara di ajang bergengsi ini pupus karena dirinya tak sanggup melanjutkan perjuangannya.

Baca Juga

Sebab, tunggal putra senior Lee Zii Jia itu memutuskan untuk retired saat skor baru menyentuh angka 0-3 di babak pertama kala berhadapan dengan Jia Heng Jason The (Singapura) di babak kedua.

Keputusannya untuk mundur lantaran cedera lutut yang dialaminya belum pulih, dan diperparah karena tindakan fisioterapisnya.

Soong Joo Ven sebelumnya melakukan sesi fisio, namun sang fisioterapis mengatakan bahwa lutut kirinya mengalami cedera.

Baca Juga

Namun saat ditangani oleh sang fisioterapis, keadaannya makin memburuk setelah sesi.

Kejadian ini bahkan sampai membuat Soong Joo Ven tak hanya mundur dari Vietnam Open namun juga dari Indonesia International Challenge 2022 di Yogyakarta.


1. Bakal Jalani MRI

Soong Joo Ven tunggal putra Malaysia

“Dia adalah fisioterapis paruh waktu yang biasa membantu kami di klub. Dua minggu yang lalu, dia melakukan sesi fisio di lutut kiri saya yang katanya cedera tetapi menjadi lebih buruk setelah sesi,” kata Soong Joo Ven, dilansir dari The Star.

“Karena masalah itu, saya harus mundur dari Indonesia International Challenge di Malang (11-16 Oktober) tetapi ingin mencoba dan bersaing di Vietnam Open.

Baca Juga

“Namun, saya berjuang untuk berjalan setelah sesi latihan kemarin (Rabu) dan harus walkover karena saya tidak ingin memperburuk cedera.

"Ini melegakan fisioterapis tidak akan kembali ke klub kami lagi dan kami harus berhati-hati dengan insiden seperti itu di masa depan." jelasnya.

Baca Juga

Soong Joo Ven lebih lanjut mengatakan dia akan menjalani MRI di Kuala Lumpur besok untuk mengetahui sejauh mana cederanya.

Cedera ini pun bisa menghambat ambisinya untuk menembus 30 besar dalam ranking BWF.


2. Targetkan Tembus 30 Besar Ranking BWF

Soong Joo Ven tunggal putra Malaysia

Soong Joo Ven sendiri sebelumnya berhasil naik enam strip dari peringkat ke-58 menjadi 52 dalam ranking BWF terbaru.

Meski gagal memperbaiki rankingnya di Vietnam Open 2022, namun ia masih berharap bisa berlaga di Indonesia Masters Super 100, di Malang pada 18-23 Oktober jika cedera lututnya tidak parah.

Target Soong Joo Ven tahun ini adalah menembus 30 besar sehingga dia dapat menghindari bermain di babak kualifikasi turnamen super 500 dan lolos ke turnamen super 700 ke atas.

Vietnam OpenLee Zii JiaBerita BulutangkisSoong Joo Ven

Berita Terkini