x

Antonsen Beri Alasan Masuk Akal Prestasi Marcus/Kevin Anjlok: Gara-gara Shuttlecock!

Minggu, 9 Oktober 2022 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo keluar sebagai juara Malaysia Masters 2019

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Denmark, Anders Antonsen memberikan alasan masuk akal mengapa Marcus Gideon/Kevin Sanjaya mengalami penurunan performa tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo awalnya merupakan pebulutangkis ganda putra terbaik dunia selama lima tahun terakhir.

Baca Juga

Namun, memasuki tahun 2022, Marcus/Kevin mengalami penurunan performa, dan sampai kini belum sekali pun meraih juara.

Bahkan, pasangan berjuluk The Minions itu sempat turun ke peringkat ketiga, sebelum kembali menanjak ke posisi kedua di sektor ganda putra terbaik dunia, sepekan lalu.

Pada tiga turnamen terakhirnya, Indonesia Open 2022, BWF World Championship 2022, dan Japan Open 2022, Marcus/Kevin selalu tumbang di babak kedua atau fase 16 besar.

Baca Juga

Belum lagi performa mereka membaik, Kevin Sanjaya diterpa isu tak sedap karena sempat tidak akur dengan pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

Kevin Sanjaya mengaku tak terima dengan kritik Herry IP kepadanya di media, hingga ia sempat absen berlatih di Pelatnas PBSI.

Beruntung, Kevin Sanjaya dan Herry IP sudah berbaikan dan kini kembali latihan. Mereka mengusung target untuk kembali ke performa terbaiknya, jadi nomor satu dunia.

Baca Juga

Namun, hal itu bukan sesuatu yang mudah. Ada alasan khusus mengapa Marcus/Kevin kesulitan meraih titel juara, dan seringkali tumbang di berbagai turnamen tahun ini.

Dua pebulutangkis Denmark, Anders Antonsen dan Hans-kristian Vittinghus menganalisis mengapa pasangan The Minions mengalami penurunan performa.


1. Antonsen: Shuttlecock Terlalu Pelan

Anders Antonsen di All England 2020

Lewat kanal Youtube The Badminton Experience, Anders Antonsen menyebutkan perbedaan signifikan bulutangkis beberapa tahun lalu, dengan kondisi di tahun 2022 ini.

Menurutnya, setahun terakhir, shuttlecock yang digunakan BWF memiliki massa yang berat, sehingga tidak cocok dengan gaya permainan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

Baca Juga

"Saya punya teori kenapa Kevin dan Marcus tidak tampil dengan baik dalam beberapa tahun terakhir," ungkap Anders Antonsen.

"Salah satu penyebabnya adalah karena kita mendapatkan kok yang benar-benar pelan belakangan ini," ujar sang pemain.

"Gaya bermain mereka tidak cocok dengan kok yang pelan. Mereka lebih menginginkan permainan dengan tempo yang cepat. Itulah teorinya. Anda bisa setuju atau tidak."

Baca Juga

Mendengar alasan tersebut, Hans-kristian Vittinghus mengaku sepakat dengan teori yang dilontarkan oleh Anders Antonsen.

Menurut Vittinghus, bukan kualitas Marcus/Kevin yang menurun, melainkan shuttlecock yang saat ini dipakai bergerak lebih pelan.

"Setuju. Menurut saya mereka memenangi beberapa turnamen dengan kondisi yang pelan, tapi tidak bisa mendominasi dengan cara yang sama kalau koknya yang pelan."

Baca Juga

Anders Antonsen melanjutkan bahwa hal ini berdampak pada mental Marcus/Kevin, dan efeknya, mereka sering kalah saat tanding.

"Marcus/Kevin pernah dominan selama bertahun-tahun, akan tetapi mereka belum kembali ke level mereka sebelumnya dalam waktu yang lama. Jadi, saya bisa melihat rasa frustrasi mereka terus bertambah."


2. Top 10 Ganda Putra Dunia (Oktober 2022)

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih kemenangan 21-14 dan 21-13 atas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Denmark Open 2019.

1. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

2. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)

3. Lee Yang/Wang Chi Lin (Chinese Taipei)

4. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

5. Mohammad Ahsan Hendra Setiawan (Indonesia)

6. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

7. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

8. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)

9. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)

10. Goh Eze Fei/Nur Izzudin (Malaysia)

Kevin SanjayaMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonHans-Kristian VittinghusMarcus Fernaldi GideonBulutangkisAnders AntonsenBerita Bulutangkis

Berita Terkini