x

Kejutan! Eks Rival Tontowi/Liliyana Asal Malaysia Resmi Pensiun Tahun Depan

Rabu, 2 November 2022 21:29 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mantan rival berat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari Malaysia, Goh Liu Ying, resmi mengumumkan bakal segera pensiun sebagai atlet bulutangkis pada tahun depan.

INDOSPORT.COM – Mantan rival berat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari Malaysia, Goh Liu Ying, resmi mengumumkan bakal segera pensiun sebagai atlet bulutangkis pada tahun depan.

Goh Liu Ying merupakan salah satu pemain andalan Malaysia di sektor ganda campuran saat masih berpasangan dengan Chan Peng Soon.

Baca Juga

Duet Chan Peng Soon/Goh Liu Ying menjadi kekuatan sempurna yang mampu mengobrak-abrik persaingan papan atas dunia. Mereka bahkan sempat menduduki ranking tiga dunia pada 2012.

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying juga mampu melejit ke partai final perhelatan akbar Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil.

Hanya saja ambisi mereka merengkuh emas, harus digagalkan oleh pebulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Chan Peng Soon/Goh Liu Ying kalah 14-21 dan 12-21.

Baca Juga

Catatan itu membuat Chan Peng Soon/Goh Liu Ying harus tertinggal 1-11 atas Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka juga tidak bisa revans karena Tontowi/Liliyana Natsir sudah pensiun 2019-2020.

Beberapa tahun  berlalu, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying masih setia bersama, sebelum akhirnya memutuskan berpisah pada awal 2022.

Perpisahan itu dikarenakan keputusan Chan Peng Soon untuk kembali ke pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), sementara Goh Liu Ying tetap berkarier di jalur professional.

Baca Juga

Sejak memutuskan berpisah, karier Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying memang belum sebaik sebelumnya. Bahkan mereka  sering bergonta-ganti pasangan.

Dalam kegamangan kariernya di usia yang tidak lagi muda, pada akhirnya tersiar kabar jika Goh Liu Ying mengumbar rencana pensiunnya di tahun depan. Selengkapnya di halaman kedua.


1. Rencana Pensiun Goh Liu Ying

Pebulutangkis Malaysia, Goh Liu Ying, mengungkapkan rencana pensiunnya ketika menghadiri peluncuran Anugerah Ikon Sukan Harian Metro, Rabu (02/11/22).

Pebulutangkis Malaysia, Goh Liu Ying, mengungkapkan rencana pensiunnya ketika menghadiri peluncuran Anugerah Ikon Sukan Harian Metro, Rabu (02/11/22).

Eks rival Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir itu menyebutkan bahwa awal tahun 2023 bakal menjadi momen terakhirnya sebagai seorang atlet badminton.

Baca Juga

Tepatnya Goh Liu Ying akan menjadikan turnamen bulutangkis Super 1000 Malaysia Open 2023 pada 10-15 Januari sebagai panggung terakhirnya.

“Malaysia Open tahun depan akan menjadi turnamen terakhir saya,” turur Goh Liu Ying yang saat ini menginjak usia 33 tahun.

Hanya saja, Goh Liu Ying belum mengetahui dengan siapa dia akan berpasangan. Karena terakhir kali dia bergonta ganti pasangan dengan Ong  Yew Sin, Low Juan Sen, hingga Soong Joo Ven.

Baca Juga

“Siapa yang akan menjadi tandem saya? Anda tunggu saja, tetapi turnamen tersebut akan menjadi yang terakhir bagi saya,” kata Goh Liu Ying menegaskan.

Goh Liu Ying pada musim ini terakhir kali berpasnagan denagn Low Juan Shen dan terhenti di babak perempat final turnamen bulutangkis Super 100 Vietnam Open 2022.

Tentunya banyak hal yang rasanya bisa digapai oleh Goh Liu Ying jika benar-benar memutuskan pensiun dari bulutangkis pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Mulai dari karier melatih bisa saja digeluti lantaran beberapa kali Goh Liu Ying mendampingi beberapa pebulutangkis independen Malaysia di turnamen.

Mantan partner Chan Peng Soon juga bisa menjadi pebisnis sebuah usaha makanan sehat bernama SNI x GLY di Subang Jaya. Goh Liu Ying juga beberapa kali terlibat kerja sama dalam proyek film.

Sumber: Harian Metro

MalaysiaTontowi Ahmad/Liliyana NatsirChan Peng Soon/Goh Liu YingGoh Liu YingBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini