x

Update Cedera Praveen Jordan: Comeback Bareng Melati Daeva di Malaysia Open 2023?

Minggu, 13 November 2022 13:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis ganda campuran, Praveen Jordan, memberikan kabar terbaru mengenai progres pemulihan cedera pinggang.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda campuran, Praveen Jordan, memberikan kabar terbaru mengenai progres pemulihan cedera pinggang.

Melalui kanal YouTube pribadinya, pemain kelahiran Bontang, Kalimantan Timur ini mengatakan dirinya kemungkinan sudah bisa comeback di lapangan bulutangkis pada Januari 2023.

Kabar gembira ini diungkapkan Praveen Jordan setelah menjalani pemeriksaan dan rontgen di rumah Sakit Mitra Keluarga, Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Saya senang sekali progresnya (pemulihan) bagus,” ujar partner Melati Daeva Oktavianti tersebut. 

“Doain saja progresnya sudah mulai membaik, saya juga senang sudah boleh latihan. Jadi sesuai planning, Januari sudah bisa main, kata dokter itu memungkinkan,” terang Praveen Jordan.

Baca Juga

Ditemani dokter Octaviani Wijaya, Praveen Jordan menjalani foto rontgen untuk melihat kemajuan dari proses pemulihan tulang belakangnya pasca-operasi.

Praveen Jordan menjalani operasi tersebut tiga bulan lalu, yang mana prosedur ini dilakukan untuk melepaskan syaraf yang terjepit dan fiksasi tulang belakang yang dialami oleh Praveen Jordan.

Baca Juga

Selanjutnya, hasil foto rontgen dikonsultasikan dengan dr. Fachrisal, Sp.OT (K) Spine, yang menangani langsung operasi atlet bulutangkis dari klub PB Djarum ini.

Menurut pemaparan dr. Fachrisal, kondisi tulang belakang Praveen Jordan sudah mulai mengalami kemajuan, di mana jaringan otot di tulang belakang sudah mulai menyatu.

Selain itu, dr. Fachrisal juga memberikan wejangan terkait porsi latihan yang akan dijalani Praveen Jordan dalam dua minggu ke depan.

Baca Juga

1. Praveen Jordan Diminta Turunkan Berat Badan

Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BAC 2022. Foto: PBSI

Dokter ortopedi ahli spine tersebut meminta Praveen Jordan mulai berlatih tanpa mengenakan bantuan korset sebelum menambah porsi latihan.

“Latihan coba nggak pakai korset, setelah dua minggu tidak ada keluhan, baru porsi latihannya dinaikin.  Mulai disapih tanpa korset, agar tulang belakang bisa beradaptasi,” tutur dr. Fachrisal.

Namun demikian, dr. Fachrisal mewanti-wanti Praveen Jordan untuk tidak dulu melakukan gerakan membungkuk secara mendadak agar cedera pingggangnya tidak kambuh lagi.

“Berat badan kurangin lagi,” demikian pesan dr. Fachrisal, di mana ini tujuannya untuk mengurangi beban Praveen Jordan saat bermain bulutangkis pasca-pulih dari cedera.

Seperti diketahui, Praveen Jordan mengalami cedera pinggang di ajang Indonesia Open 2022 pada 14-19 Juni 2022. Kondisi ini memaksanya absen di sejumlah turnamen bersama Melati Daeva.

Baca Juga

Untuk mengatasi cederanya, pemain peringkat 6 dunia itu harus menjalani serangkaian pengobatan dan terapi demi bisa beraktivias secara normal.

Sampai akhirnya, usai berkonsultasi dengan beberapa dokter dari rumah sakit yang berbeda, kondisi tulang belakang Praveen Jordan dikatakan butuh tindakan operasi untuk penyembuhan.

Dalam masa pemulihan itulah, Praveen Jordan harus rela dipisah sementara dengan Melati Daeva yang mendapatkan pasangan baru.

Baca Juga

Melati Daeva beberapa kali bermain di turnamen lokal dengan pasangan berbeda, misalnya dia bermitra dengan Verrel Yustin di turnamen swasta nasional Piala Kapolda Jatim 2022 lalu.

Selain itu, Melati Daeva juga menggandeng pemain muda PB Djarum, Moh Reza Pahlevi, di dua turnamen internasional yang berlangsung di Yogyakarta.

Jika Praveen Jordan bisa comeback tepat waktu, maka dirinya bersama Melati Daeva Oktavianti berpeluang tampil di turnamen pertama musim 2023, yakni Malaysia Open pada awal Januari.

Mereka juga berkesempatan comeback di Indonesia Masters sebagai turnamen ketiga, tepatnya pada 24-29 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga
Praveen JordanPB DjarumMelati Daeva OctaviantiPraveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini