x

Christian dan Rumbay Gantikan Jojo-Ginting, Ini Skema Tunggal Putra Juara Australian Open

Selasa, 15 November 2022 07:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tunggal putra Indonesia, Christian Adinata lolos ke babak utama Australian Open 2022.

INDOSPORT.COM - Christian Adinata dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay lolos ke babak utama ajang Australian Open 2022.

Hal ini memberikan sedikit kelegaan bagi badminton lovers Tanah Air, setelah dua wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dinyatakan mundur.

Dengan tambahan Christian Adinata dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, maka Indonesia mengirimkan total lima wakil tunggal putra di Australian Open 2022.

Walaupun Christian dan Rumbay adalah pemain muda, tetapi mereka juga punya kans untuk juara di Negeri Kangguru.

Berikut INDOSPORT merangkum skema agar salah satu dari wakil tunggal putra Indonesia juara Australian Open 2022.

Baca Juga

Christian Adinata

Christian Adinata cukup beruntung karena lawan yang dihdapinya adalah pemain yang datang dari babak kualifikasi, artinya, bukan pemain unggulan dan masih ranking bawah.

Namun, pemain kualifikasi sudah menjajaki lapangan Sydney Olympic Park terlebih dahulu, sementara Christian Adinata baru akan bermain di hari kedua, Rabu (16/11/22). 

Baca Juga

Christian perlu cepat adaptasi jika ingin lolos ke babak kedua, menghadapi salah satu dari dua pemain unggulan, Shesar Hiren Rhustavito atau Kodai Naraoka.

Semua tentu berharap Christian Adinata bertemu Shesar Hiren di babak kedua, tapi efek dominonya, salah satu dari perwakilan Indonesia harus angkat koper lebih cepat.

Jika Christian menang, maka lawan di babak perempat final sedikit lebih mudah, karena hanya Kenta Nishimoto (Jepang) yang punya pengalaman di level dunia.

Baca Juga

1. Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito di French Open 2022. (Foto: PBSI)

Sudah dikatakan sebelumnya, jika Shesar Hiren Rhustavito akan berjumpa pemain Jepang yang sedang on fire, Kodai Naraoka.

Secara head to head dari dua pertemuan, Shesar dan Naraoka sama-sama meraih satu kemenangan. Pertemuan terakhir di French Open dimenangkan oleh Naraoka.

Shesar harus memiliki mental kuat jika ingin mengalahkan Naraoka, dan berjumpa rekan senegara, Christian Adinata di babak kedua.

Chico Aura Dwi Wardoyo

Wakil Indonesia berikutnya, Chico Aura Dwi Wardoyo mendapatkan draw yang sulit di Australian Open 2022. Babak pertama, ia dihadang oleh wakil China, Li Shi Feng.

Di babak kedua, Chico bisa saja berjumpa unggulan asal Singapura, Loh Kean Yew.

Baca Juga

Jika lolos ke babak perempat final, Chico mungkin akan menghadapi salah satu dari Shi Yuqi (China) atau Kanta Tsuneyama (Jepang). Semua adalah lawan sulit.

Namun, sebagai juara Malaysia Masters 2022, Chico masih memiliki kans besar untuk juara di Australian Open 2022.

Tommy Sugiarto

Pemain non-pelatnas, Tommy Sugiarto juga akan berjuang di Australian Open 2022, tapi hasil drawing seolah tak berpihak padanya.

Baca Juga

Di babak pertama, Tommy harus berjumpa wakil China, Lu Ghuang Zu. Jika menang, ia sudah ditunggu pemain unggulan pertama Australian Open, yaitu Lee Zii Jia (Malaysia).

Demikian pula jika Tommy lolos ke perempat final, beberapa opsi lawan kuat juga sudah menanti, salah satunya Lakshya Sen (India) dan juga Wang Tzu Wei (Chinese Taipei).

Baca Juga

2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay di di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay akan menghadapi Lu Chia Hung (Chinese Taipei) di babak pertama. Jika menang, ia ditunggu salah satu dari wakil Malaysia atau Australia

Jika mulus ke perempat final, Ikhsan bisa saja menghadapi wakil Indonesia, Tommy Sugiarto, atau justru unggulan nomor satu di Australian Open, Lee Zii Jia (Malaysia).

Ikhsan dan Lee Zii Jia belum pernah bersua di ajang resmi, tetapi secara peringkat, atlet Malaysia itu menduduki peringkat kedua, jauh dengan Ikhsan di ranking 81 dunia.

Semoga ada keajaiban bagi Ikhsan untuk lolos ke babak semifinal, karena lawannya terhitung akan lebih mudah dari pool atas.

Tommy SugiartoAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieIn Depth SportsAnthony GintingChico Aura Dwi WardoyoShesar Hiren RhustavitoBulutangkisBerita BulutangkisChristian AdinataIkhsan Leonardo RumbayAustralian OpenAustralian Open 2022

Berita Terkini