x

Berpeluang Cetak Sejarah di BWF World Tour Finals, Nasib Gregoria Mariska di Tangan Putri KW

Rabu, 16 November 2022 18:19 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
Putri Kusuma Wardani di Australian Open 2022 menjadi salah satu penentu nasib Gregoria Mariska bisa mencetak sejarah di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PP PBSI)

INDOSPORT.COMPutri Kusuma Wardani di Australian Open 2022 menjadi salah satu penentu nasib Gregoria Mariska bisa mencetak sejarah di BWF World Tour Finals 2022.

Australian Open 2022 menjadi turnamen pamungkas sebelum bergulirnya BWF World Tour Finals 2022 yang akan menjadi penutup rangkaian ajang pada musim ini.

Sejumlah pebulutangkis pun masih berjuang mengumpulkan poin di Australian Open 2022 demi bisa lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Salah satunya ialah tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung yang berpotensi lolos dan berpeluang cetak sejarah di turnamen bergengsi tersebut. Pasalnya belum ada sektor tunggal putri Indonesia yang lolos ke BWF World Tour Finals.

Kans Gregoria terbuka, disebabkan oleh kabar mundurnya PV Sindhu dari turnamen ini, namun belum diumumkan secara resmi oleh BWF. Dalam klasemen Race to Guangzhou, Sindhu bertengger di posisi kedua, sehingga tersisa satu slot Race to Guangzhou.

Baca Juga

Sebelumnya BadmintonTalk di Twitter menjelaskan syarat agar Gregoria Mariska bisa lolos ke ajang pamungkas di musim ini.

Ada dua syarat penting Gregoria dapat lolos ke World Tour Finals yakni, Gregoria mampu meraih babak final Australia Open 2022.  

Baca Juga

Kemudian yang kedua ialah Gregoria mampu meraih paling tidak babak perempat final dengan syarat Nozomi Okuhara kalah di babak 32 besar atau 16 besar.

Kini baik Gregoria Mariska dan Nozomi Okuhara berhasil melenggang ke babak 16 besar Australian Open 2022.

Peluang Gregoria Mariska pun semakin terbuka lebar untuk lolos ke BWF World Tour Finals 2022, salah satunya dengan cara mendapatkan bantuan rekan senegaranya Putri Kusuma Wardani di Australian Open 2022.

Baca Juga

1. Putri KW Bisa Bantu Gregoria Mariska Lolos BWF World Tour Finals 2022

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung. Foto: PBSI

Putri KW sendiri baru saja mengalahkan Soniia Cheah (Malaysia) di babak pertama dan lolos ke babak 16 besar Australian Open 2022.

Putri KW akan berhadapan dengan Nozomi Okuhara selaku unggulan keempat asal Jepang di babak 16 besar ajang BWF Super 300.

Maka syaratnya, Putri KW wajib mengalahkan Nozomi Okuhara agar bisa membantu Gregoria Mariska memiliki kans besar lolos ke BWF World Tour Finals 2022, jika PV Sindhu memang resmi mundur dari ajang bergengsi ini.

Di sisi lain Gregoria Mariska juga wajib menang saat berhadapan dengan Supanida Katethong (Thailand) di babak 16 besar.

Selain itu Gregoria Mariska minimal harus lolos ke babak perempat final, atau Okuhara langkahnya terhenti sampai 16 besar.

Baca Juga

Sebab, jika keduanya sama-sama tersingkir di Australian Open 2022, maka wakil Denmark yakni Line Hojmark Kjaerfeldt yang akan mengamankan slot di BWF World Tour Finals 2022.

Namun semua kemungkinan tersebut benar-benar berlaku jika PV Sindhu secara resmi menarik diri dari turnamen yang akan digelar 7-11 Desember 2022 di Thailand.

Baca Juga

Sebelumnya Sportstar The Hindu mengabarkan bahwa tunggal putri peringkat 5 dunia ini juga sudah mengirim surat kepada Asosiasi Bulutangkis India (BAI) mengenai kondisinya, dan mengatakan tidak bisa memaksakan dirinya untuk tampil dalam kondisinya saat ini, meski sudah latihan.

“Saya merasa bahwa saya belum sepenuhnya pulih dari cedera meskipun saya sudah mulai berlatih," kata PV Sindhu.

Meski belum ada pengumuman resmi dari BWF, namun Gregoria Mariska tetap saja menyimpan banyak harapan dari Badminton Lovers Indonesia agar bisa tampil di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Sumber: Twitter @BadmintonTalk

Gregoria MariskaNozomi OkuharaPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisAustralian Open 2022BWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini