x

BWF World Tour Finals: Media China Minder Lihat Kekuatan Tunggal dan Ganda Putra Indonesia

Selasa, 22 November 2022 17:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
BWF World Tour Finals 2022 akan digelar bulan depan. Kekuatan tunggal dan ganda putra Indonesia ternyata menjadi sorotan media di China.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – BWF World Tour Finals 2022 akan digelar bulan depan, dan Kekuatan tunggal serta ganda putra Indonesia langsung menjadi sorotan media di China.

Dengan berakhirnya Australian Open 2022, lengkap sudah daftar pemain bulutangkis yang memastikan lolos ke turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2022.

Turnamen ini resmi dipindahkan ke Bangkok, Thailand, dari venue sebelumnya di Huangzhou, China, dan dimajukan sepekan pada 7-11 Desember 2022.

China menjadi negara yang paling banyak mengirimkan wakilnya. Mereka mengamankan delapan tiket dari lima kategori, unggul dari Malaysia dan Indonesia.

Di antaranya Lu Guangzu (tunggal putra), Chen Yufei dan He Bingjiao (tunggal putri), Liu Yuchen dan Ou Xuanyi (ganda putra), Chen Qingchen/Jia Yifan, Zhang Shuxian/Zheng Yu (ganda putri), serta Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilu/Huang Dongping (ganda campuran).

Baca Juga

Menurut Sohu, China diprediksi mampu memenangkan tiga medali emas pada turnamen tersebut. Hal ini sejurus dengan target yang dipatok pelatih kepala bulutangkis China, Zhang Jun.

Zhang Jun mengatakan bahwa China akan berjuang memenangkan semua medali emas di BWF World Tour Finals 2022, target yang sama saat mereka tampil di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Baca Juga

Namun dari delapan tiket yang diraih, Sohu menilai bahwa wakil China tunggal dan ganda putra bakal berjuang lebih keras untuk memenuhi target tersebut.

Dalam hal daya saing, ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putri menjadi poin emas utama bagi Guoyu, dan tunggal putra serta ganda putra perlu tampil luar biasa,” tulis Sohu.

Bukan tanpa sebab, kekuatan tunggal dan ganda putra China saat ini memang terpaut sangat jauh di belakang para pemain Denmark, Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga

1. Tunggal dan Ganda Putra Indonesia Siap Mengancam

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium juara Hylo Open 2022. (Foto: PBSI)

Ada kesenjangan yang jelas antara tunggal putra dan ganda putra China dan Denmark, Indonesia, Malaysia, dan pemain kelas super lainnya, dan tidak mungkin juara,” tulis Sohu.

Denmark memiliki tunggal putra Viktor Axelsen yang difavoritkan untuk memenangkan turnamen. Bahkan, dominasinya saat ini melampau Lin Dan pada jamannya.

Indonesia punya dua kekuatan di sektor tunggal dan ganda putra. Mereka adalah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, serta pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Jonatan dan Ginting masing-masing mengantongi satu dan dua gelar musim ini, dengan Jojo juara Swiss Open 2022 dan Ginting merebut gelar Singapore Open dan Hylo Open 2022.

Fajar/Rian memiliki performa yang konsisten di sepanjang musim 2022. Termasuk keberhasilan meraih empat gelar di Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters dan Denmark Open.

Baca Juga

Hendra/Ahsan, meski nirgelar tahun ini namun konsistensi membuktikan mereka mampu tiga kali mencapai runner-up di India Open, All England dan Malaysia Masters.

Malaysia, meski tanpa diperkuat Lee Zii Jia yang tak lolos di detik-detik terakhir, punya dua kekuatan dari sektor ganda putra, yakni juara dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Baca Juga

Sebaliknya, China, di kedua sektor tersebut tak mampu berbicara banyak di sepanjang BWF World Tour 2022. Shi Yu Qi yang tampil bagus belakangan gagal mencapai final.

Lu Guangzu memenangkan tiket terakhir di final. Namun, dengan statusnya bukanlah pemain ungulan amat sulit baginya membuat ledakan di Bangkok.

Di nomor ganda putra, China hanya diperkuat Liu Yuchen/Ou Xuanyi  yang pekan lalu berhasil memenangkan Australian Open, gelar pertama sejak mereka dipasangkan tahun ini.

Baca Juga

Sumber: Sohu

IndonesiaChinaAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBerita BulutangkisLu Guang ZuLiu Yu Chen/Ou Xuan YiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini