x

Prediksi Drawing BWF World Tour Finals 2022, Grup Mana yang Pas Buat Apriyani/Fadia?

Kamis, 1 Desember 2022 13:17 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mari membuat prediksi drawing BWF World Tour Finals 2022 untuk sektor ganda putri. Lalu di grup manakah yang menguntungkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva?

INDOSPORT.COM – Mari membuat prediksi drawing BWF World Tour Finals 2022 untuk sektor ganda putri. Lalu di grup manakah yang menguntungkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva?

Diketahui, ajang BWF World Tour Finals 2022 akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember. Tidak semua pemain berkesempatan untuk berada di sana.

Berdasarkan aturan BWF, hanya delapan atlet badminton terbaik dari masing-masing sektor yang berhak tampil di ajang berhadiah 1,5 juta dolar (sekitar Rp23,4 miliar) tersebut.

Kecuali juara dunia, delapan pebulu tangkis terbaik itu dihitung dari poin partisipasi atlet dalam turnamen Super 100 hingga Super 1000 selama satu tahun.

Ganda putri ranking 15 asal Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sebenarnya tidak lolos kualifikasi menjadi delapan pebulutangkis terbaik di klasemen race to Bangkok.

Baca Juga

Hanya saja, Apriyani/Fadia sebagai cadangan pertama, berubah menjadi lolos kualifikasi menggantikan pasangan Jepang, Nami Matsutama/Chiharu Shida, yang memutuskan menolak undangan BWF.

Cederanya Nami Matsuyama sejak di babak 16 besar Australian Open 2022 lalu, disinyalir menjadi sebab mengapa ganda putri Jepang ranking dua dunia itu mundur dari BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Dengan partisipasinya Apriyani/Fadia, juara Singapore Open 2022 tersebut bergabung dengan tujuh enam Indonesia lainnya  yang lolos di turnmsen bulutangkis penutup tersebut.

Wakil Indonesia lainnya adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, Gregoria Mariska, Jonatan Christie, dan Anthony Ginting.

Mereka diharapkan bisa meraih hasil terbaik, termasuk Apriyani/Fadia. Untuk itulah, mari membuat prediksi drawing ganda putri BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

1. Prediksi Drawing Ganda Putri Apriyani/Fadia

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berpotensi langsung bertemu unggulan teratas BWF World Tour Finals 2022.

BWF sendiri akan merilis nama pemain yang menerima undangan untuk berlaga di ajang BWF World Tour Finals 2022 pada Selasa (29/11/22).

Secara matematis, berikut gambaran urutan seeding BWF World Tour Finals 2022 untuk sektor ganda putri, di mana Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korea Selatan) ada di urutan pertama.

Disusul Zhang Shu Xian/Zheng Yu (2/China), Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (3/Thailand), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (4/China), Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (5/Thailand).

Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (6/Malaysia), Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (7/Malaysia), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (8/Indonesia).

Jika berandai tentang prediksi drawing BWF World Tour Finals 2022, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang ada di seeding terakhir, bisa saja bertemu dengan para seeding teratas lebih awal.

Baca Juga

Jadi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan potensi bertemu Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong sebagai unggulan pertama ataupun Zhang Shu Xian/Zheng Yu sebagai unggulan

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sendiri pun cukup mentereng dari segi head to head dari dua unggulan teratas tersebut.

Baca Juga

Tercatat bahwa Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah pernah sekali mengalahkan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga sangat dominan dengan menyapu bersih kemenangan dalam tiga perjumpaan Zhang Shu Xian/Zheng Yu.

Jika bisa mengalahkan dua seeding teratas tersebut, tentunya itu merupakan langkah yang manis bagi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti untuk mengawali perjuangan BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

2. Hati-hati Dijegal Musuh Besar

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jumpa musuh berat dari Malaysia dan China.

Meski memiliki keunggulan head to head atas Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong dan Zhang Shu Xian/Zheng Yu sebagai dua seeding teratas di BWF World Tour Finals 2022, namun langkah Apriyani/Fadia belum tentu semulus itu.

Apalagi segala kemungkinan masih bisa terjadi di lapangan, mengingat dua rival beratnya juga menghantui Apriyani/Fadia dan berpotensi menyulitkan.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memiliki rivalitas dengan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah dua kali tumbang oleh Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dalam tiga perjumpaan jelang BWF World Tour Finals 2022.

Nahasnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti seluruhnya tumbang dalam pertemuan terakhirnya dengan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Baca Juga

Meski demikian, rasanya Apriyani/Fadia memang menjadi salah satu pasangan yang potensial untuk menggenggam juara BWF World Tour Finals 2022.

Bahkan media China, Sohu, beberapa saat lalu juga mengklaim bahwa Apriyani/Fadia adalah musuh tersulit para pebulutangkis China dibanding wakil lainnya di ajang ini.

Baca Juga

“Dibandingkan dengan Nami Matsuyama/Chiharu Shida, pasangan Apriyani/Fadia lebih sulit dihadapi, dan cenderung tidak cocok dengan gaya bermain tim China,”

“Meskipun Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sangat baik tahun ini dan memenangkan enam kejuaraan, rekor mereka dengan Apriyani/Fadia juga tidak terlalu baik."

"Bermain Apriyani/Fadia sangat ofensif, mirip dengan gaya permainan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan kemampuan ofensif mereka tidak kalah dengan China,” tulis media Sohu.

Baca Juga
IndonesiaBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini