x

Langsung Perang Saudara, Skema Jonatan dan Ginting Lolos Grup World Tour Finals 2022

Selasa, 6 Desember 2022 20:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Bakal langsung ‘saling bunuh’ di hari pertama BWF World Tour Finals 2022, berikut skema Jonatan Christie dan Anthony Ginting untuk lolos dari grup neraka.

INDOSPORT.COM – Bakal langsung ‘saling  bunuh’ di hari pertama BWF World Tour Finals 2022, berikut skema Jonatan Christie dan Anthony Ginting untuk lolos dari grup neraka.

Dua tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Ginting menjadi wakil Indonesia di turnamen bulutangkis penutup musim bertajuk BWF World Tour Finals edisi 2022.

Ajang ini berlangsung di Nimibutr, Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022, dan menyediakan hadiah fantastis mencapai 1,5 dolar AS (sekitar Rp23 miliar).

Kedua tunggal putra Indonesia tersebut memiliki peluang lebar untuk bisa naik podium tertinggi BWF World Tour Finals 2022.

Mereka berpeluang lebar untuk meneruskan tradisi juara tunggal putra Indonesia di ajang BWF World Tour Final, yakni Eddy Kurniawan (1990), Joko Suprianto (1993, 1995), dan Ardy B. Wiranata (1994).

Baca Juga

Dari drawing yang dirilis BWF pada Senin (05/12/22) malam WIB, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sayangnya harus tergabung di grup yang sama.

Mereka tergabung di Grup B bersama dengan pebulutangkis tunggal putra Chinese Taipei, Chou Tien Chen dan wakil Singapura Loh Kean Yew.

Baca Juga

Sementara di Grup A ada Viktor Axelsen, Prannoy H.S, Kodai Naraoka, dan Lu Guang Zu. Jika dilihat dari drawing yang ada, ada keuntungan dan kekurangan Anthony Ginting dan Jonatan Christie di satu grup.

Keuntungannya adalah mereka terhindar dari Viktor Axelsen, tunggal putra yang akhir-akhir ini selalu jadi penjegal wakil Indonesia di berbagai turnamen.

Jadi Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting berpotensi besar untuk menjadi dua terbaik di grup yang lolos ke fase gugur BWF World Tour Finals 2022.

Namun masalahnya, lawan mereka di Grup B juga tidak akan mudah dikalahkan. Mereka bisa saja tersingkir semua, atau bahkan hanya salah satu yang lolos ke fase gugur.

Baca Juga

1. Skema Jonatan Christie

Skema Jonatan Christie lolos dari fase grup BWF World Tour Finals 2022.

1. Jonatan Christie vs Anthony Sinisuka Ginting

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting langsung bakal saling bunuh di babak pertama BWF World Tour Finals 2022, Rabu (07/12/22).

Secara head to head, ini adalah pertemuan keenam mereka di turnamen bulutangkis internasional, di mana mereka bermain imbang 3-3. Sementara pada pertemuan terakhir, Ginting meraih kemenangan di ajang Hong Kong Open 2019.

Catatan itu tidak selamanya bisa menjadi gambaran mengingat pertemuan terakhir sudah terjadi pada 2019, dan memungkinkan banyak perubahan yang terjadi.

Apalagi pada statusnya, saat ini Jonatan Christie saat ini menjadi tunggal putra nomor satu Indonesia di atas Anthony Sinisuka Ginting.

Jika Jonatan Christie mampu melewati Anthony Sinisuka Ginting, maka peluang untuk lolos dari fase gugur BWF World Tour Finals 2022 pun terbuka lebar bagi tunggal putra ranking empat dunia itu.

Baca Juga

2. Jonatan Christie vs Chou Tien Chen

Alasan Jonatan Christie harus bisa mengalahkan Ginting di matchday pertama BWF World Tour Finals 2022 lantaran lawan selanjutnya terbilang menyulitkan.

Chou Tien Chen menjadi lawan sulit bagi Jonatan Christie. Meski Jonatan Christie unggul 6-4 secara head to head, namun nyatanya dalam tiga pertemuan terakhir, dia selalu kalah tragis.

Baca Juga

3. Jonatan Christie vs Loh Kean Yew

Meski Loh Kean Yew bertitle sebagai juara dunia bulutangkis 2021, namun Jonatan Christie tampaknya masih sangat perkasa tiap jumpa.

Dalam lima perjumpaan di turnamen internasional, Jonatan Christie unggul 5-0, yang tentu menjadi modal baginya ketika bertemu lagi dengan Loh Kean Yew di fase grup BWF World Tour Finals 2022.

Kesimpulannya, Jonatan Christie perlu kalahkan Loh Kean Yew dan Anthony Sinisuka Ginting. Jadi jika skenario buruknya dia kalah dari Chou Tien Chen, kemungkinan bisa lolos dari fase grup masih terbuka.

Namun akan lebih baik jika Jonatan Christie bermain maksimal untuk siapapun lawan yang dihadapi jika ingin memastikan diri melangkah lebih jauh di turnamen badminton berhadiah total 1,5 juta dolar (sekitar Rp23 miliar).

Baca Juga

2. Skema Anthony Sinisuka Ginting

Skema Anthony Sinisuka Ginting untuk lolos dari fase grup BWF World Tour Finals 2022.

Berikut skema Anthony Ginting untuk lolos dari fase penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2022 yang akan dimulai Rabu (07/12/22).

1. Anthony Sinisuka Ginting vs Jonatan Christie

Jika Jonatan Christie perlu memanfaatkan ketenarannya belakangan ini, Anthony Sinisuka Ginting pun perlu skenario yang sama untuk memenangkan pertemuan ketujuh mereka di ajang internasional ini.

Apalagi di tahun ini, Anthony Sinisuka Ginting baru meraih gelar juara di Singapore Open dan Hylo Open 2022, yang sekaligus membangkitkan kepercayaan diri pebulutangkis asal Cimahi tersebut.

Rasanya Anthony Sinisuka Ginting sangat bisa mengalahkan Jonatan Christie untuk partai yang cukup krusial untuk dimenangkan ini.

2. Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen

Anthony Sinisuka Gintin unggul 7-4 secara head to head dengan Chou Tien Chen. Namun Chou Tien Chen punya dendam membara saat dikalahkan Ginting di final Hylo Open 2022.

Baca Juga

Karena kekalahannya saat ini membuat Chou Tien Chen sampai melayangkan protes dari wasit hingga Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Jadi bisa dibilang inilah partai kunci yang harus dimenangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting untuk bisa memmuluskan langkah ke babak semifinal.

Baca Juga

3. Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yew

Anthony Sinisuka Ginting justru punya head to head yang tidak cukup baik ketika berjumpa Loh Kean Yew. Dalam empat kali perjumpaan, mereka bermain imbang 2-2.

Hal ini menandakan bahwa Anthony Sinisuka Ginting cukup kesulitan untuk bisa mengalahkan pebulutangkis asal Singapura tersebut.

Kesimpulannya, Anthony Sinisuka Ginting perlu memenangkan partai melawan Jonatan Christie, mengingat rivalitasnya dengan Chou Tien Chen dan Loh Kean Yew yang sangat sengit.

Jika Ginting dan Jonatan Christie bisa bahu-membahu memenangkan setiap laga, besar kemungkinan keduanya bisa lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieBulutangkisBerita BulutangkisBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini