x

4 Bintang Muda Bulutangkis Paling Mengejutkan di 2022, Ada Gregoria hingga Rinov/Pitha

Senin, 12 Desember 2022 20:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Termasuk Gregoria Mariska dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, deretan pebulu tangkis ini memiliki penampilan paling mengejutkan sepanjang tahun 2022.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Termasuk Gregoria Mariska dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, deretan pebulu tangkis ini memiliki penampilan paling mengejutkan sepanjang tahun 2022.

Usai BWF World Tour Finals 2022, rising star badminton Kodai Naraoka (Jepang) dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) menggenapi deretan kuda hitam paling mengejutkan 2022.

Mereka bahkan cukup dinantikan kiprahnya menyambut turnamen pada 2023 yang menjadi awal perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024.

Mari membahasnya satu persatu dimulai dari tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, yang memiliki penampilan luar biasa menjelang akhir tahun 2023.

1. Gregoria Mariska Tunjung

Sempat macet gelar selama empat tahun terakhir hingga berujung curhatan pilu di media sosial, pebulutangkis Gregoria Mariska mengalami peningkatan pesat pada paruh akhir 2022.

Baca Juga

Dimulai dari partisipasinya di Indonesia Masters 2022 (7-12 Juni), Indonesia Open 2022 (14-19 Juni), Malaysia Open 2022 (28 Juni-3 Juli), Malaysia Masters 2022 (5-10 Juli) dan Singapore Open 2022 (12-17 Juli).

Gregoria Mariska memang belum berhasil naik podium juara, namun tunggal putri PBSI Indoensia itu memiliki penampilan cukup baik dan gigih sebelum ditumbangkan rivalnya.

Baca Juga

Seperti saat Gregoria Mariska double kill pebulutangkis Jepang ranking 1 dunia, Akane Yamaguchi, di ajang Malaysia Open 2022 dan Malaysia Masters 2022.

Penampilannya cukup alot sebelum dikalahkan Wang Zhi Yi, hingga Pusarla Venkata Sindhu. Penampilan terbaiknya saat dia harus tersingkir rubber game dari An Se-young di semifinal Malaysia Masters 2022.

Teranyar, Gregoria Mariska tampil gigih menumbangkan Chen Yu Fei, bahkan memaksa An Se-young maupun Akane Yamaguchi di fase penyisihan grup  BWF World Tour Finals 2022.

Berbekal penampilan gigihnya tersebut, Gregoria Mariska menjadi salah satu pebulu tangkis muda yang begitu dinantikan penampilannya pada 2023.

Baca Juga

1. Penampilan Menawan Rinov/Pitha

Penampilan Menawan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di penghujung tahun 2022.

2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Sejak meraih emas Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis pada 2017 lalu, prestasi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sempat mengalami naik turun.

Mereka bisa meraih gelar juara turnamen super 100, Indonesia Masters 2018. Namun baru tiga tahun kemudian, Rinov/Pitha bisa kembali naik podium juara di Spain Masters di turnamen Super 300.

Dengan serangkaian lika-liku tersebut, tahun 2022 seolah menjadi kebangkitan Rinov/Pitha. Mereka bisa menembus semifinal turnamen bulutangkis super 500, Malaysia Masters 2022.

Bahkan puncaknya, tampil sebagai kuda hitam, Rinov/Pitha bisa menembus babak empat besar BWF World Tour Finals 2022, Sabtu (10/12/22).

Mereka bisa menembus semifinal dengan penampilan luar biasa melewati cedera yang datang melanda.  Patut dinantikan kiprah Rinov RIvaldy/Pitha Haningtyas Mentari di tahun 2023.

Baca Juga

3. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard

Aimsaard Bersaudara menjadi salah satu pelapis potensial Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, ganda putri nomor satu Thailand.

Berusia 20-23 tahun, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard menduduki peringkat 13 BWF pada tahun 2022 yang menjadi pencapaian tertinggi mereka selama berpasangan.

Baca Juga

2022 juga bisa dibilang menjadi tahun paling baik bagi keduanya, dengan enam final turnamen bulutangkis berbagai level.

Mereka berhasil meraih tiga gelar juara di India Open, Vietnam Open, dan Hylo Open . Sementara runner up dirauh di Korea Open, Australian Open, dan BWF World Tour Finals 2022.

Teranyar,  Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard membuat sejarah dengan meraih perak dalam debutnya di ajang BWF World Tour.

Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard menjadi salah satu pebulutangkis kuda hitam paling dinantikan pada tahun 2023.

Baca Juga

2. Kodai Naraoka

Kodai Naraoka, pebulutangkis tunggal putra asal Jepang yang memiliki penampilan gemilang pada 2022.

4. Kodai Naraoka

Lahir pada 30 Juni 2001, Kodai Naraoka  awalnya sangat kesulitan untuk bersaing di level atas, alih-alih menjadi pelapis seniornya seperti Kento Momota dan Kenta Nishimoto.

Meski demikian, keberhasilan Kodai Naraoka menjadi runner up Korea Masters 2022 menjadi titik balik Kodai Naraoka di musim ini.

Melansir dari laman BWF, sebagai tunggal putra berstatus kuda hitam,  Kodai Naraoka mampu melejit dalam empat final turnamen bulutangkis 2022.

Dia bisa meraup gelar juara di Vietnam Open. Kemudian tiga tunramen lainnya berakhir runner up, yakni Singapore Open, Taipei Open dan Korea Masters.  

Penampilan terakhirnya pada 2022 ditutup dengan begitu apik saat nyaris menumbangkan tunggal putra ranking satu dunia, Viktor Axelsen, di empat besar BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Bertanding selama satu jam 23 menit, Kodai Naraoka bertarung dengan Viktor Axelsen sebelum akhirnya kalah 23-21, 19-21, 18-21.

Rentetan penampilannya yang begitu  apik itu, membuat Kodai Naraoka menjadi salah satu atlet bulutangkis paling mengejutkan sepanjang 2022.

Baca Juga

Pada Mei 2023 mendatang telah dimulai perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024, di mana hanya ada delapan pebulutangkis terbaik dari masing-masing sektor yang lolos ke perhelatan akbar tersebut.

Nama-nama dari Gregoria Mariska , Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dan Kodai Naraoka patut dinantikan kiprahnya mulai tahun depan.

Baca Juga
Gregoria MariskaBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisBenyapa AimsaardKodai NaraokaBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini