x

Tampil Digdaya, 3 Kuda Hitam BWF World Tour Finals 2022 yang Dibayangi Cedera Memilukan

Minggu, 11 Desember 2022 19:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Cedera datang menghampiri para pebulu tangkis dari Gregoria Mariska hingga Pitha Haningtyas Mentari yang tampil digdaya selama ajang BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Cedera datang menghampiri para pebulu tangkis dari Gregoria Mariska hingga Pitha Haningtyas Mentari yang tampil digdaya selama ajang BWF World Tour Finals 2022.

Selain kedua atlet badminton Indonesia itu, ada pula atlet bulutangkis Malaysia, Goh Soon Huat, yang sampai harus mengundurkan diri di fase penyisihan grup.

Karena memang tak bisa dipungkiri, cedera sering kali menjadi halangan paling menakutkan yang menghantui para atlet seperti mereka.

Mari mengulas satu per satu para atlet bulutangkis yang dihantui cedera, dimulai dari kisah ganda campuran Indonesia, Pitha Haningtyas Mentari.

1. Pitha Haningtyas Mentari

Pitha Haningtyas Mentari, ganda campuran ranking 13 dunia tersebut memang telah menderita cedera tulang ekor yang nyaris membuatnya dan sang partner, Rinov Rivaldy, mundur dari BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Hal itu pernah diutarakan oleh pelatih ganda campuran Indonesia Amon Santoso, dalam sebuah rilis resmi PBSI jelang keberangkatan ke Thailand, venue BWF World Tour Finals 2022.

"Rinov dalam keadaan prima sementara Pitha sempat ketarik tulang ekornya saat persiapan di Jakarta. Setelah menjalani terapi sekarang sudah lebih baik.”

Baca Juga

“Semoga saat pertandingan besok sudah tidak lagi ada rasa sakit," kata Amon Santoso melansir rilis resmi dari PBSI.

Meski cedera membaik bahkan membuat kejutan dengan melesat ke empat besar BWF World Tour Finals 2022, tetapi Pitha Haningtyas Mentari kembali merasakan kesakitan di pinggangnya.

Dia bahkan sempat meminta perawatan medis dan menyemprotkan cairan penghilang rasa sakit di tengah laga semifinal melawan Dechapol Puavranukroh/Sapsiree Taerattanachai, Sabtu (10/12/22).

Baca Juga

1. Perjuangan Gregoria dan Konfirmasi Cedera Pitha

Perjuangan Gregoria dan konfirmasi cedera Pitha Haningtyas Mentari.

Dalam rilis terbaru PBSI usai BWF World Tour Finals 2022, Rinov Rivaldy pun mengirimkan doa kesembuhan untuk sang partner, Pitha Haningtyas Mentari.

“Tadi di lapangan dia merasakan lagi cederanya, pergerakannya jadi terhambat dan tidak leluasa tapi dia menolak untuk menyerah sampai akhir. Saya berharap dan berdoa agar Pitha bisa lekas sembuh.”

“Kita mendapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman di tahun ini. Ya walau tidak ada gelar juara,” terang Rinov Rivaldy.

“Tapi pengalaman pertama kali masuk final Super 500 (Malaysia Masters) dan merasakan babak semifinal di turnamen ini, menjadikan motivasi untuk lebih baik ke depannya,” pungkasnya.

2. Gregoria Mariska Tunjung

Selain Pitha Haningtyas Mentari, tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung juga sempat mengalami kesakitan di kaki dan pinggangnya.

Baca Juga

BWF pun mengabadikan momen Gregoria kesakitan saat menghadapi Akane Yamaguchi di fase penyisihan Grup A, Jumat (09/12/22).

Beragam doa mengalir di kolom komentar yang tersentuh dengan kegigihan Gregoria Mariska sepanjang BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Apalagi tampil sebagai underdog, dia bisa mengajak rubber tiga monster tunggal putri dunia, Chen Yu Fei, An Se-young, dan Akane Yamaguchi.

Meski tak lolos ke fase gugur BWF World Tour finals 2022, tetapi perjuangannya yang heroick membuat Gregoria Mariska dipenuhi optimisme akan karier cemerlangnya di tahun depan.

Apalagi banyak turnamen padat di tahun depan, di mana perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024 sudah dimulai Mei 2023.

Baca Juga

2. Wakil Malaysia Cedera Sampai Mundur

Wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie cedera sampai mundur dari BWF World Tour Finals 2022.

3. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie

Tidak seperti Pitha Haningtyas Mentari dan Gregoria Mariska yang masih berjuang di BWF World Tour Finals 2022, wakil Malaysia Goh Soon Huat bahkan sampai mundur karena cedera.

Cedera itu dikonfirmasi pebulu tangkis ganda campuran ranking 11 dunia itu melalui instagram masing-masing pada Jumat (09/12/22).

Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie mundur di matchday ketiga penyisihan grup saat hendak melawan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Sebelum matchday ketiga, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie sebelumnya tumbang seluruhnya dari Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Thom Giqcuel/Delphine Delrue.

Tentunya cedera yang datang tersebut, menjadi sangat menyesakkan bagi Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie yang ingin mengakhiri tahun 2022 dengan hasil manis.

Baca Juga

Apalagi dilihat dari lawan-lawannya, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie memang cukup berpeluang untuk melaju jauh, setidaknya ke partai semifinal.

Mereka juga punya pencapaian yang lebih baik dibandingkan dua rivalnya di fase grup, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Thom Giqcuel/Delphine Delrue.

Baca Juga

Selain kegagalan mereka, total tidak ada satupun wakil Malaysia yang bisa melangkah ke fase final BWF World Tour Finals 2022 yang berlangsung Minggu (11/12/22).

Namun Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie bisa melangkah dengan tegar ke depan mengingat banyak turnamen bulutangkis ke depan.

Demikian tiga pebulu tangkis dari Gregoria Mariska Tunjung, Pitha Haningtyas Mentari dan Goh Soon Huat yang menderita cedera di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga
Gregoria MariskaBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisGoh Soon Huat/Lai Shevon JemiePitha Haningtyas Mentari

Berita Terkini