x

Terima Saran Dewan BWF, Gibran Bangun GOR Standar Internasional di Solo

Minggu, 1 Januari 2023 10:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana membangun gedung olahraga (GOR) berstandar internasional sesuai dengan saran dewan BWF, Bambang Rudyanto.. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana membangun gedung olahraga (GOR) berstandar internasional sesuai dengan saran dewan BWF, Bambang Rudyanto.

Rencana ini diungkapkan Gibran Rakabuming melalui cuitannya di Twitter melalui cuitannya di Twitter, Sabtu (31/12/22) waktu setempat.

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut membalas saran Bambang Rudyanto terkait adanya gedung olahraga serba guna pada tahun 2023.

Gedung serba guna tersebut diharapkan bisa memuat setidaknya empat lapangan bulutangkis sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan BWF.

“Mohon ada hall serba guna (minimum bisa 4 lapangan badminton) jadi tahun 2023,” tulis Bambang Rudianto.

Baca Juga

Gibran pun kemudian membalas cuitan pria yang juga menjabat sebagai kepala hubungan masyarakat (humas) PBSI tersebut.

“Iya. Tujuannya memang untuk itu,” tulis Gibran.

Baca Juga

Rencana ini pun disambut gembira oleh para penggemar bulutangkis di Indonesia.

Mereka berharap Gibran Rakabuming segera mempercepat pembangunan GOR Indoor Manahan Solo agar nantinya bisa digunakan untuk menggelar turnamen internasional. 

Baca Juga

1. Pembangunan GOR Indoor Manahan Masih 70 Persen

Gibran Rakabuming, 'Blusukan' membagikan bantuan kepada warga menggunakan jersey Manchester United

Saran Bambang Rudianto terkait dibangunnya GOR bulutangkis berstandar international tersebut sejatinya berangkat dari pemaparan Gibran soal rencana pengguna dana hibah dari Uni Emirat Arab sebesar Rp233 miliar.

Gibran mengatakan bahwa dana hibah dari Unit Emirat Arab ini digunakan untuk menata kota Solo, mulai dari aspek sosial, kesehatan, hingga sarana dan prasarana.

Salah satu rencana yang akan dilakukan adalah melanjutkan pembangunan GOR Indoor Manahan, Solo, yang sempat terhenti sejak tahun lalu.

Pembangunan GOR Indoor Manahan sendiri sejatinya sudah dimulai pada 2018, namun proses pembangunan sampai sekarang masih berada diangka 70 persen

Ada pun dua tahapan pembangunan GOR Indoor Manahan sudah dilaksanakan. Tahap I 2019 pembangunan struktur utama bangunan. Lalu tahap II 2020 pemasangan atap, finishing, dan penataan lingkungan.

Baca Juga

GOR Indoor Manahan ini ditunggu-tunggu oleh para pegiat olahraga indoor. Sebab, faslitas ini nantinya bisa mewadahi enam cabang olahraga. Di antaranya adalah futsal, bulutangkis, voli, tenis, basket, silat, dan sepak takraw.

Untuk bulutangkis, tentunya ini akan menjadi kabar gembira karena ini meningkatkan potensi turnamen-turnamen bulutangkis internasional di gelar di Solo.

Baca Juga

Tahun lalu, Indonesia menggelar enam turnamen bulutangkis mulai dari level BWF World Tour, Super 100,  hingga Internasional Challenge dan Series yang digelar di Jakarta, Yogyakarta dan Malang. 

Adapun tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah empat turnamen bulutangkis. Dibuka dengan Indonesia Masters 2023 pada Januari.

Kemudian ada Indonesia Open (BWF World Tour Super 1000) pada Juni, Indonesia Super 100 (BWF Tour Super 100) pada September, dan Indonesia Super 100 II (BWF Tour Super 100) pada Oktober.

Baca Juga
BWFPiala Dunia 2022Stadion Manahan SoloBulutangkisBerita BulutangkisGibran Rakabuming RakaBambang Rudyanto

Berita Terkini