x

Kandas di Malaysia Open 2023, Lee Zii Jia Akui Kena 'Tulah' Pecat Pelatih Indonesia

Kamis, 12 Januari 2023 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra nomor 2 dunia, Lee Zii Jia, mengakui bahwa kekalahan cepat di Malaysia Open 2023 adalah akibat dia kini tidak didampingi pelatih.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra nomor 2 dunia, Lee Zii Jia, mengakui bahwa kekalahan cepat yang dialaminya di Malaysia Open 2023 adalah akibat dia kini tidak didampingi pelatih.

Kejutan terjadi di babak pertama Malaysia Open 2023. Andalan tuan rumah, Lee Zii Jia kandas setelah dikalahkan pemain Jepang, Kodai Naraoka, di Axiata Arena, Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (11/011/23) kemarin.

Datang sebagai unggulan kedua, Lee ZIi Jia tak mampu mengatasi perlawanan Kodai Naraoka setelah melalui drama rubber game yang berakhir dengan skor 21-13, 17-21, 19-21.

Hasil ini membuat Lee Zii Jia gagal mengakhiri mimpi buruk tiap kali bertanding di kandang dalam tiga edisi terakhir. Dua edisi sebelumnya pada 2019 dan 2022, Lee Zii Jia juga kalah di babak-babak awal.

Pada 2019, dia kalah dari pemain Thailand Suppanyu Avihingsanon di babak pertama. Tiga tahun kemudian, Lee Zii Jia kandas di babak kedua usai takluk dari Shesar Hiren Rhustavito dari Indonesia.

Baca Juga

Bukan hanya itu, ini menjadi kekalahan pertama yang dialami Lee ZIi Jia saat dia mengawali musim 2023 tanpa didampingi pelatih.

Seperti diketahui, Lee Zii Jia beberapa waktu lalu memang memutuskan berpisah dengan pelatih pribadinya, Indra Wijaya.

Pelatih asal Indonesia tersebut direkrut Lee ZIi Jia gabung di tim profesional yang dia bentuk selepas keluar dari pelatnas BAM pada awal 2022

Baca Juga

Kehilangan sosok pelatih diakui Lee Zii Jia membuat diriya tidak tampil dengan performa biasanya. Namun Lee Zii Jia harus menerima konsekuensi ini sekarang.

“Seperti yang sudah saya katakana, ini adalah jalan yang pilih (bermain tanpa pelatih). Baik atau buruk hasilnya, saya yang menanggungnya, Saya tidak boleh menyesalinya,” kata pemain 25 tahun itu dilansir dari Bharian.

"Saat ini, Liew Daren akan berlaku sebagai pelatih saya," jelas dia seusai laga.

Selain didamping Liew Daren, Lee Zii Jia juga masih dibantu beberapa orang lainnya, yakni Sandra Fiedler sebagai fisioterapi dan Lim Jeo Heang pelatih kebugaran.

Baca Juga

1. Angin Axiata Arena Jadi Kambing Hitam Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Bukan hanya kehilangan sosok pelatih, Lee Zii Jia menjelaskan kekalahan dari Kodai Naraoka di babak pertama Malaysia Open 2023 juga disebabkan faktor angin di Axiata Arena.

“Kondisi angin (di Axiata Arena) sangat menantang tidak hanya untuk saya tetapi juga untuk pemain lain,” terang juara Asia 2022 tersebut.

“Selain itu Kodai Naraoka juga bermain lebih baik di pertandingan ini. Dia lebih sabar dan lebih defensif,” tambah Lee ZIi Jia.

Meski demikian, Lee Zii jia tidak menyesali kekalahan tersebut. Meski mengawali musim 2023 dengan buruk, ini membuat Lee Zii Jia terpacu untuk lebih baik lagi di turnamen yang akan datang.

“Hasil ini mengecewakan tetapi saaya sudah mencoba sebaik yang saya bisa. Inilah hasilnya, apalagi yang bisa saya katakana saya pikir ini awal yang buruk untuk tahun 2023,” kata Zii Jia.

Baca Juga

“Saya harus berusaha melupakan apa yang terjadi hari ini (kemarin) dan terus bekerja keras. Masih banyak turnamen setelah ini dan saya akan berusaha untuk membuahkan hasil yang lebih baik lagi," ucapnya.

Lee Zii Jia selanjutnya akan tampil di India Open 2023 (17-22 Januari). Dia akan bertemu Shesar Hiren Rhustavito, lawan yang menyingkirkannya di babak kedua Malaysia Open tahun lalu.

Baca Juga

Setelah India Open, sang pemain dijadwalkan mengikuti turnamen Indonesian Masters pada 24-29 Januari mendatang.

Sementara itu, kemenangan atas Lee Zii Jia mengantarkan Kodai Naraoka melaju ke babak kedua. Dia akan bertemu dengan wakil tuan rumah lainnya, Ng Tze Yong yang sebelumnya mengalahkan pemain Irlandia, Nhat Nguyen 21-4, 21-10.

Baca Juga
MalaysiaIndra WijayaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKodai NaraokaMalaysia Open 2023

Berita Terkini