x

Mengganas Juara Lagi di Malaysia Open 2023, Statistik 'Alien' Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Minggu, 15 Januari 2023 20:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mari mengintip statistik mengerikan dari pebulutangkis ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong usai menjuarai Malaysia Open 2023, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COM – Mari mengintip statistik mengerikan dari pebulutangkis ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong usai menjuarai Malaysia Open 2023, Minggu (15/01/23).

Pasangan ranking satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong menjuarai Malaysia Open 2023 usai mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 21-19, 21-11.

Hasil tersebut membuat Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong back to back juara di ajang yang saat ini naik kasta menjadi Super 1000 tersebut. Musim lalu mereka juga juara di ajang ini.

Sepanjang laga, sejatinya pertandingan berlangsung alot di gim pertama antar kedua pasangan. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino saling berganti meraih poin.

Namun Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong bermain lebih tenang di poin kritis, hingga memenangkan gim pertama. Pada gim kedua, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong kian percaya diri.

Baca Juga

Hal itulah yang membuat Yuta Watanabe/Arisa Higashino sempat kocar-kacir, hingga mengantarkan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong menyegel gelar juara Malaysia Open 2023.

Gelar di Malaysia Open 2023 ini sekaligus menyempurnakan rekor di luar nalar yang diciptakan oleh Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong sejak musim lalu.

Baca Juga

Bagaimana tidak. Musim lalu saja, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong sudah menggapai 10 gelar juara dari 10 final turnamen.

Dari ajang BWF World Tour, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong suskes naik ke podium satu dari ajang Thailand Open, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, Malaysia Masters.

Kemudian Denmark Open, French Open, dan BWF World Tour Finals 2022. Gelar itu belum ditambah  dari medali emas dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 dan Kejuaraan Asia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

1. Ungguli Sektor Lain

Capaian Zheng Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong masih lebih tinggi dibanding sektor lain bulutangkis yang juga serupa mencapai gelar mentereng.

Capaian wakil China Zheng Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong hingga gelar terbarunya di Malaysia Open 2023 itu, ternyata masih lebih tinggi dibanding sektor lain bulutangkis yang juga serupa mencapai gelar mentereng.

Misalnya saja ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang meraih delapan gelar juara, termasuk terbaru di Malaysia Open 2023. Ada pula tunggal putri An Se-young yang meraih tiga gelar juara.

Begitupun jika dibandingkan dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang meraih lima gelar, bahkan Viktor Axelsen yang di musim ini meraih sembilan gelar juara, termasuk di Malaysia Open 2023.

Padahal jika ditelisik lagi sebelum Malaysia Open 2023, perjalanan Zheng Siwei/Huang Yaqiong pun tidak cukup mudah, bahkan sempat dipisah karena penurunan performa.

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong sejatinya sempat tertatih-tatih sejak awal 2022 bahkan dibongkar pasang oleh pelatih Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Baca Juga

“Pemisahan Zheng Siwei/Huang Yaqiong bukan karena kekuatan mereka saat ini menurun. tetapi untuk proyeksi Olimpiade Paris 2024,” kata Zhang Jun, Kepala Pelatih CBA melansir laman Aiyuke.

“Mereka sekarang dapat bermain selama setengah tahun atau satu tahun, tapi mereka masih harus bermain untuk mempertimbangkan siklus Olimpiade Paris,” imbuh Zhang Jun.

Baca Juga

Namun usai beberapa turnamen pisah, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong kembali rujuk di All England dan turnamen setelah Badminton Asia Championship 2022.

Sejak rujuk, Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjadi pasangan yang semakin perkasa bahkan sulit dikalahkan oleh pebulutangkis manapun.

Melansir Aiyuke, hingga kemenangannya di Malaysia Open 2023, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong meraih 19 kali kemenangan secara beruntun.

Baca Juga
ChinaBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Malaysia Open 2023

Berita Terkini