x

Rincian Hadiah Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Mendadak Tajir, Ginting Kangkangi Ahsan/Hendra

Senin, 16 Januari 2023 14:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di podium juara Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Rincian hadiah Malaysia Open 2023 cukup besar, membuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Anthony Sinisuka Ginting mendadak tajir.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil naik podium juara Malaysia Open 2023 di Axiata Arena, Minggu (15/01/23) lalu.

Fajar/Rian berhasil mengalahkan Liang Wei Keng/Wang Chang dalam pertarungan tiga set di final ganda putra, hingga mencapai skor 21-18, 18-21, 21-13.

Atas keberhasilan itu, Fajar/Rian diganjar hadiah utama, yakni 92.500 USD atau jika dikonversi menjadi rupiah sekitar Rp1,4 miliar.

Mengingat kedua pemain ini beraksi di sektor ganda putra, maka Fajar/Rian akan membagi jadi dua bagian dari kessluruhan hadiah tersebut.

Baca Juga

Jika dibagi sama rata, maka Fajar dan Rian masing-masing akan mendapat lebih dari Rp716 juta. Ini adalah nominal yang luar biasa, karena didapat dari satu turnamen saja.

Pencapaian mengagumkan lainnya juga didapat oleh wakil Indonesia non-Pelatnas, yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di pentas Malaysia Open 2023 lalu.

Baca Juga

Meski hanya mentok di semifinal ganda campuran, namun Dejan/Gloria berhak membawa pulang hadiah 17.500 USD.

Nominal yang sama juga diraih oleh wakil ganda putri Indonesia yang melenggang ke fase semifinal Malaysia Open 2023, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Jika total hadiah yang didapat di Malaysia Open 2023 dibagi dua, masing-masing dari mereka akan mengantongi lebih dari Rp135 juta.

Baca Juga

1. Ginting Salip The Daddies

Tunggal putra Indionesia, Anthony Sinisuka Ginting di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

Berikutnya, salah satu atlet Indonesia yang membawa pulang nominal hadiah terbanyak dari perhelatan Malaysia Open 2023, yakni Anthony Sinisuka Ginting dari tunggal putra.

Meski hanya sampai babak perempat final, tetapi berhubung Ginting adalah pemain tunggal, maka total hadiah seluruhnya adalah miliknya, tidak dibagi dengan siapa pun.

Sebagai pembuka tahun 2023, Anthony Ginting mendapatkan hadiah sebesar 6.875 USD atau jika dikonversi sekitar Rp106 juta.

Nominal ini tentu lebih banyak dari milik Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang meski sama-sama melenggang ke babak perempat final, tapi mereka pemain ganda.

Pasangan berjuluk The Daddies itu harus membagi dua hadiah mereka, sehingga masing-masing mendapatkan 3.906 USD, atau dikonversi menjadi sekitar Rp60,5 juta.

Baca Juga

Sisanya, para pemain Indonesia mentok di babak 32 besar hingga 16 besar Malaysia Open 2023. Bagi yang lolos ke 16 besar, tentu mendapat hadiah lebih banyak.

Misalnya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, masing-masing dari mereka resmi membawa pulang hadiah hingga 2.031 USD atau sekitar Rp31,5 juta.

Baca Juga

Pemain tunggal mendapat lebih banyak lagi.  Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, serta Gregoria Mariska Tunjung diganjar hadiah 3.750 USD atau sekitar Rp58 juta.

Sementara pemain ganda yang mentok di babak 32 besar Malaysia Open 2023, salah satunya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengantongi Rp9,6 juta saja.

Namun, bukan nominal uang yang penting bagi para atlet Indonesia, melainkan poin BWF yang didapat, karena sebentar lagi akan berguna untuk kualifikasi Olimpiade 2024.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoHendra Setiawan/Mohammad AhsanRian Ardianto/Fajar AlfianMohammad Ahsan/Hendra SetiawanMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianAnthony GintingFajar AlfianBulutangkisMalaysia Openahsan/hendraBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoMalaysia Open 2023

Berita Terkini