x

7 Fakta Menarik dalam Sejarah India Open, Indonesia Dominasi Catatan Rekor

Selasa, 17 Januari 2023 16:54 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di India Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - India Open 2023 telah dimulai sejak hari ini, 17 Januari, hingga 22 Januari mendatang. Ada sederet fakta menarik yang tersaji dalam sejarah India Open.

India Open sendiri sudah diadakan sejak tahun 1973. Artinya, turnamen ini sudah digelar sejak 50 tahun lalu. 

Baca Juga

Turnamen India Open termasuk dalam turnamen BWF World Tour Super 750. Dengan begitu, ini adalah turnamen yang penting karena kelasnya cukup tinggi.

Dalam kompetisi ini pula, Indonesia sukses meraih banyak prestasi. Sejumlah rekor telah tercipta untuk Merah Putih selama gelaran India Open berlangsung.

Berikut tujuh fakta menarik dalam sejarah India Open.

Baca Juga

Indonesia Paling Banyak Gelar

Sejak diadakan pada 1973 lalu, Indonesia menjadi negara dengan gelar terbanyak di India Open. Total, Indonesia sudah meraih 21 medali emas dari lima kategori yang dipertandingkan.

Rinciannya adalah tunggal putra dengan empat gelar, tunggal putri dua gelar, ganda putra lima gelar, ganda putri empat gelar, dan ganda campuran enam gelar.

Baca Juga

2 Ganda Indonesia Hat-trick

Dari ke-21 medali tersebut, terdapat dua pasangan Indonesia yang sukses menjuarai India Open secara tiga kali beruntun atau hat-trick.

Kedua pasangan tersebut adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2011, 2012, 2013) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (2016, 2017, 2018).


1. 3 Pasangan Indonesia Pegang Gelar Terbanyak di Sektor Masing-masing

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Selain Tontowi/Liliyana dan Kevin/Marcus, masih ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang membantu Indonesia meraih dua gelar (2018, 2019) di sektor ganda putri.

Dengan begitu, Indonesia memiliki tiga pasangan yang memiliki gelar terbanyak di sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca Juga

Akan tetapi, dua gelar Greysia/Apriyani itu juga disamakan oleh dua ganda putri Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna dan Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi, yang sama-sama meraih dua gelar.

Jepang juga menjadi negara dengan koleksi gelar terbanyak di sektor ganda putri dengan total raihan lima gelar.

Lee Chong Wei Peraih Gelar Tunggal Putra Terbanyak

Tunggal putra legendaris Malaysia, Lee Chong Wei, sukses meraih tiga gelar di India Open, yakni pada 2011, 2013, 2014.

Ratchanok Intanon Peraih Gelar Tungga Putri Terbanyak

Jika gelar tunggal putra terbanyak dimenangkan oleh Lee Chong Wei, maka gelar tunggal putri terbanyak dimenangkan oleh Ratchanok Intanon.

Baca Juga

Sama seperti Chong Wei, tunggal putri asal Thailand ini juga sama-sama mengoleksi tiga gelar di sektornya sendiri.

Meski begitu, Ratchanok bisa saja menambah banyak gelarnya karena atlet 27 tahun ini masih aktif bermain. Sedangkan, Chong Wei sudah cukup lama pensiun.


2. Zhang Beiwen Peraih Gelar di Luar Pemain non Asia dan Eropa

Zhang Beiwen, pebulutangkis asal Amerika Serikat

Tunggal putri asal Amerika Serikat, Zhang Beiwen, menjadi satu-satunya pemain non Asia dan Eropa yang berhasil meraih gelar di sepanjang sejarah India Open.

Gelar ini diraih pebulutangkis 32 tahun tersebut saat mengalahkan Pusarla V. Sindhu, tunggal putri tuan rumah, di final India Open 2018 dengan skor 21-18, 11-21, dan 22-20.

Baca Juga

India Meraih 8 Gelar

Sebagai tuan rumah, India sudah selayaknya bisa lebih unggul dari negara lain karena lebih akrab dengan venuenya sendiri.

Akan tetapi, India baru meraih delapan gelar selama gelaran India Open, di mana gelar ini diraih tiga kali di tunggal putra, tiga gelar tunggal putri, satu gelar ganda putra, dan satu gelar ganda putri.

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoBulutangkisIndia OpenBerita Bulutangkis

Berita Terkini