x

Hasil India Open 2023: Kena Comeback Shi Yuqi, Chico Aura Angkat Koper Lebih Cepat

Selasa, 17 Januari 2023 16:11 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo saat menghadapi Shi Yuqi di India Open 2023. (PBSI)

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, gagal memastikan langkahnya ke babak 16 besar India Open 2023, Selasa (17/01/23).

Chico Aura Dwi Wardoyo, yang berstatus non-unggulan, menghadapi pemain China mantan peringkat dua dunia, Shi Yuqi yang kini menempati peringkat 34 dunia.

Meski ini jadi pertemuan perdana bagi kedua pebulu tangkis, tetapi laga ini berlangsung sengit setelah Chico dan Shi Yuqi kandas di 16 besar dan 32 besar Malaysia Open 2023 pekan kemarin.

Dalam duel berduasi 60 menit di K. D. Jadhav Indoor Hall, Chico mampu menunjukkan dominasinya untuk memenangkan gim pembuka 22-20.

Namun, juara Malaysia Masters 2022 tersebut dibuat takluk dengan kebangkitan Shi Yuqi di dua gim terakhir hingga kalah dengan skor 16-21 dan 15-21.

Baca Juga

Hasil ini membuat Chico Aura Dwi Wardoyo harus angkat koper lebih cepat. Sementara Shi Yuqi berhasil mengamankan tiket ke babak kedua atau 16 besar ajang BWF World Tour Super 750 ini.

Selanjutnya, Shi Yuqi akan bertemu  pemenang antara unggulan pertama Viktor Axelsen dari Denmark dan andalan tuan rumah Kidambi Srikanth.

Jalannya Pertandingan:

Kecolongan poin pertama dari Shi Yuqi, Chico berusaha menjaga permainan apiknya hinga merebut empt poin beruntun dan unggul 5-1.

Shi Yuqi sempat merebut dua poin, tetapi permainan solid Chico membawa pemain Indonesia tersebut mampu memperlebar jarak jadi 8-4.

Baca Juga

Adu drive cepat diakhiri dengan smash keras Chico membawa pemain berdarah Papua ini memegang keunggulan di interval gim pertama dengan skor 11-5.

Usai jeda minum, Shi Yuqi berusaha mengejar ketertinggalan tetapi Chico tak mudah goyah sehingga tetap mampu unggul 15-10.

Keunggulan Chico kian terancam setelah Shi Yuqi mampu keluar dari tekanan untuk memperkecil kedudukan menjadi 17-15.

Baca Juga

1. Kalah di 2 Gim Terakhir

Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo saat menghadapi Shi Yuqi di India Open 2023. (PBSI)

Gamepoint 20-17, kemenangan Chico tertunda karena smash keras Shi Yuqi yang gagal dihalau Chico. Shi Yuqi mampu menyamakan kedudukan 20-20 berkat reli-reli cepat hingga deuce pun tak terhindarkan.

Nyaris kalah, Chico mampu meraih dua poin terakhir untuk menangi gim pertama babak 32 besar India Open 2023 dengan skor 22-20.

Di babak kedua, giliran Shi Yuqi yang tampil trengginas mengatasi Chico Aura Dwi Wardoyo. Dalam waktu singkat, Chico tertinggal jauh. Skor di interval gim kedua 5-11 untuk keunggulan Shi Yuqi.

Shi Yuqi tak memberi kesempatan untuk Chico mengembangkan permainan. Alhasil, dia pun unggul cepat dengan skor 13-19.

Memasuki gamepoint 13-20, Chico mampu bangkit untuk mengejar ketinggalan. Tiga poin beruntun diraih menciptakan jarak empat poin antara kedua pemain.

Sayang sekali, Shi Yuqi melakukan pukulan yang mengecoh Chico untuk menangi gim kedua babak 32 India Open 2023 dengan 16-21.

Baca Juga

Di gim penentuan, Shi Yuqi dan Chico Aura Dwi Wardoyo justru beradu taktik. Kejar-kejaran skor berlangsung ketat meski Chico masih tertinggal 6-8.

Permainan Chico tertahan dengan perlawanan Shu Yuqi. Dia mengaku keunggulan pemain China itu di interval gim ketiga dengan skor 6-11.

Chico semakin tertinggal usai jeda minum. Pukulan-pukulan Shi Yuqi selalu membuat Chico pontang-panting menjangkau seluruh lapangan.

Pada kedudukan 9-15, Chico Aura masih kesulitan keluar dari tekanan. Beberapa pukulannya mampu dikembalikan Shi Yuqi dan berujung kecolongan poin 

Baca Juga

Adu drive berlangsung cepat tetapi Chico kurang mengontrol pukulan sehingga membuat kok mendarat di luar lapangan. Satu poin bertambah untuk Shi Yuqi.

Netting silang ditunjukkan Shi Yuqi untuk mengamankan gamepoin 14-20. Chico memperpanjang napas berkat smash keras yang gagal dikembalikan Shi Yuqi.

Sayang sekali, smash keras Shi Yuqi gagal dikembalikan Chico Aura dan kemenangan gim kedua babak 32 besar India Open 2023 dimenangkan oleh tunggal andalan China dengan skor 15-21.

Baca Juga
ChinaHasil PertandinganChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisIndia OpenShi YuqiBerita Bulutangkis

Berita Terkini