x

India Open 2023: Cuaca Dingin, Rehan/Lisa Akui Belum Adaptasi hingga Dipaksa Rubber

Selasa, 17 Januari 2023 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di India Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Bermain di tengah cuaca dingin, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akui belum adaptasi hingga harus rubber di India Open 2023.

Tampil di urutan pertama wakil Indonesia di India Open 2023, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati mengawali perjuangan Merah Putih dengan baik, Selasa (17/10/23).

Meski harus melakoni laga tiga game, pasangan juara Hylo Open 2022 itu sukses memetik kemenangan atas ganda Chinese Taipei, Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang.

Bertanding di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Rehan/Lisa akhirnya merebut tiket ke babak kedua setelah menang dengan skor 21-14, 17-21, 21-18, dalam waktu 50 menit. 

Walau berhasil menang, Rehan terlihat belum bisa bermain lepas. Ia begitu tegang, sehingga justru banyak melakukan kesalahan sendiri. 

Baca Juga

"Dari pertandingan tadi, saya masih banyak mati sendiri. Saya kurang tenang. Padahal lawan juga belum hebat-hebat amat," blak-blakan Rehan Naufal usai laga.

"Seharusnya, saya bisa main lebih tenang lagi. Ini terjadi mungkin karena penampilan pertama, jadi perlu adaptasi lagi," ungkap anak dari pebulu tangkis Tri Kusharjanto itu. 

Baca Juga

Beruntung, kekurangan Rehan bisa ditutup oleh partnernya, Lisa Ayu Kusumawati, yang bisa bermain lebih rapi. Dia bisa menjaga sisi depan bidang permainan dengan prima. 

"Hari ini penampilan saya sudah jauh lebih baik. Permainan depannya jadi lebih berani, dibanding di Malaysia Open lalu, permainan depan saya kali ini lebih hidup," kata Lisa. 

Sekadar informasi pula, kondisi di New Delhi, tempat penyelenggaraan India Open 2023 saat ini sedang dalam cuaca dingin, sehingga memengaruhi performa atlet.

Baca Juga

1. Rehan/Lisa Keluhkan Cuaca Dingin India

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

Pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati tak menampik bahwa cuaca dingin di India Open 2023 membuat penampilan mereka terlambat berkembang.

"Tadi saya sudah melakukan pemanasan dengan baik, tapi saat menunggu masuk ke lapangan saja, badan jadi dingin semua," ungkap Rehan Naufal kepada media.

"Kalau badan sudah dingin, rasanya jadi kaku. Perlu pemanasan lagi, penyesuaian lagi," sambung Lisa Ayu Kusumawati.

"Ke depan, sebelum tanding rasanya kami perlu pemanasan yang lebih lama," lanjut Lisa Ayu, yang akan melenggang ke babak kedua India Open 2023, Kamis (19/01/23).

Pada babak kedua nanti, Rehan/Lisa mungkin akan menghadapi lawan yang sangat kuat, unggulan pertama India Open 2023 asal China, yaitu Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Baca Juga

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong bertemu Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia) lebih dulu, tapi sebagai ganda campuran terbaik dunia, Zheng/Huang lebih dijagokan.

Meski harus menghadapi raksasa ganda campuran, Rehan/Lisa mengaku tidak akan gentar. Sebagai pemain non-unggulan India Open, mereka berharap main tanpa beban.

Baca Juga

"Besok di babak kedua, kami akan main all out saja. Kami akan menikmati permainan saja," ungkap Rehan, perihal kemungkinan menghadapi Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

"Kami sudah tahu bagaimana kualitas dan pengalaman segudang lawan. Kami akan main tanpa beban, biar mereka saja yang tegang," ujar atlet berusia 22 tahun itu.

Selain Rehan/Lisa, Indonesia mengirim tiga wakil lainnya di sektor ganda campuran di India Open 2023, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, Zachariah/Hediana, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga
BulutangkisIndia OpenBerita BulutangkisRehan Naufal KusharjantoRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiLisa Ayu Kusumawati

Berita Terkini