x

Hanya Punya 1 Wakil di Semifinal Indonesia Masters, Media Malaysia Sindir Murid Rexy Mainaky

Sabtu, 28 Januari 2023 11:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Hanya memiliki satu wakil di babak semifinal Indonesia Masters 2023 memancing media Malaysia melontarkan sindikan kepada ganda putra besutan Rexy Mainaky.

INDOSPORT.COM – Hanya memiliki satu wakil di babak semifinal Indonesia Masters 2023 memancing media Malaysia melontarkan sindikan kepada ganda putra besutan Rexy Mainaky.

Dua pasangan ganda nomor 1 nasional Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (ganda putri) dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra) meraih hasil yang kontras di perempat final Indonesia Masters 2023, Jumat (27/01/23) kemarin.

Pearly/Tan, ganda putri peringkat 2 dunia tampil dominan saat mengalahkan pasangan baru China, Lin Wenmei/Liu Xuanxuan dalam dua gim langsung 21-10, 21-12, dalam waktu 37 menit di Istora Senayan.

Sebaliknya, juara dunia ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik gagal menyusul ke semifinal usai dikalahkan pasangan China peringkat 21 dunia, He Ji Ting/Zhou Haodong dengan 17-21, 10-21.

Malaysia juga kehilangan satu wakilnya di babak 8 besar kemarin, yakni ganda campuran independen Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie, yang kandas di tangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue, 16-21, 19-21.

Baca Juga

Kekalahan dari dari tiga wakil Negeri Jiran di perempat final Indonesia Masters 2023 ini jadi sorotan tersendiri bagi The Star. Khususnya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang merupakaan pemain binaaan legenda Indonesia, Rexy Mainaky.

“Sebuah hari keberuntungan yang kontras bagi pasangan ganda nasional No. 1 Pearly Tan/M. Thinaah dan Aaron Chia-Soh Wooi Yik, yang pertama berhasil mencapai semifinal Indonesia Masters sementara yang terakhir mengalami kekalahan yang mengejutkan,” tulis The Star pada Sabtu (28/01/23).

Baca Juga

Menurut The Star, kekalahan Chia/Soh di turnamen level BWF Super 500 ini mengejutakan karena pasangan ini sempat berhasil menaklukkan jawara India Open 2023 di babak sebelumnya.

“Hanya sehari sebelumnya, ganda putra ranking 2 dunia Chia/Soh mampu membalikkan keadaan atas pasangan China lainnya, peringkat 7 dunia, Liang Weikeng/Wang Chang,” tulis media ini.

“Tetapi Chia/Soh tidak dapat melanjutkan performa bagus mereka kemarin dan berjuang mati-matian menahan serangan tanpa henti Jiting/Haodong,” lanjut media tersebut.

Baca Juga

1. Ganda Putri Harapan Malaysia Dihadang Raksasa Jepang

Pearly/Thinaah harus menghadapi lawan berat di semifinal Indonesia Masters 2023 yakni pasangan peringkat 11 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang.

Menengok kembali performa Aaron Chia/Soh Wooi Yik di India Open 2023, ganda putra Negeri Jiran itu harus puas dengan status runner-up usai dikalahkan Liang Weikeng/Wang Chang di partai final.

Namun, Chia/Soh secara mengejutkan mampu membalaskan kekalahan tersebut pekan berikutnya, tepatnya di perempat final Indonesia Masters 2023.

Capaian Chia/Soh di Indonesia Masters 2023 bertolak belakang dengan Pearly/Thinaah yang mulai konsisten sejak tersingkir cepat di babak pertama Malaysia Open 2023 dua pekan sebelumnya.

Bagi Pearly/Thinaah, lolos ke babak semifinal Indonesia Masters 2023 jadi penampilan mereka setelah juga mampu mencapai babak empat besar Indian Open pekan lalu.

Pearly/Thinaah pun jadi secara otomatis juga menjadi satu-satunya harapan Malaysia untuk bisa mencuri gelar di Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

Namun pertama-tama, mereka harus menghadapi lawan berat di semifinal. Lawan tersebut adalah pasangan peringkat 11 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang.

“Kami senang dengan penampilan kami hari ini (kemarin) tetapi kami ingin tetap fokus pada pertandingan berikutnya,” ujar Thinaah.

Baca Juga

“Kami ingin lebih konsisten,” kata Thinaah melanjutkan.

Pearly/Thinaah dan Fukushima/Hirota punya kekuatan berimbang berdasarkan rekor head-to-head mereka karena keduanya masing-masing menang dua kali satu sama lain.

Namun demikian, Pearly/Thinaah memegang keunggulan karena dalam pertemuan terakhir mereka menang aas Fukushima/Hirota di ajang Malaysia Masters 2022.

Baca Juga
Rexy MainakyMalaysiaBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisPearly Tan/Thinaah MuralitharanIndonesia Masters 2023

Berita Terkini